gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Beasiswa Menarik untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Eropa

Written by Angela Ranitta

Melanjutkan pendidikan di Eropa adalah mimpi banyak orang. Mungkin kamu sendiri salah satunya. Nggak heran, sebab Eropa memang menawarkan pendidikan dengan kualitas jempolan. Setiap tahun, lebih dari 500 universitas di Eropa masuk ke dalam peringkat kampus terbaik versi Times Higher Education. 

Sayangnya, biaya seringkali menjadi kendala untuk berkuliah di Eropa. Namun, jangan khawatir, girls! Di bawah ini ada sejumlah beasiswa menggiurkan untuk kamu mewujudkan cita-cita berkuliah di Eropa. Apa saja, ya kira-kira?

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Chevening Scholarship

Salah satu beasiswa yang cukup populer, yaitu Chevening Scholarship. Beasiswa ini diberikan bagi para pelajar internasional yang ingin kuliah S2 di Britania Raya alias United Kingdom (UK). Kamu bisa kuliah magister gratis selama satu tahun, dan mendapat tunjangan lainnya, seperti uang saku bulanan dan asuransi kesehatan. 

Kalau kamu tertarik, silakan cek informasi lebih lengkapnya di sini, ya.

Baca juga: Yuk, Kuliah S2 di Inggris! Kupas Tuntas Beasiswa Gratis dari Chevening

Jardine Scholarship

Masih di United Kingdom, beasiswa yang nggak kalah menarik ditawarkan oleh Jardine Foundation. Beasiswa ini diberikan buat kamu yang ingin kuliah S1 hingga S3 di dua kampus terbaik UK, Oxford University dan Cambridge University. Fun fact, beasiswa ini hanya diberikan kepada pelajar dari 11 negara di Asia, termasuk Indonesia. Jadi, seleksi untuk menjadi awardee beasiswa ini cukup ketat.

Kamu bisa cek di sini untuk tahu lebih banyak soal Jardine Scholarship

Government of Ireland-International Education Scholarship

Geser sedikit ke Republik Irlandia, negara yang bertetangga dengan UK. Pemerintah negara ini menawarkan beasiswa Government of Ireland-International Education Scholarship (GOI-IES). Beasiswa ini ditawarkan untuk pelajar internasional yang ingin berkuliah S1, S2, maupun S3 di sana. Skema beasiswa HEA mencakup pembiayaan selama satu tahun pertama kuliah serta tunjangan biaya hidup. 

Jika kamu tertarik, kamu bisa cek di sini untuk informasi selengkapnya.

Orange Tulip Scholarship

Belanda menawarkan beasiswa untuk kamu yang ingin kuliah S1 atau S2 di sana, melalui program Orange Tulip Scholarship (OTS). Beasiswa ini diberikan kepada pelajar dari negara-negara di bawah naungan Netherlands Education Support Office (NESO), termasuk Indonesia. Skema pembiayaan OTS terbagi menjadi 3 jenis, yaitu fully-funded (100%), half-funded (50%), dan quarter-funded (25%). 

Cek di sini untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Orange Tulip Scholarship, ya.

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Stefan Banach Scholarship

Ingin kuliah di Polandia? Yuk, cobain beasiswa yang satu ini! Stefan Banach Scholarship merupakan beasiswa bagi pelajar internasional yang ingin kuliah S2 di Polandia. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang tertarik untuk memperdalam ilmu di bidang teknik, agrikultur, dan pengetahuan alam. Skema pembiayaannya mencakup gratis biaya kuliah, uang saku bulanan, serta tunjangan tambahan lainnya. Kamu juga akan dibiayai untuk mengikuti kelas persiapan untuk melatih kemampuan berbahasa Polandia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Stefan Banach Scholarship, kamu bisa cek di sini, ya.

Stipendium Hungaricum 

Hungaria merupakan salah satu negara Eropa dengan angka kriminalitas rendah serta biaya hidup terjangkau. Makanya, negara ini bisa jadi pilihan tepat untuk kamu melanjutkan studi. Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa Stipendium Hungaricum bagi para pelajar internasional yang ingin kuliah S2 dan S3 di negaranya. Selain gratis biaya kuliah, kamu akan mendapatkan uang saku bulanan, asuransi kesehatan, serta akomodasi tempat tinggal berupa asrama.

Tunggu apa lagi? Cek di sini untuk tahu informasi selengkapnya!

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Romanian Government Scholarship

Selain Hungaria, negara Eropa dengan biaya hidup terjangkau lainnya adalah Romania. Pemerintah negara ini mengadakan program Romanian Government Scholarship buat kamu yang ingin kuliah di sana. Nggak tanggung-tanggung, beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Skema pembiayaannya meliputi gratis biaya kuliah, uang saku bulanan, akomodasi tempat tinggal, serta asuransi kesehatan. Kamu juga akan dibiayai kursus Bahasa Romania sebelum memulai studimu. 

Informasi selengkapnya mengenai program beasiswa ini bisa kamu lihat di sini.

Èmile-Boutmy Scholarship

The Paris Institute of Political Studies atau biasa disebut Science Po merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Prancis. Sesuai namanya, kualitas pendidikan ilmu politik di kampus ini nggak perlu diragukan lagi. Nah, kamu bisa kuliah S1 maupun S2 di Science Po berbekal Èmile-Boutmy Scholarship. Kamu akan mendapatkan pendanaan untuk menunjang studimu selama 2-3 tahun sebanyak 3.600-13.180 euro per tahun.

Informasi lebih detail mengenai Èmile-Boutmy Scholarship bisa kamu cek di sini, ya.

Baca juga: Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja Menjanjikan

IFA Paris Scholarship

Masih di Prancis, beasiswa yang satu ini cocok buat kamu yang punya passion di bidang fashion. International Fashion Academy (IFA) Paris menawarkan beasiswa untuk jenjang perkuliahan S1 maupun S2. Selain beasiswa fully-funded, IFA Paris juga membuka program potongan biaya kuliah sebesar 20-40%. IFA Paris adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin mempelajari fashion baik dari segi desain, manajemen, teknologi, dan sebagainya. 

Yuk, cek di sini untuk tahu informasi selengkapnya mengenai IFA Paris Scholarship!

Erasmus Mundus Scholarship

Beasiswa yang satu ini istimewa karena nggak cuma terbatas pada satu negara saja. Erasmus Mundus Scholarship merupakan beasiswa yang ditawarkan bagi kamu yang ingin berkuliah di negara-negara Uni Eropa, seperti Jerman, Belanda, dan Spanyol. Beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa program magister. Skema pendanaannya meliputi biaya kuliah, penelitian, asuransi kesehatan, uang saku bulanan, hingga tiket PP dari negara asal ke negara tujuan atau sebaliknya. 

Apakah kamu tertarik? Silakan cari tahu informasi selengkapnya di sini, ya.

Baca juga: Yuk, Daftar 10 Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri Ini!

Itu tadi 10 beasiswa menarik untuk kamu yang bercita-cita kuliah di Eropa. Rajin-rajin kepoin berbagai informasi beasiswa supaya kamu nggak melewatkan kesempatan emas kuliah gratis di luar negeri. Tetap semangat dan semoga berhasil, girls!

Kamu pengen ngobrol lebih banyak seputar beasiswa dan pendidikan? Yuk, bergabung sama Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!