gagal menampilkan data

Article

5+ Topik Obrolan di Kantor dengan Rekan Kerja Agar Hubungan Semakin Dekat!

Written by Adila Putri Anisya

Bagi sebagian orang hari pertama kerja bisa menjadi momen yang menegangkan karena harus berkenalan dengan orang baru. Tetapi dengan menggunakan topik obrolan yang menyenangkan, kamu bisa lho membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja baru.

Percakapan yang hangat tidak hanya akan membantumu merasa lebih nyaman di lingkungan kerja baru, tetapi juga membuka peluang untuk membangun pertemanan yang lebih mendalam. Hal ini tentunya akan mendukung produktivitas dan efektivitas kerja kamu.

Nah, bagi kamu yang merasa suka canggung dan bingung mau membahas soal apa dengan orang baru, terutama di lingkungan pekerjaan, berikut adalah beberapa referensi topik yang bisa kamu bahas!

Baca juga: Hari Pertama Kerja? Ini 5 Tips untuk Beri Impresi Baik di Kantor Baru

TANYA SEPUTAR LINGKUNGAN KANTOR

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Saat baru pertama kali berkenalan dengan rekan kerja, topik obrolan seputar lingkungan kantor sangat relevan untuk ditanya. Sebagai orang baru, beradaptasi dengan lingkungan dan mengenal rekan kerja adalah hal yang penting agar bisa bekerja sama dengan baik.

Ada banyak topik yang bisa kamu tanyakan dalam hal ini, seperti:

  • Bagaimana suasana kerja di sini? Apakah lebih formal atau lebih santai?
  • Apakah ada tradisi atau kebiasaan kantor yang perlu diketahui?
  • Adakah tempat makan atau istirahat apa yang sering dikunjungi di sekitar sini?
  • Bagaimana proses komunikasi di antara tim di sini? Apakah lebih sering melalui email, panggilan, atau pertemuan tatap muka?
  • Adakah rute terbaik yang tidak macet saat pergi ke kantor? Biasanya, kamu menggunakan kendaraan apa saat ke kantor?

TALK ABOUT THE PERSON

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Talk about the person! Artinya, cobalah berbicara tentang orang yang kamu aja bicara. Biasanya, seseorang sangat senang ketika membicarakan diri mereka sendiri, mereka akan merasa dihargai dan ingin lebih dikenali.

Selain itu, menanyakan berbagai hal tentang orang yang kamu ajak bicara juga dapat mengenal lebih dalam bagaimana karakteristik dan keunikan mereka, yang mungkin dapat membangun hubungan interpersonal lebih baik ke depannya.

Beberapa contoh topik obrolan yang seru, misalnya:

  • Apa hobimu?
  • Siapa penyanyi/artis favoritmu? Adakah rencana untuk nonton konser mereka?
  • Apa tempat makan favorit kamu di sekitar sini?
  • Jenis olahraga apa yang paling kamu gemari?
  • Sudah berapa lama kamu bekerja di sini dan bagaimana perjalananmu memulai karier hingga saat ini?

Contoh pertanyaan yang lebih personal:

  • Apakah kamu punya kakak atau adik?
  • Bolehkah aku follow Instagram-mu?
  • Apa lagu kesukaanmu saat bekerja?
  • Apakah kamu punya hewan peliharaan?
  • Kalau weekend, apa kegiatan yang sering kamu lakukan?
  • Adakah rencana tempat yang ingin kamu kunjungi di masa depan?

MEMINTA SARAN ATAS MASALAH YANG KAMU HADAPI

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Kalau kamu mencari topik obrolan yang lebih mendalam tentang pekerjaan atau personal, cobalah dengan meminta saran kepada rekan kerjamu. 

Dengan meminta saran, kamu menunjukkan kepada rekan kerja bahwa kamu menghargai pandangan dan pengalaman mereka. Ini dapat memperkuat hubungan kerja sama dan menunjukkan bahwa kamu terbuka untuk belajar dan beradaptasi di lingkungan kerja baru.

Selain itu, meminta saran juga mengakui keahlian dan pengetahuan rekan kerja yang secara tidak langsung meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memberi mereka kesempatan untuk berkontribusi secara positif.

Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan dalam meminta saran:

  • Bagaimana kamu biasanya menyelesaikan tugas yang kompleks di pekerjaan ini? Aku cukup khawatir dengan beban pekerjaan yang aku terima.
  • Apakah ada alat yang kamu rekomendasikan untuk memahami lebih baik tentang pekerjaan ini?
  • Bagaimana kamu biasanya berkomunikasi dengan tim atau atasan? 
  • Bagaimana kamu biasanya menyeimbangkan antara jobdesk rutin dan tugas proyek di sini? Aku ingin mendapatkan saran tentang manajemen waktu dan prioritas pekerjaan.
  • Sebagai orang yang berpengalaman di bidang ini, apakah ada saran untukku dalam menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin akan hadapi di posisi ini?

BAHAS TOPIK OBROLAN ATAU BERITA TERBARU YANG SEDANG TREN

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Topik obrolan atau berita terbaru yang sedang tren seringkali menarik perhatian banyak orang. Dengan membicarakannya, kamu dapat memunculkan percakapan yang menarik dan memicu diskusi yang beragam di antara rekan kerja.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat menunjukkan kepada rekan kerja bahwa kamu tetap update dengan perkembangan terbaru, sehingga membantu kamu membangun koneksi serta menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang terbuka dan mudah diajak berkomunikasi.

Beberapa orang mungkin memiliki pandangan atau opini berbeda terhadap berita yang sedang tren. Perbedaan pandangan ini, mungkin dapat membuat pikiranmu lebih terbuka dan menghargai setiap opini.

Contoh topik atau berita yang sedang tren, misalnya:

  • Kejadian atau isu aktual yang sedang banyak diperbincangkan di media sosial atau berita.
  • Film atau acara televisi populer yang sedang booming.
  • Tren fashion atau gaya hidup terbaru.
  • Berita terbaru dalam industri kamu atau topik yang relevan dengan pekerjaanmu.
  • Bahas tren politik secara terbuka (pastikan mereka suka membahas topik semacam ini).

MEMBERIKAN PUJIAN 

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Cara memulai obrolan dengan orang baru bisa melalui pujian, lho! Siapa sih yang tak suka dipuji oleh orang lain? Pujian dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang yang pada akhirnya dapat memperkuat keyakinan mereka terhadap diri sendiri.

Bahkan, ketika mereka memiliki mood yang kurang baik, pujian dapat meningkatkan mood mereka, yang secara tak langsung mungkin dapat membuat perasaannya bahagia, senang, dan bersemangat. 

Topik obrolan ini juga dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat antara kamu dengan orang yang menerima pujian. Namun, pastikan pujian yang kamu berikan tidak dibuat-buat, tidak berlebihan, dan memang tulus dari dalam hati.
Ada beberapa contoh pujian yang dapat kamu praktikkan kepada rekan kantor:

  • Apresiasi pekerjaan: Saat kamu melihat rekan kerja yang baru menyelesaikan tugas dengan baik, kamu dapat memberikan pujian seperti, "Hebat sekali cara kamu menyelesaikan tugas tersebut! Bagaimana kamu melakukannya?"
  • Pujian atas kemampuan atau keahlian: Kamu juga dapat memuji keahlian atau kemampuan spesifik rekan kerja, misalnya, "Aku kagum dengan kemampuan kamu dalam mengelola proyek ini. Selamat atas keberhasilannya!"
  • Pujian atas kualitas pribadi: Selain itu, pujian atas kualitas pribadi seperti keramahan, kerja keras, atau kerja sama juga bisa menjadi pilihan, misalnya, “Aku suka ide kamu dalam rapat tadi. Itu benar-benar segar dan kreatif!"
  • Pujian atas penampilan atau gaya: Pujian yang bersifat positif dan sopan tentang penampilan atau gaya seseorang juga bisa menjadi pilihan, tetapi pastikan untuk menjaga batas etika dan profesionalitas. 

MENANYAKAN TENTANG MASALAH YANG SEDANG DIHADAPI

topik obrolan di kantor dengan rekan kerja
Sumber foto: Pexels

Ketika sedang menghadapi masalah, mungkin ini terlihat dari wajah mereka yang murung dan tidak bersemangat daripada biasanya. Ada banyak penyebab dari hal ini, baik itu masalah pekerjaan, maupun pribadi.

Jika kamu sudah merasa dekat dengan rekan kantormu tersebut, kamu bisa lho bertanya seputar masalah yang sedang mereka hadapi. Setidaknya, meski kamu tidak dapat membantu, kamu bisa menenangkan dan menyemangati mereka. 

Lebih baik lagi, kamu bisa memberikan solusi yang tepat dan memberikan inspirasi yang mungkin dapat menyelesaikan masalah mereka. Tentu, ini akan membuat kamu dan rekan kerja semakin dekat dan dipercayai. 

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan:

  • Adakah yang bisa aku bantu?
  • Mengapa kamu terlihat sedih? Apakah kamu mau menceritakannya?
  • Apakah kamu baik-baik saja?
  • Adakah hal yang sedang mengganggu pikiranmu?

Baca juga: Halo Effect: Kunci untuk Disenangi Semua Orang, Ini Definisi dan Cara Praktiknya!

TIPS MEMULAI OBROLAN DENGAN REKAN KERJA DI KANTOR

Memulai topik obrolan dengan rekan kerja bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang. Terkadang kita merasa gugup karena belum memahami karakter dan kepribadian seseorang.

Berikut adalah beberapa tips memulainya:

  • Pintar membaca situasi

Sebelum memulai obrolan, penting untuk membaca situasi dengan cermat. Perhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh rekan kerja, serta lingkungan sekitar untuk menentukan apakah saat yang tepat untuk memulai obrolan atau tidak.

  • Hindari memulai topik obrolan negatif atau membicarakan orang lain

Saat memulai obrolan, hindari membicarakan topik yang negatif atau membicarakan orang lain secara langsung. Ini bisa menimbulkan kesan negatif dan merusak hubungan dengan rekan kerja.

  • Jaga bahasa tubuh kamu

Bahasa tubuh kamu bisa mengungkapkan banyak hal. Pastikan untuk menjaga kontak mata, tersenyum, dan menghindari sikap yang menutup diri seperti melipat tangan. Bahasa tubuh yang positif akan menunjukkan bahwa kamu terbuka dan antusias dalam berkomunikasi.

  • Dengarkan dengan tulus

Saat berbicara dengan rekan kerja, berikan perhatian penuh dan dengarkan dengan tulus apa yang mereka katakan. Tunjukkan minat pada pembicaraan mereka dengan mengangguk atau memberikan respons yang sesuai.

Itu dia beberapa topik obrolan menarik yang dapat kamu gunakan untuk mempererat hubungan dengan rekan kerja di hari pertama bekerja atau ingin mengakrabkan diri bersama mereka. 

Semoga artikel ini membantu kamu dalam memulai percakapan yang menyenangkan dengan rekan kerja baru kamu. Selamat bekerja!

Masih bingung cari topik obrolan yang seru lainnya dengan rekan kerja? Yuk, diskusi bareng teman-teman di Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Rahasia Bahasa Tubuh agar Disukai Lawan Bicara dan Percaya Diri

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond