gagal menampilkan data

Article

Mau Lolos Wawancara LPDP? Ikuti 5 Tips Ini!

Written by Zefanya Pardede

Buat kamu yang sedang mengincar beasiswa, program beasiswa LPDP 2023 akan mengadakan seleksi pendaftaran tahap kedua pada 9 Juni–9 Juli 2023, nih.

Kali ini, LPDP kembali menawarkan tiga jenis beasiswa, yaitu beasiswa afirmasi, beasiswa targeted, dan beasiswa umum yang bisa dicoba! Penilaian LPDP 2023 pun akan dilakukan berdasarkan seleksi administrasi, bakat skolastik, dan substansi.

Salah satu bagian seleksi yang paling menantang adalah wawancara LPDP yang dilakukan pada tahap seleksi substansi. Wawancara LPDP merupakan satu proses yang nggak bisa dianggap sepele karena sangat krusial.

Kalau kamu mau lolos wawancara LPDP, simak 5 tips berikut ini!

Baca juga: Cari Tahu Syarat Beasiswa LPDP 2023 dan Dana yang Didukung!

Riset Contoh Pertanyaan Sebelumnya

Meskipun nggak ada yang tahu pertanyaan pasti yang akan ditanyakan oleh penguji, kamu bisa cari-cari perkiraan pertanyaan seputar topik seleksi sebelum wawancara LPDP. Secara umum, kamu bisa menyiapkan jawaban untuk tiga topik wawancara LPDP di bawah ini:

  1. Alasan memilih kampus atau negara yang dituju.
  2. Penelitian yang akan kamu laksanakan dan tujuannya.
  3. Persiapan yang kamu lakukan untuk tinggal di negara tersebut.

Untuk mendapat penilaian LPDP yang maksimal saat wawancara LPDP, tiga topik tersebut bisa dikembangkan dengan riset hal-hal berikut:

  1. Minat dan bakat diri terkait penelitian yang akan dilakukan.
  2. Pihak penyedia beasiswa.
  3. Tentang kampus dan dosen pembimbing tujuan.
  4. Pekerjaan yang akan diambil pasca pembelajaran.
  5. Cara hidup dan bertahan di negara tujuan.

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Tanpa TOEFL/IELTS yang Kamu Wajib Tahu!

Siapkan Data

Satu hal yang dibaikan oleh peserta saat wawancara LPDP adalah pentingnya menyiapkan data. Data sangat krusial untuk mendukung wawancara LPDP dan menunjukkan bahwa kamu mampu untuk melaksanakan program beasiswa LPDP.

Data yang dimaksud adalah data-data terkait jalur studi yang akan kamu pilih, data mengenai kampus tujuan, dan data umum mengenai LPDP, seperti visi dan misi, latar belakang, serta empat nilai LPDP.

Jangan lupa juga untuk riset data umum mengenai lembaga-lembaga yang menyelenggarakan program ini, yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Tahun 2023 untuk Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Yakinkan Penguji Bahwa Kamu Berguna untuk Negara

Salah satu tujuan beasiswa LPDP diadakan adalah untuk melahirkan bangsa yang berguna untuk kemajuan negara di masa depan. Sebagai salah satu dari program pendidikan pemerintah, penguji hanya akan memilih kandidat yang mampu berkontribusi untuk kepentingan masyarakat.

Yakinkan penguji bahwa kamu mampu menjadi dampak yang baik di wawancara LPDP. Ketika ditanya tujuan mengambil beasiswa saat wawancara LPDP, jelaskan bahwa kamu mampu ikut serta dalam pembangunan nasional Indonesia dan peran yang bisa kamu ambil.

Supaya penilaian LPDP makin memuaskan, jelaskan pula bahwa ilmu yang kamu ambil pada program ini mampu membawamu lebih maju dalam misi pembangunan negara.

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Asia Tenggara Ini Patut Kamu Coba!

Konsultasi dengan Alumni LPDP

Salah satu cara terbaik untuk lolos wawancara LPDP adalah dengan berkonsultasi dengan alumni LPDP yang sudah melewati rangkaian program beasiswa.

Banyak alumni yang akan senang hati membagikan insight mereka tentang wawancara LPDP dan tips menjalani penelitian selama program berlangsung. Kamu bisa mulai dari orang-orang dari kampus asalmu yang pernah mengambil LPDP atau mencari alumni LPDP kampus tujuanmu.

Selain itu, banyak sekali alumni LPDP yang mengadakan seminar atau terbuka untuk konsultasi di media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan Twitter. Misalnya, kalau ada alumni LPDP yang lewat di timeline atau FYP kamu, jangan ragu untuk kepoin profil mereka dan bertanya-tanya lewat DM untuk mendapat tips wawancara LPDP!

Baca juga: Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah Gratis di Jepang

Nah, itu dia 5 tips jitu yang bisa bikin kamu lolos wawancara LPDP! Good luck, girls!

Mau tahu tips lainnya seputar beasiswa LPDP? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang juga!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond