gagal menampilkan data

Article

6+ Situs Tes IQ Online Gratis, Cocok Digunakan untuk Berlatih

Written by Adila Putri Anisya

Tes IQ online seringkali dicari oleh mereka yang ingin mengetahui skor IQ (Intelligence Quotient). Tes ini seringkali dijadikan sebagai pengukuran kecerdasan seseorang dengan menilai kemampuan kognitifnya, termasuk berpikir, mengingat hingga memusatkan perhatian. 

Biasanya tes IQ dilakukan saat menduduki bangku sekolah, utamanya saat sekolah menengah atas (SMA). Namun, sebenarnya juga bisa diakses secara gratis melalui situs online terpercaya.

Bagi kamu yang ingin mencoba mengukur IQ, berikut adalah tempat tes IQ online gratis!

Baca juga: 7 Tes Kepribadian Online Ini Bantu Cari Jati Diri, Ke-7 Recommended!

DAFTAR WEBSITE TES IQ ONLINE GRATIS

Ada banyak sekali website khusus tes IQ di internet, namun Girls Beyond telah merangkum beberapa yang paling recommended, berikut daftarnya:

IQTEST.COM

Sumber foto: iqtest.com 

Platform IQTest.com menyajikan beragam tes IQ, termasuk tes logika, angka, dan gambar, yang disajikan dalam bahasa Inggris. Situs ini telah diprogram dan disesuaikan dengan standar kecerdasan internasional. 

Meskipun menggunakan bahasa Inggris, bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan tidak terlalu panjang, sehingga memudahkan penggunaan.

Link: https://iqtest.com/ 

FREE-IQTEST.NET

Sumber foto: Free-iqtest.net

Free-IQTest.net adalah sebuah situs web yang menawarkan tes IQ secara gratis dalam bahasa Inggris. Tes ini terdiri dari 20 pertanyaan yang dirancang untuk mengukur kemampuan verbal, numerik, dan spasial seseorang. 

Melalui hasil tes, kamu akan mendapatkan gambaran tentang tingkat kecerdasan kamu dan peringkat kamu dibandingkan dengan populasi umum.

Link: https://www.free-iqtest.net/  

MENSA IQ CHALLENGE

Sumber foto: Mensa Internasional

Mensa IQ Challenge memberikan hasil skor IQ antara 85 hingga 145, di mana angka 100 merupakan rata-rata populasi manusia. Di situs ini, kamu akan menjawab 35 pertanyaan berbentuk puzzle yang harus diselesaikan 25 menit.

Bagi kamu yang ingin menggunakan tes IQ online ini, pastikan dapat mengatur waktu secara optimal. Selain itu, agar hasilnya valid, pastikan kamu berada ditempat yang nyaman.

Link: https://www.mensa.org/public/mensa-iq-challenge 

123TEST

Sumber foto: 123test.com/iq-test

123test menyediakan tes IQ secara gratis, pro dan demo. Tes ini cocok untuk berlatih jika kamu akan melakukan penilaian dalam pekerjaan, atau hanya ingin bersenang-senang. 

Saat kamu menyelesaikan tes IQ ini, kamu akan mendapatkan perkiraan skor IQ atau jumlah pertanyaan yang kamu jawab dengan benar. Kemudian nantinya, bisa dibagikan melalui media sosial.

Link: https://www.123test.com/iq-test/ 

INTERNATIONAL IQ TEST

Tes IQ Internasional ini terdapat 40 pertanyaan yang bertujuan untuk menguji kemampuan kamu dalam memahami, membentuk konsep, memproses informasi, dan menggunakan logika. 

Hasil dari tesnya akan memberikan informasi tentang posisi kamu dalam perbandingan dengan populasi secara keseluruhan melalui beberapa statistik yang disediakan. 

Tes IQ online gratis berbahasa Indonesia ini telah digunakan luas secara internasional, sehingga tersedia dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Link: https://international-iq-test.com/id/ 

QUICKIQTEST.NET

Sumber foto: Quickiqtest.net

Quickiqtest.net adalah sebuah tes IQ online yang terdiri dari 15 pertanyaan dengan gambar. Setiap soal diberikan skor sesuai dengan tingkat kesulitannya. Jika kamu menjawab soal dengan salah, maka tidak akan dikurangi poin.

Pada hasil akhir, terdapat IQ Score Table yang memudahkan kamu mengetahui level, sehingga dapat terus berlatih. Jika ingin mendapatkan penjelasan dari jawaban yang salah, kamu bisa lakukan pembayaran melalui PayPal atau credit card.

Link: https://www.quickiqtest.net/ 

PRACTICAL PSYCHOLOGY

Sumber foto: Practicalpie.com

Practical Psychology adalah tes online gratis dan hasilnya, yang dapat dilihat di akhir pertanyaan. Tempat tes ini diterbitkan oleh Psikologi Praktis yang telah diulas oleh seorang psikolog, Kristen Clure M.A.

Penggunaannya juga sangat mudah, kamu tak perlu login menggunakan email atau membuat akun. Dalam waktu 5 menit, kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan jawabanmu.

Link: https://practicalpie.com/free-iq-test/#iqtest 

Itulah beberapa tes IQ online gratis yang dapat kamu gunakan untuk berlatih atau mengetahui skor IQ-mu. Pada beberapa platform tes, ada yang menawarkan sertifikat IQ test, namun biasanya berbayar. 

Mau tahu uji coba tes kecerdasan lainnya? Join Girls Beyond Circle untuk dapatkan rekomendasi lebih banyak!

Baca juga: Bingung Pilih Jalur Karier? Yuk, Cek Melalui Tes DISC!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond