gagal menampilkan data

Article

Beasiswa S2-S3 Tahun 2023 untuk Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Written by Angela Ranitta

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan salah satu resolusi yang dimiliki banyak orang di tahun 2023 ini. Nggak sedikit orang yang berharap bisa kuliah pascasarjana tahun ini. Bahkan cukup banyak orang yang bercita-cita melanjutkan kuliah pascasarjananya di negeri orang. 

Namun, kuliah di luar negeri bukanlah perkara yang sederhana. Salah satu kendala yang sering dialami berkaitan dengan biaya. Umumnya, melanjutkan pendidikan di mancanegara memang membutuhkan lebih banyak biaya ketimbang di dalam negeri. Nggak cuma soal biaya pendidikan itu sendiri, tetapi juga biaya hidup sehari-hari. 

Karenanya, salah satu siasat agar kamu bisa kuliah minim biaya di luar negeri adalah mencari beasiswa. Saat ini, banyak banget beasiswa pascasarjana yang menawarkan skema pembiayaan fully funded alias gratis 100%. Belum lagi kebanyakan di antara mereka juga memberikan uang saku, asuransi kesehatan, serta menanggung biaya kedatangan atau kepulanganmu. 

Yuk, simak daftar beasiswa pascasarjana di luar negeri yang bakalan dibuka sepanjang tahun 2023 ini!

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan program beasiswa oleh Netherlands Education Support Offices (Nesos). Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin kuliah di Belanda, baik pada jenjang S1 atau S2. Beberapa kampus Belanda yang bekerja sama dengan Nesos, antara lain Amsterdam Business School, Maastricht School of Management, dan Wageningen University and Research. Kuota penerima beasiswa dari masing-masing kampus bervariasi, mulai dari 1-10 orang per tahun.

OTS memiliki skema pembiayaan yang berbeda di setiap kampus. Beberapa kampus menerapkan skema fully funded, tetapi ada pula yang hanya memberikan beasiswa dalam bentuk keringanan atau potongan biaya kuliah. Jadi, kamu harus melakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk mendaftar Orange Tulip Scholarship, ya. 

Pendaftaran Orange Tulip Scholarship akan dibuka hingga tanggal 28 Februari 2023. Cek di sini untuk informasi selengkapnya.

Baca juga: Beasiswa Menarik untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Eropa

Lund University Global Scholarship

Lund University merupakan PTN asal Swedia sekaligus kampus tertua di Eropa Utara. Kampus ini menawarkan program beasiswa bagi pelajar asing yang ingin kuliah S1 dan S2 di sana. Proses seleksi Lund University Global Scholarship berdasarkan prestasi akademik pelamar. 

Lund University Global Scholarship bertujuan untuk meringankan biaya kuliah yang ditanggung oleh mahasiswa. Skema pembiayaannya beragam, yaitu 25-100% potongan biaya kuliah. Lund University juga menawarkan sejumlah program beasiswa lain yang nggak kalah menarik. Contohnya, Benjy Grinberg Scholarship untuk mahasiswa S1 dan S2 yang mengambil jurusan seni, musik, atau desain. Lund University juga bekerja sama dengan LPDP, lho.

Pendaftaran Lund University Global Scholarship akan dibuka pada bulan Februari 2023 mendatang. Kamu bisa cek di sini untuk dapatkan informasi yang lebih lengkap.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Rotary Peace Fellowship

Organisasi perdamaian internasional asal Amerika Serikat, Rotary International menyelenggarakan program beasiswa yang disalurkan melalui The Rotary Foundation. Setiap tahun, Rotary Peace Fellowship diberikan kepada ratusan pelajar dari 115 negara, termasuk Indonesia.

Rotary Peace Fellowship terdiri dari dua skema, yaitu beasiswa S2 dan beasiswa program sertifikasi profesional. Skema pembiayaannya mencakup biaya pendidikan, akomodasi tempat tinggal, tiket pesawat PP, dan biaya penunjang program magang dan riset lainnya. 

Pendaftaran Rotary Peace Fellowship akan dibuka pada bulan Februari 2023 untuk tahun akademik 2024/2025. Buat kamu yang tertarik, silakan cek di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

Australia Awards Scholarship

Pemerintah Australia menawarkan beasiswa pascasarjana bagi pelajar asing melalui skema Australia Awards Scholarship (AAS). Program beasiswa ini dibuka bagi sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia. Melalui program AAS, kamu bisa mewujudkan mimpimu berkuliah di kampus-kampus ternama Australia. Sebut saja Charles Darwin University, Deakin University, dan The University of Western Australia.

Beasiswa ini nggak cuma menanggung biaya kuliahmu secara penuh, lho. Kamu akan mendapatkan uang saku, asuransi kesehatan, tiket pesawat PP, dan berbagai tunjangan pendidikan yang meliputi biaya buku dan materi perkuliahan hingga riset lapangan. Selain itu, kamu akan mendapatkan Introductory Academic Program (IAP) yang bertujuan untuk memperkenalkan kamu kepada kehidupan dan sistem pendidikan di Australia. 

Pendaftaran Australia Awards Scholarship dibuka pada tanggal 1 Februari-1 Mei 2023. Buat kamu yang tertarik, cek di sini untuk informasi lebih lengkapnya.

Baca juga: Beasiswa untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Australia

British Council Scholarship for Women in STEM

Bidang STEM merupakan bidang pendidikan dan karier yang masih kental dengan bias gender. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mewujudkan kesetaraan di bidang STEM. British Council menawarkan beasiswa untuk perempuan yang menempuh pendidikan di bidang STEM. Beasiswa ini ditawarkan untuk program S2 maupun fellowship.

British Council Scholarship for Women in STEM dibuka untuk pelajar asing dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Program beasiswa ini mencakup biaya kuliah, uang saku, asuransi kesehatan, biaya visa, dan tiket pesawat PP. Bagi perempuan yang sudah memiliki anak juga akan mendapatkan benefit tersendiri dari beasiswa ini. 

Pendaftaran British Council Scholarship for Women in STEM dibuka hingga bulan April 2023. Cek di sini untuk informasi selengkapnya. 

Baca juga: 8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

GREAT Scholarship

Masih dari British Council, program beasiswa yang tak kalah menarik dan bisa kamu ikuti, yaitu GREAT Scholarship. Beasiswa ini ditawarkan untuk pelajar asing dari 14 negara, termasuk Indonesia. Melalui program GREAT Scholarship, kamu bisa menempuh pendidikan pascasarjana di berbagai universitas ternama di UK. 

GREAT Scholarship menawarkan bantuan dana pendidikan sebesar 10 ribu euro atau sekitar 163 juta rupiah. Bantuan tersebut berlaku selama satu tahun masa pendidikan pascasarjana. Total terdapat 200 kuota yang tersebar di 49 kampus di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Beberapa di antaranya adalah Cardiff University, Imperial College London, dan University of Nottingham

GREAT Scholarship juga menawarkan beasiswa khusus untuk mahasiswa S2 yang menempuh pendidikan di bidang hukum dan penegakan keadilan. Ada pula program GREAT Scholarship for Climate Change untuk kamu yang menggeluti isu-isu perubahan iklim dan pelestarian lingkungan di jenjang pascasarjana. Skema pembiayaan yang diberikan sama, yaitu 10 ribu euro

Pendaftaran GREAT Scholarship dibuka hingga bulan Mei 2023. Cek informasi selengkapnya di sini, ya.

Baca juga: Boleh Nggak, Sih Kuliah S2 Lintas Jurusan? 10 Prodi S2 di Bawah Ini Terima Lulusan S1 Beda Jurusan

Helmut-Schmidt-Programme 

Jerman membuka program beasiswa buat kamu yang tertarik mempelajari ilmu pemerintahan dan kebijakan publik. Helmut-Schmidt-Programme ditawarkan bagi jenjang pascasarjana di sejumlah universitas ternama Jerman. Sebut saja University of Duisburg-Essen, Erfurt School of Public Policy, dan University of Passau.

Skema Helmut-Schmidt-Programme meliputi biaya kuliah, uang saku bulanan sebesar 931 euro (15 juta rupiah), asuransi kesehatan, subsidi sewa tempat tinggal, hibah penelitian, dan masih banyak lagi. Program beasiswa ini berlaku hingga 4 semester selama masa studi. 

Pendaftaran Helmut-Schmidt-Programme dibuka hingga bulan Juli 2023. Kamu bisa baca informasi lebih lengkapnya di sini.

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Orange Knowledge Programme

Pemerintah Belanda melalui Kementerian Luar Negeri menawarkan program beasiswa bagi pelajar asing yang ingin melanjutkan studinya di sana. Orange Knowledge Programme (OKP) dibuka bagi kamu yang ingin mengambil program kuliah kilat (short course) atau pendidikan S2 di Belanda. 

Beasiswa OKP diprioritaskan bagi mahasiswa yang mempelajari hak kesehatan reproduksi dan seksual, ketahanan dan supremasi hukum, ketahanan pangan dan nutrisi, serta pengelolaan air. Skema beasiswa ini menanggung biaya kuliah secara penuh (fully funded).

Pendaftaran beasiswa Orange Knowledge Programme dibagi ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama dibuka pada tanggal 8 Februari-30 Maret 2023 untuk program perkuliahan yang dimulai pada tanggal 24 Juli 2023-31 Januari 2023. Sementara itu, gelombang kedua dibuka pada tanggal 28 Juni-5 September 2023 untuk program perkuliahan yang dimulai pada tanggal 1 Februari 2024.

Namun, sejumlah universitas mungkin akan menetapkan deadline yang berbeda sesuai dengan kebijakan kampus. Biar nggak ketinggalan informasi, kamu bisa cek informasi selengkapnya di sini, ya.

Baca juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis, Dijamin Mirip Native Speaker Hanya dalam Hitungan Hari!

Gates Cambridge Scholarship

Gates Cambridge Scholarship merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Bill and Melinda Gates Foundation bagi pelajar pascasarjana di University of Cambridge. Setiap tahun, mereka menawarkan 80 kuota beasiswa untuk para pelajar berprestasi dari berbagai negara (kecuali UK). 

Skema Gates Cambridge Scholarship nggak hanya meliputi biaya kuliah penuh (fully funded). Kamu juga akan mendapatkan uang saku lebih dari 18 ribu euro (305 juta rupiah) untuk 12 bulan. Adapun cakupan pembiayaan lainnya yang meliputi tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, biaya visa, dan tunjangan akademik sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kamu juga bisa mendapatkan tunjangan keluarga (apabila sudah memiliki anak) dan hibah penelitian.

Pendaftaran Gates Cambridge Scholarship akan dibuka pada bulan September-Oktober 2023 mendatang. Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Baca juga: Yuk, Kuliah di Amerika Serikat dengan 7 Beasiswa Ini!

Chevening Scholarship

Chevening Scholarship merupakan salah satu program beasiswa yang paling banyak dicari. Program ini berlaku buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S2 selama satu tahun di UK. Salah satu syarat mendaftar Chevening Scholarship adalah telah memiliki pengalaman kerja selama 2.800 jam atau setara dengan 2 tahun.

Chevening Scholarship akan menanggung biaya kuliahmu selama satu tahun penuh. Selain itu, kamu akan mendapatkan uang saku bulanan yang jumlahnya disesuaikan dengan biaya hidup rata-rata di kota tujuan kamu nantinya. Kamu juga akan mendapatkan tiket pesawat PP, tunjangan kedatangan dan keberangkatan (kembali ke negara asal), biaya visa, dan subsidi tes tuberkulosis sebesar 75 euro (1,2 juta rupiah). 

Pendaftaran Chevening Scholarship akan dimulai pada bulan Agustus 2023 hingga November 2023. Informasi selengkapnya bisa kamu baca di sini, ya.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untukmu Berdasarkan Zodiak, Adakah yang Sesuai Incaranmu?

Itulah sejumlah program beasiswa pascasarjana di luar negeri yang akan dibuka sepanjang tahun 2023. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan emas untuk melanjutkan studi di kampus atau negara impianmu. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen dapetin lebih banyak tips bermanfaat dan kisah inspiratif seputar pendidikan, karier, dan personal growth, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Girls Beyond Circle adalah tempat yang aman dan asyik buat cewek-cewek keren sepertimu yang pengen level up bareng. Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond