gagal menampilkan data

Article

Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Australia

Written by Angela Ranitta

Australia merupakan negara tujuan kuliah yang populer di kalangan pelajar internasional. Negara tersebut menawarkan sistem pendidikan berkualitas yang saat ini menempati posisi ke-8 dalam peringkat negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Selain itu, situasi perekonomian di Australia relatif stabil dan kuat. Karenanya, Australia menawarkan peluang kerja menjanjikan bagi warga negara asing.

Australia juga dikenal sebagai negara yang nggak pelit beasiswa. Bahkan sejumlah program beasiswa menawarkan skema biaya kuliah fully-funded dan tunjangan hidup bagi penerimanya. Menarik banget, ‘kan? Nah, berikut adalah beberapa beasiswa kuliah di Australia yang patut kamu coba!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Australia Awards Scholarship 

Australia Awards Scholarship (AAS) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang sarjana serta pascasarjana. Cakupan beasiswa ini meliputi biaya kuliah, uang saku, tiket pesawat, tunjangan kedatangan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akademik lainnya. 

Selain itu, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa program perkenalan akademik sebelum memulai masa perkuliahan di Australia. Program tersebut bertujuan untuk mengenalkan kamu kepada sistem pendidikan serta kehidupan di Australia, sehingga nantinya kamu bisa beradaptasi dengan lebih baik selama berada di sana. Kamu juga akan mendapatkan pendanaan untuk penelitian lapangan apabila diperlukan. 

Informasi selengkapnya mengenai Australia Awards Scholarship bisa kamu lihat di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Destination Australia Program

Destination Australia Program (DAP) merupakan beasiswa dari pemerintah Australia bagi pelajar dalam negeri maupun mancanegara. Beasiswa ini ditawarkan untuk jenjang S1 maupun S2 di berbagai kampus ternama di Australia. Cakupan beasiswanya adalah dana pendidikan sebesar 15 ribu dollar Australia per tahun. Beasiswa DAP berlaku selama maksimal 4 tahun dalam satu kali masa studi.

Informasi selengkapnya mengenai Destination Australia Program bisa kamu lihat di sini.

Research Training Program

Research Training Program (RTP) merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa program penelitian, baik pada jenjang S2 maupun S3. Sama seperti DAP, beasiswa RTP ditawarkan bagi mahasiswa dalam negeri maupun mancanegara. 

Cakupan beasiswa RTP meliputi kompensasi biaya kuliah, uang saku, serta tunjangan untuk keperluan riset lainnya. Melalui skema beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar 29-46 ribu dollar Australia per tahun. Beasiswa RTP berlaku selama maksimal 2 tahun untuk mahasiswa S2, dan 4 tahun untuk mahasiswa S3. 

Informasi selengkapnya mengenai Research Training Program bisa kamu lihat di sini.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Vice-Chancellor’s International Scholarship

Vice-Chancellor’s International Scholarship (VCIS) merupakan program beasiswa yang ditawarkan bagi jenjang S1 maupun S2. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi dari berbagai kampus di Australia, salah satunya Universitas Sydney. Program beasiswa ini terdiri dari 4 skema pendanaan yang ditentukan oleh pihak universitas. Skema pendanaan tersebut berada dalam kisaran 5-20 ribu dollar Australia per semester, serta 40 ribu dollar Australia per tahun.

Informasi selengkapnya mengenai Vice-Chancellor’s International Scholarship bisa kamu lihat di sini.

Monash International Merit Scholarship

Universitas Monash merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Australia. Setiap tahun, universitas ini menawarkan beasiswa bagi pelajar asing melalui skema Monash International Merit Scholarship. Beasiswa ini dibuka bagi mahasiswa jenjang sarjana maupun pascasarjana di Universitas Monash. Sesuai namanya, kriteria penerima beasiswa ditentukan oleh prestasi akademik kandidat. 

Cakupan beasiswa ini meliputi dana pendidikan sebesar 10 ribu dollar Australia (per 48 SKS) per tahun. Selain itu, mahasiswa baru jenjang S1 yang menerima beasiswa ini akan mendapat kesempatan untuk mengikuti program kepemimpinan Universitas Monash, Monash Minds. Kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi duta kampus dan ambil bagian dalam kegiatan promosi Universitas Monash. 

Informasi selengkapnya mengenai Monash International Merit Scholarship bisa kamu lihat di sini

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Asia Tenggara Ini Patut Kamu Coba!

Melbourne Research Scholarship

Selain Universitas Monash, PTN Australia yang tak kalah bergengsi lainnya adalah Universitas Melbourne. Kampus ini juga menawarkan berbagai beasiswa menarik bagi pelajar asing melalui skema Melbourne Research Scholarship. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa pascasarjana untuk keperluan riset akademik. 

Melbourne Research Scholarship terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu kompensasi biaya dan tunjangan. Kompensasi biaya artinya kamu akan mendapatkan penghapusan biaya kuliah 100% selama 2 tahun masa studi S2 atau 4 tahun masa studi S3. Sementara itu, beasiswa jenis tunjangan mencakup biaya kuliah (gratis 100%), uang saku 34 ribu dollar Australia per tahun, tunjangan kepindahan sebesar 2-3 ribu dollar Australia, dan asuransi kesehatan. 

Selain Melbourne Research Scholarship, Universitas Melbourne juga menawarkan beasiswa melalui skema Melbourne Undergraduate Scholarship dan Melbourne Graduate Scholarship. Informasi selengkapnya mengenai Melbourne Research Scholarship bisa kamu lihat di sini

Global Excellence Scholarship

University of Western Australia (UWA) menawarkan program beasiswa bagi pelajar asing melalui skema Global Excellence Scholarship. Beasiswa ini diberikan untuk pelajar dari negara-negara yang bermitra dengan UWA, salah satunya adalah Indonesia. Program beasiswa ini mencakup jenjang S1, S2, hingga S3 di UWA.

Melalui program beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan hingga 12 ribu dollar per tahun. Skema pembiayaan Global Excellence Scholarship ditentukan berdasarkan lamanya masa studimu di UWA, serta prestasi akademikmu. Bagi mahasiswa S1, nilai yang digunakan adalah skor UTBK versi Australia, yaitu Australian Tertiary Admission Rank (ATAR). Sementara itu, mahasiswa S2 dan S3 dapat mendaftar menggunakan IPK atau Weighted Average Mark (WAM).

Informasi selengkapnya mengenai Global Excellence Scholarship di UWA bisa kamu lihat di sini.

Baca juga: Yuk, Daftar 10 Beasiswa Kuliah di Dalam Negeri Ini!

International High Achievers Scholarship

Universitas Queensland merupakan sebuah PTN yang berlokasi di Brisbane, Australia. Kampus ini menawarkan berbagai skema beasiswa bagi pelajar asing, salah satunya yaitu International High Achievers Scholarship. Sesuai namanya, beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa berprestasi dari sejumlah negara mitra Universitas Queensland, termasuk Indonesia. Beasiswa ini berlaku bagi jenjang S1, S2, maupun S3.

Cakupan beasiswa ini adalah pengurangan biaya kuliah sebesar 10 ribu dollar Australia untuk 2 semester. Jadi, kamu akan mendapatkan pengurangan biaya kuliah sebesar 5 ribu dollar Australia per semesternya. Informasi selengkapnya mengenai International High Achievers Scholarship bisa kamu lihat di sini

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

Itulah beberapa program beasiswa menarik buat kamu yang ingin kuliah di Australia. Jika kamu tertarik mendaftar, segera persiapkan diri sebaik mungkin, ya. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen sharing seputar beasiswa dan pendidikan, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond