gagal menampilkan data

Article

Apa Saja Program Kampus Merdeka untuk Mahasiswa? Simak Penjelasannya di Sini!

Written by Septia Sapoetri

Kampus Merdeka adalah sebuah program dari Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa Indonesia untuk mengasah kemampuan sesuai dengan bakat dan minatnya. Program ini memberikan hak pada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi dan berkegiatan di luar kampus. Lantas, apa saja program Kampus Merdeka yang disediakan oleh Kemendikbudristek?

Baca juga:  10 Bocoran Pertanyaan Interview Beasiswa dan Contoh Jawabannya [Untuk LPDP, IISMA, Unggulan, dll]

Kampus Mengajar

Kampus Mengajar merupakan wadah untuk para mahasiswa yang ingin belajar berkontribusi dalam dunia pendidikan sebagai mitra guru dengan memberikan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, mengembangkan strategi, serta model pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Kampus Mengajar dilaksanakan selama satu semester dan akan dikonversi dalam bentuk 20 SKS. Mahasiswa yang lolos seleksi akan ditempatkan pada sekolah-sekolah tujuan dan akan mendapatkan biaya hidup selama program ini berjalan.

Program ini cocok untuk kamu yang suka mengajar dan ingin menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia. Tertarik untuk mengikuti program ini? Simak persyaratan Kampus Mengajar berikut ini!

  • Mahasiswa aktif baik akademik maupun vokasi.
  • Berasal dari program studi yang terakreditasi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbudristek.
  • Mahasiswa berada di paling rendah semester 4 pada saat pelaksanaan program dengan IPK minimal 3.00
  • Menerima rekomendasi dari Pimpinan Perguruan Tinggi.
  • Belum pernah ditetapkan sebagai peserta program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya.
  • Bersedia mengikuti program hingga selesai.

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Program kedua dalam pembahasan apa saja program Kampus Merdeka adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Magang Merdeka dan Studi Independen.

Sesuai namanya, Magang Merdeka merupakan program magang selama satu semester yang pelaksanaannya diawasi langsung oleh Kemendikbudristek. Program ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik kerja langsung dari industri yang diminatinya.

Berbeda dengan Magang Merdeka yang sifatnya praktik dan bekerja secara langsung, fokus pada Studi Independen adalah belajar dari pakarnya langsung selama satu semester. Lengkapnya, Studi Independen adalah program di mana mahasiswa mempelajari kompetensi atau kemampuan spesifik yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Program MSIB cocok diikuti untuk kamu yang ingin belajar dan merasakan pengalaman profesional di industri. Sebelum mendaftar, perhatikan ketentuan berikut ini, ya!

  • Mahasiswa mengikuti program selama satu semester dan wajib mengumpulkan laporan magang mingguan dan laporan akhir.
  • Mahasiswa mengisi persyaratan dan mendaftarkan diri pada lowongan yang tersedia melalui platform Kampus Merdeka.
  • Mahasiswa mendapat benefit berupa BBH (Bantuan Biaya Hidup), mobilisasi, dan mentorship.

Baca juga: 5+ Contoh Portofolio Mahasiswa untuk Berbagai Jurusan, Bisa untuk Apply Magang!

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi lain yang terdaftar dalam program ini. Menariknya, peserta bisa memilih pembelajaran lintas jurusan atau berbeda dengan jurusan yang saat ini dipelajari.

Program PMM cocok untuk kamu yang penasaran dengan proses pembelajaran di perguruan tinggi lain atau ingin menambah wawasan terkait jurusan lainnya sekaligus menambah relasi. Pendaftaran program ini dapat kamu lakukan melalui platform khusus PMM. Jangan lupa perhatikan ketentuannya di bawah ini sebelum mendaftar, ya!

  • Mahasiswa aktif D3 atau S1 terdaftar di PDDikti.
  • Minimal Semester 3 (tiga) pada saat pendaftaran berlangsung.
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki NIK, dibuktikan dengan scan dokumen kependudukan seperti KTP atau surat keterangan domisili.
  • IPK minimal 2,80 Skala 4 , dibuktikan dengan transkrip nilai akademik.
  • Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) Mahasiswa secara digital di laman PMM.
  • Memiliki akun rekening Bank Mandiri aktif , dibuktikan dengan hasil scan buku tabungan atas nama mahasiswa pendaftar.
  • Memiliki asuransi kesehatan, dibuktikan dengan bukti kepemilikan akun BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya yang aktif.

Wirausaha Merdeka

Program Wirausaha Merdeka cocok untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha. Melalui program ini, Kemendikbudristek menjadi wadah pengembangan dan pembelajaran untuk mahasiswa mengasah dan menambah pengalaman dalam bidang kewirausahaan.

Wirausaha Merdeka juga merupakan bentuk dukungan Kemendikbudristek dalam rangka menciptakan pengusaha muda serta lapangan pekerjaan di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa memiliki minat, semangat, dan jiwa kompetensi dalam berwirausaha.

Jika kamu tertarik menjadi peserta Wirausaha Merdeka, pantau terus informasi dan pembukaan pendaftarannya di website Wirausaha Merdeka, ya!

Baca juga: Gen Z Wajib Baca! Ini Tips Memulai Bisnis Agar Sukses dan Anti Gagal

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

IISMA adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester. Melalui program ini, mahasiswa dapat menambah wawasan kebudayaan internasional dan memperluas jaringan.

Tidak hanya dapat diikuti oleh mahasiswa jenjang sarjana, program ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa vokasi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek, Tentunya, terdapat beberapa persyaratan dan tahap seleksi untuk mahasiswa yang ingin mengikuti program ini. Untuk kamu yang tertarik dengan IISMA, kamu bisa mengunjungi website-nya untuk informasi lebih lanjut!

Itulah lima daftar apa saja program Kampus Merdeka yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek. 

Jika kamu memiliki pertanyaan dan ingin berdiskusi terkait program Kampus Merdeka, kamu dapat bergabung dengan Komunitas Girls Beyond Circle dan dapatkan informasi menarik di sana!

Baca juga: Cek 9 Program Beasiswa S2 di Dalam dan di Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

Sumber: Kampus Merdeka

Halo! Aku Septi, atau lengkapnya Septia Sapoetri, salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on Instagram!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond