gagal menampilkan data

Article

7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi, Apakah Kamu Termasuk?

Written by Adila Putri Anisya

Kecerdasan emosional adalah istilah ketika seseorang memiliki kemampuan dalam mengelola emosinya, baik emosi diri sendiri maupun orang lain. Ternyata, hal tersebut bisa menjamin kesuksesan seseorang, bahkan penelitian mengatakan semakin cerdas emosi seseorang, semakin bagus juga performa kerjanya. 

Peneliti asal Harvard, yakni Daniel Goleman mengungkapkan terdapat 4 faktor utama tanda seseorang cerdas secara emosional, antara lain kesadaran diri, manajemen diri sendiri, kesadaran sosial, dan manajemen hubungan. 

Lalu, bagaimana tanda seseorang itu memiliki kecerdasan emosional? berikut ulasannya.

Baca juga: 10 Cara Melatih Growth Mindset untuk Kehidupan yang Lebih Baik

MAU MENERIMA KRITIKAN 

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi. Mereka memahami kelebihan dan kelemahannya dan menerima bahwa tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu, mereka lebih terbuka untuk menerima kritikan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang.

Baca juga: 3 Kesalahan Pengembangan Diri yang Belum Kamu Tahu

MAMPU MENGONTROL AMARAH

Ketika ada yang membuatnya marah, mereka cenderung menahannya dan mengontrol emosinya agar tidak meledak. Daripada berkata kasar dan menyinggung orang lain, mereka akan mengatur amarah dengan cara yang positif dan sehat, seperti melakukan teknik relaksasi atau refleksi diri.

Baca juga: Siap Membangun Healthy Relationship? Kenali Pertanda Kamu Punya Secure Attachment Style!

TETAP TENANG MESKI DI SITUASI TIDAK NYAMAN

Meski berada di situasi yang tidak nyaman, mereka akan bersikap tenang dan tidak gegabah. Alih-alih bersikap panik, menangis, atau frustasi, mereka cenderung mencari solusi yang efektif, dan berpikir secara rasional dalam menghadapi situasi tersebut.

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

BERANI MENGAKUI KESALAHAN

Orang yang cerdas secara emosional memiliki kemampuan memahami emosi orang lain. Mereka mampu melihat situasi dari perspektif orang lain dan memahami bagaimana tindakan mereka dapat mempengaruhi orang tersebut. Dengan memiliki empati yang kuat, mereka lebih berani mengakui kesalahan dan memperbaiki dampak negatif yang mungkin terjadi.

Baca juga: Kenali 5 Love Language Agar Hubunganmu Awet dan Bahagia

KESADARAN SOSIAL YANG TINGGI

Mereka mampu memperlihatkan di mana harus mendengar dan menahan untuk tidak memotong pembicaraan atau merespon obrolan lawan dengan objektif. Dalam kata lain, mereka mampu mendengarkan dengan baik dan memberikan perhatian penuh. Menurutnya, memberikan ruang bagi orang yang sedang berbicara sangatlah penting.

Baca juga: 5 Tanda Independent Woman yang Menarik Perhatian Laki-laki, Termasuk Kamu?

BERPIKIR DAN BERPANDANGAN POSITIF

Orang yang cerdas secara emosional cenderung memiliki sikap optimis yang kuat. Mereka melihat kesulitan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh, sehingga mampu mencari solusi yang konstruktif dalam menghadapi masalah.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Self Love Sulit Diterapkan Perempuan

MENGENALI BATAS KEMAMPUANNYA

Mengenali batas kemampuan diri merupakan salah satu contoh kecerdasan emosional. Mereka tidak membesar-besarkan kemampuan atau menyembunyikan kekurangan, melainkan memiliki pemahaman yang realistis tentang apa yang bisa mereka lakukan dan apa yang tidak.

Baca juga: Bagaimana Caranya Berhenti Menjadi People Pleaser?

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL?

Untuk menjadi seseorang yang cerdas secara emosional memang tidak mudah. Apalagi jika kebiasaan dan lingkunganmu yang tidak mendukung. Maka dari itu, untuk melatih sikap ini dibutuhkan niat dan konsistensi. 

  • Membaca situasi. Cobalah mulai memperhatikan situasi sekitarmu. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan. Caranya bisa dengan mengamati ekspresi wajah, bahasa tubuh dan tanda nonverbal lainnya.
  • Mendengarkan lawan bicara. Mendengarkan orang lain berbicara, dapat memahami perspektif dan perasaan mereka. Dengan demikian, kamu bisa merespon lebih bijaksana, ini dapat membangun hubungan lebih baik.
  • Siap berkomunikasi. Komunikasi adalah hal penting, terutama ketika terjadi suatu masalah. Jika ada perasaan yang mengganjal atau dalam situasi tidak nyaman, maka bicarakanlah agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Siap mental. Setiap pilihan yang kita ambil pasti ada baik dan buruknya. Maka dari itu ketika menghadapi situasi apapun, sebaiknya sudah menyiapkan mental dari sebelumnya.
  • Bersikap rasional. Kecerdasan emosional berkaitan dengan perasaan. Namun, tetaplah berpikir rasional untuk mengendalikan reaksimu. Dengan begitu, kamu bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana berdasarkan pemikiran yang rasional.

Melatih kecerdasan emosional merupakan proses yang berkelanjutan. Dibutuhkan kesabaran untuk meningkatkan kemampuan emosional. Dengan komitmen dan ketekunan, kamu dapat mencapai peningkatan yang signifikan. Semangat!

Ingin informasi menarik lainnya seputar personal growth? Yuk, join Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Hidup Jadi Lebih Bahagia dengan Ikigai, Filosofi ala Orang Jepang untuk Kehidupan yang Berkualitas

Referensi: Detikcom, Brain Academy, Gramedia

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond