gagal menampilkan data

Article

4 Cara Meningkatkan Produktivitas dan Motivasi dalam Bekerja

Written by Adila Putri Anisya

Semua orang pasti pernah kehilangan motivasi sehingga kehilangan produktivitas dalam pekerjaannya. Padahal, motivasi dalam bekerja itu sangat penting, mengingat bekerja merupakan kebutuhan hidup esensial manusia untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup.

Kehilangan motivasi bisa disebabkan oleh banyak macam hal, contohnya karena lingkungan kerja yang tidak mendukung, tuntutan pekerjaan yang tinggi, hingga kurangnya penghargaan.

Jika kamu merasa sedang berada di titik ini, dan ingin bangkit kembali menjadi orang yang produktif dalam bekerja. Girls Beyond akan membahasnya di bawah ini.

Baca juga: Kehilangan Motivasi? Ikuti 7+ Cara Mengatasi Rasa Malas Bekerja Agar Tetap Produktif

CARA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MOTIVASI DALAM BEKERJA

Ketika kita memiliki motivasi untuk bekerja, otomatis kita akan lebih giat dan mampu mengerjakan pekerjaan dengan efisien. Selain baik untuk kemajuan perusahaan, hal ini juga bisa memberikan kepuasaan dalam diri kita.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kita kehilangan motivasi tersebut, sehingga menghalangi kita untuk produktif.

Lantas, apa saja hal yang memotivasi dalam bekerja sehingga bikin kita tambah produktif?

MENYADARI BEKERJA ADALAH ESENSIAL UNTUK KEBUTUHAN PRIMER, SEKUNDER, BAHKAN TERSIER

motivasi dalam bekerja agar produktif

Sumber foto: Pexels

Dalam dunia yang serba membutuhkan uang seperti sekarang ini, bekerja merupakan satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan kita.

Penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan, memberikan kestabilan finansial yang memungkinkan kita untuk mencapai berbagai tujuan hidup, seperti memenuhi kebutuhan dasar (makanan, pakaian, dan tempat tinggal), serta memperoleh berbagai kebutuhan lainnya, seperti kebutuhan layanan kesehatan, pendidikan, dan sarana hiburan.

Selain itu, memiliki sumber penghasilan yang stabil, juga dapat mengejar cita-cita lainnya seperti mengejar impian, merencanakan liburan, investasi untuk masa depan, hingga membantu orang-orang tercinta.

BUAT SKALA PRIORITAS

motivasi dalam bekerja agar produktif buat skala prioritas

Sumber foto: Pexels

Membuat skala prioritas merupakan metode untuk menentukan urgensi pekerjaanmu. Dengan membuat skala prioritas, kamu dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.

Skala prioritas ini cocok untuk membantu kamu mengetahui tugas yang sebaiknya didahulukan, sehingga dapat membuat waktu lebih efisien. Biasanya cara ini dilakukan ketika pekerjaan sedang padat-padatnya, dan membuat kamu kebingungan untuk mengerjakan tugas yang mana.

Contoh:

Sumber foto: Smartsheet

MANFAATKAN TOOLS UNTUK PRODUKTIVITAS

motivasi dalam bekerja agar produktif manfaatkan tools untuk produktivitas
Sumber foto: Pexels

Kalau kamu orangnya sulit memanajemen pekerjaan dengan baik atau sering kelupaan, maka memanfaatkan management tools akan sangat membantu. Saat ini banyak sekali tools yang tersedia untuk meningkatkan produktivitas. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan yaitu:

  • Trello 
  • Notion
  • Asana
  • Basecam
  • Mavenlink

Beberapa tools produktivitas di atas dilengkapi dengan fitur otomatisasi yang dapat membantu kamu mengotomatiskan tugas-tugas rutin, seperti mengirim email, mengatur jadwal, atau mengingatkan deadline. Ini menghemat waktu dan energi yang dapat dialokasikan untuk tugas-tugas yang lebih penting.

GUNAKAN TEKNIK POMODORO

motivasi dalam bekerja agar produktif gunakan tekinik pomodoro
Sumber foto: Pexels

Teknik pomodoro merupakan metode manajemen waktu dengan mengatur jadwal kerja menjadi periode yang terpisah-pisah. Teknik ini dilakukan dengan memadatkan waktu berdurasi singkat dengan intensitas tinggi, yakni dengan 25 menit bekerja dan 5 menit istirahat.

Menurut Staffan Noteberg, dalam bukunya berjudul ‘Pomodoro Technique Illustrated, The Easy Way to Do More in Less Time’ menyebut bahwa teknik pomodoro efektif untuk menghindari gangguan selama bekerja. 

Selain itu, teknik ini juga dapat memecah pekerjaan yang rumit menjadi bagian-bagian kecil dan dapat mengerjakannya sesuai dengan skala prioritas.

Berikut adalah caranya:

  • Tetapkan tujuan. Sebelum memulai sesi pomodoro, tentukan tujuan yang ingin kamu capai selama sesi tersebut.
  • Atur waktu. Setel timer selama 25 menit. Dalam waktu ini, pastikan kamu fokus sepenuhnya dalam pekerjaan. Pastikan tidak ada distraksi yang mengganggumu.
  • Mulai kerjakan tugas. Mulailah bekerja selama periode 25 menit tanpa distraksi. 
  • Berikan jeda. Setelah 25 menit, berhentilah 5 menit. Gunakan waktu ini dengan peregangan dan menggerakan tubuh untuk bersiap ke sesi selanjutnya.

Lakukan teknik ini secara berulang (biasanya empat kali), kemudian ambil jeda panjang selama 12-30 menit. Gunakan waktu untuk makan atau melakukan aktivitas lain untuk menyegarkan pikiranmu.

Itulah beberapa motivasi dalam bekerja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas. Awalnya, mungkin sulit untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, namun dengan niat dan keinginan yang kuat, semuanya akan terasa lebih mudah.

Semangat dan sukses selalu, ya!

Diskusi bareng yuk seputar dunia kerja dengan teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond