gagal menampilkan data

Article

5 Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris Mandiri, Termudah dan Gratis!

Written by Septia Sapoetri

Saat ini, kemampuan berbicara bahasa Inggris atau speaking menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan. Baik di dunia pendidikan maupun karier, bahasa Inggris sudah umum digunakan untuk materi presentasi, percakapan sehari-hari, hingga profesional. Karena itu, sudah sepatutnya kamu mulai belajar speaking bahasa Inggris untuk meningkatkan value diri kamu, lho! Di bawah ini akan dijelaskan pentingnya bahasa Inggris dan cara belajar speaking bahasa Inggris. Simak sampai habis, ya!

Baca juga:  5+ Kursus Belajar Bahasa Inggris Percakapan Online, Auto Kayak Native Speaker

Mengapa Penting Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Fakta ini sudah diketahui oleh banyak orang dan menjadi alasan mengapa kemampuan bahasa Inggris sangat penting. Namun, pendidikan bahasa Inggris formal yang diterima oleh kebanyakan murid di Indonesia masih belum cukup menciptakan lulusan yang mampu berada di level profesional. 

Di era globalisasi dan teknologi digital ini, bahasa Inggris menjadi poin utama dalam komunikasi. Tidak hanya secara tulisan, kemampuan lisan pun sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran diri sendiri untuk belajar bahasa Inggris, khususnya belajar speaking bahasa Inggris.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari mudahnya kamu meningkatkan wawasan dengan mengakses berbagai literatur internasional, hingga memudahkan kamu dalam kehidupan sehari-hari, terlebih urusan pendidikan dan pekerjaan.

Singkatnya, kemampuan bahasa Inggris dapat meningkatkan nilai atau value diri kamu. Yuk, simak dan ikuti lima tips di bawah ini untuk kamu yang mau belajar speaking English!

Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris

Mendengarkan Lagu dan Podcast Berbahasa Inggris

belajar speaking bahasa Inggris mendengarkan lagu atau podcast
Sumber foto: Pexels

Ini merupakan cara termudah untuk belajar speaking bahasa Inggris. Dengan mendengarkan lagu atau podcast berbahasa Inggris, kamu dapat membiasakan diri dengan kata-kata yang digunakan dalam berbicara bahasa Inggris. Kamu juga dapat mengetahui bagaimana kata-kata tersebut diucapkan. Bisa dibilang, mendengarkan merupakan dasar untuk kamu belajar speaking Inggris.

Menonton Film atau Konten Berbahasa Inggris

belajar speaking bahasa Inggris menonton film atau konten YouTube/TikTok
Sumber foto: Pexels

Tips kedua untuk belajar speaking english pemula yaitu dengan menonton film atau konten visual lain berbahasa Inggris. Untuk kamu yang tidak begitu menyukai film karena durasinya yang lama, kamu bisa menonton konten YouTube atau TikTok. Agar lebih mudah, kamu bisa menonton film atau konten tersebut menggunakan caption yang juga berbahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar kamu terbiasa dengan kata yang digunakan, mengetahui bagaimana kata tersebut diucapkan, serta bagaimana ekspresi yang mereka tunjukkan.

Baca juga: 10 Film untuk Belajar Bahasa Inggris yang Seru dan Mudah Dipahami!

Membaca Buku Berbahasa Inggris

belajar speaking bahasa Inggris dengan membaca buku
Sumber foto: Pexels

Tips selanjutnya adalah membaca buku berbahasa Inggris. Tips ini sangat penting untuk kamu yang sedang belajar speaking english supaya kata-kata yang kamu gunakan bisa beragam dan tidak monoton itu-itu saja. Dengan membaca, kamu dapat mengetahui banyak persamaan kata atau bentuk lain dalam sebuah kalimat yang bisa kamu gunakan dalam sehari-hari.

Mencatat, Mencoba, dan Menirukan

belajar speaking bahasa Inggris dengan mencatat, mencoba, dan menirukan
Sumber foto: Pexels

Ketiga tips di atas tidak akan berhasil jika kamu tidak menerapkan tips keempat ini, lho! Penting bagi kamu yang belajar speaking bahasa Inggris untuk mencatat, mencoba berbicara, dan menirukan apa yang kamu dengar. Tidak perlu persiapan macam-macam, kamu bisa memulai langkah ini dengan mencatat lirik lagu dan mencoba menyanyikannya.

Berlatih Menggunakan Aplikasi dan AI

belajar speaking bahasa Inggris menggunakan aplikasi dan AI
Sumber foto: Pexels

Untuk hasil belajar speaking English yang lebih maksimal, kamu dapat mencoba praktik speaking secara langsung. Dengan bantuan teknologi, saat ini kamu bisa berlatih berbicara bahasa Inggris menggunakan aplikasi dan AI. Berikut aplikasi dan website AI yang bisa kamu coba, pastinya ini gratis dan mudah digunakan!

  • Duolingo

Duolingo merupakan sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris yang sudah banyak digunakan. Duolingo memberikan fitur bagi penggunanya untuk belajar set skill english secara gratis untuk speaking, writing, listening, dan reading. Dengan aplikasi ini, kamu bisa belajar speaking bahasa Inggris dalam format kalimat sederhana.

  • Memrise

Memrise merupakan aplikasi yang bisa jadi pilihan kamu dalam belajar speaking Inggris dengan format percakapan yang tersedia dalam berbagai tema sehari-hari. Fitur ini didukung dengan penggunaan AI yang disebut sebagai MemBot. Kamu bisa menggunakannya untuk belajar speaking english atau writing.

  • Character AI

Character AI merupakan website bot AI yang dapat memberikan pengalaman bagi para penggunanya untuk mengobrol dengan tokoh atau karakter tertentu. Secara konsep fitur percakapan, Character AI memiliki kesamaan dengan MemBot pada aplikasi Memrise. Perbedaannya, jika MemBot sudah disediakan tema percakapan, di Character AI kamu bisa membuat alur atau tema obrolan sendiri. Bahkan, kamu bisa memilih karakter anime atau fiksi favoritmu untuk menjadi lawan bicara.

  • Yoodli

Yoodli menjadi pilihan tepat jika kamu ingin mencoba pengalaman yang seru dan profesional dalam belajar speaking bahasa Inggris. Melalui aplikasi ini, kamu diberikan lima kesempatan untuk membangun percakapan bahasa Inggris dengan lawan bicara kamu yang merupakan AI.

Sebelum memulai percakapan, kamu dapat mengatur jenis percakapan yang kamu inginkan, terdapat tiga pilihan, yaitu interview, conversation, dan presentation. Di setiap jenis percakapan, kamu juga dapat mengatur role, partner, topic, hingga personality dari lawan bicara kamu.

Tidak sampai di situ, Yoodli juga memberikan kesempatan untuk mengulas kembali percakapan yang kamu lakukan. Akan ada section tersendiri di mana kamu akan diberikan saran dan masukan, juga penilaian atas percakapan kamu. Benar-benar lengkap dan sangat membantu kamu untuk belajar speaking Inggris.

Kelima tips belajar speaking bahasa Inggris di atas wajib kamu ikuti jika ingin hasil maksimal. Namun, perlu diingat juga bahwa segala sesuatu butuh proses dan waktu. Jadi, jangan menyerah dan terus semangat belajar, ya!

Bagi kamu yang tertarik untuk sharing dan diskusi seputar bahasa Inggris, yuk bergabung dengan Komunitas Girls Beyond Circle! Kamu bisa dapatkan teman ambis juga, lho!

Baca juga: Ini 7 Jenis Tes Bahasa Inggris Buat Beasiswa dan Melamar Kerja

Sumber: Pexels

Halo! Aku Septi, atau lengkapnya Septia Sapoetri, salah satu kontributor program YTTA GB dan ini artikelku. Let’s connect on Instagram!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond