gagal menampilkan data

Article

15 Contoh Hobi yang Menarik Bagi HRD saat Interview Kerja!

Written by Adila Putri Anisya

Tanpa banyak yang sadar, hobi merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. Hobi tidak hanya mencegah kita dari kejenuhan, tetapi juga meningkatkan semangat dalam hidup. Dalam sisi profesional, hobi juga bisa menjadi daya tarik bagi HRD. Lantas, contoh hobi seperti apa yang dianggap menarik bagi mereka?

Baca juga: 10+ Contoh Hobi dalam CV yang Bisa Dicantumkan dan Disukai HRD!

CONTOH HOBI YANG DISUKAI HRD

Banyak HRD yang tertarik dengan hobi-hobi yang unik dan menarik. Mereka percaya bahwa hobi-hobi tersebut dapat mencerminkan kepribadian seseorang serta menunjukkan kemampuan yang dapat diterapkan dalam dunia kerja. 

Berikut ini adalah beberapa contoh hobi yang bisa kamu sampaikan jika ditanya oleh HRD!

VLOGGING

contoh hobi vlogging
Sumber foto: Pexels

Kamu suka membuat konten video atau vlogging? Hobi ini bisa memikat perhatian HRD, lho. Vlogging sendiri bukanlah aktivitas yang mudah, kamu harus pintar dalam komunikasi, mengarahkan kamera, juga harus memikirkan ide agar video menarik.

Jika konten yang kamu buat berhasil mendapatkan banyak penonton di Youtube, bisa jadi video kamu menginspirasi banyak orang. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah, terutama bagi perusahaan-perusahaan di bidang media, brand, dan kamu yang melamar sebagai content creator.

TRAVELING

contoh hobi traveling
Sumber foto: Pexels

Hobi traveling menandakan bahwa kamu suka menjelajahi tempat baru, memiliki kemampuan adaptasi, dan toleransi terhadap budaya dan lingkungan yang berbeda.

Traveling juga dapat membentuk seseorang dalam memperluas wawasannya, mengembangkan kemampuan interpersonal hingga mambangun jaringan yang luas.

Kemampuan-kemampuan seperti itulah yang dibutuhkan dalam dunia profesional yang seringkali membutuhkan adaptasi dengan cepat dan kemampuan dalam interpersonal yang baik. 

Contoh hobi ini cocok untuk mereka yang melamar posisi bidang kreatif atau suka berpergian, seperti penulis, reporter, content creator, dan lain-lain.

MEMBACA

contoh hobi membaca
Sumber foto: Pexels

Hobi membaca menunjukkan bahwa seseorang memiliki keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Ini bisa menjadi indikator bahwa seseorang adalah individu yang proaktif dan suka mencari pengetahuan baru.

Dalam era digital saat ini, dengan banyaknya informasi, kemampuan filter, dan memilah informasi yang relevan juga menjadi kunci. 

Selain itu, membaca juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya, baik lisan maupun tertulis, yang merupakan aspek penting dalam berinteraksi dengan kolega, klien, atau mitra bisnis.

Hobi membaca cocok untuk banyak pekerjaan, seperti penulis, public relation, sekretaris, maupun marketing.

OLAHRAGA

contoh hobi olahraga
Sumber foto: Pexels

Olahraga tidak hanya menunjukkan bahwa seseorang peduli terhadap kesehatan fisiknya, tetapi juga menunjukkan kemampuan bekerja dalam tim, disiplin, dan kemauan untuk mencapai tujuan.

Disiplin adalah aspek yang diajarkan oleh olahraga. Untuk mencapai hasil terbaik, seseorang perlu memiliki rutinitas latihan yang konsisten dan berkomitmen untuk terus berlatih meskipun “malas” atau menghadapi kesulitan.

Kebiasaan seperti itulah yang harus ditanamkan pada dunia profesional agar mereka berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Hampir semua pekerjaan membutuhkan soft skill seperti ini.

SENI DAN KERAJINAN

contoh hobi seni
Sumber foto: Pexels

Seni dan kerajinan seperti melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan dapat menjadi contoh hobi menarik. Ini menunjukkan seseorang memiliki keterampilan kreatif dan detail-oriented.

Orang yang menyukai seni dan kerajinan umumnya memiliki tingkat estetika yang tinggi, mereka seringkali dicari dalam bidang kreatif.

Tak hanya itu, orang yang bergelut di bidang ini juga memerlukan kesabaran dan ketekunan. Ini mengajarkan seseorang untuk tidak mudah menyerah dan terus berusaha mencapai hasil yang diinginkan, keterampilan ini sangat berguna dalam menghadapi proyek atau tugas yang menantang di tempat kerja.

BERMAIN MUSIK 

contoh hobi bermain musik
Sumber foto: Pexels

Memiliki hobi bermain alat musik atau bernyanyi bisa menunjukkan bakat artistik dan apresiasi terhadap seni. 

Dilansir dari Penn Medicine, memainkan alat musik merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga kesehatan otak karena melibatkan setiap bagian utama dari sistem saraf pusat, kata John Dani, PhD , ketua Neuroscience di Penn's Perelman School of Medicine.

Jadi, jelas bahwa seseorang yang bermain musik memiliki kesehatan otak yang baik, sehingga ini dapat memberikan manfaat, seperti memori yang baik, konsentrasi penuh, kemampuan memecahkan masalah, dan lain-lain.

FOTOGRAFI

contoh hobi fotografi
Sumber foto: Pexels

Banyak HRD yang tertarik dengan hobi fotografi. Kemampuan mengambil foto yang baik dan memiliki pengetahuan tentang teknik fotografi adalah keahlian yang sangat berharga dalam dunia kerja. 

Dalam era digital ini, banyak perusahaan yang membutuhkan fotografer untuk mengabadikan momen-momen penting mereka, dan keahlian ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka meski kamu tidak melamar dalam bidang fotografi.

Orang dengan hobi fotografi biasanya memiliki dedikasi, kesabaran serta ketekunan yang kuat. Karena, untuk mencapai hasil maksimal, mereka memerlukan strategi serta komunikasi yang baik, terutama jika mereka berinteraksi dengan manusia/objek.

MENGIKUTI WORKSHOP

contoh hobi workshop
Sumber foto: Pexels

Pada zaman sekarang ini, workshop menjadi aktivitas yang menarik untuk mengembangkan diri. Berbagai workshop, mulai dari membuat gerabah, membuat aksesoris, merangkai bunga, hingga belajar membuat parfum, seringkali menjadi aktivitas menarik bagi Gen Z.

Nah, jika kamu sering mengikuti kegiatan workshop seperti itu, kamu boleh, lho, memberi tahu kepada HRD. Contoh hobi yang positif ini akan memberikan impresi bahwa kamu memiliki minat terhadap pengembangan diri.

Sikap seperti ini sangat diapresiasi oleh HRD, mengingat untuk menjadi seorang expert, keinginan dan kemampuan untuk belajar merupakan hal yang esensial.

KULINER/MASAK

contoh hobi kuliner dan masak
Sumber foto: Pexels

Hobi memasak atau mengeksplorasi makanan menunjukkan seseorang suka berkreasi, memiliki lidah yang sensitif terhadap rasa, dan biasanya memiliki kemampuan kerjasama (misalnya saat memasak bersama).

Jangan salah, menciptakan resep, mencampurkan bahan dengan cara yang unik, atau mempresentasikan makanan dengan estetika yang menarik adalah contoh bagaimana hobi ini memicu kreativitas seseorang.

Jadi, jika kamu ingin melamar ke perusahaan bidang kreatif atau memang pekerjaan yang membutuhkan kerja sama, contoh hobi seperti kuliner atau memasak bukan suatu hal yang salah.

MENDAKI GUNUNG

contoh hobi mendaki gunung
Sumber foto: Pexels

Hobi mendaki gunung menunjukkan ketahanan fisik dan mental seseorang, serta kemampuan dalam bekerja dalam tim. 

HRD melihat hobi ini sebagai bentuk kemampuan seseorang dalam mengelola stres dan menghadapi tantangan dengan semangat yang tinggi.

Dalam pekerjaan, mungkin akan banyak tantangan dan tekanan yang kamu lalui. Melalui hobi yang kamu miliki, HRD mungkin beranggapan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan baik meskipun dalam situasi yang penuh tekanan. 

Selain itu, kemampuan untuk bekerja sama dengan baik juga menjadi kunci sukses, terutama dalam menangani proyek-proyek yang besar.

MENULIS

contoh hobi menulis
Sumber foto: Pexels

Hobi menulis biasanya menandakan bahwa seseorang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreativitas, dan kemampuan analisis. 

Menciptakan konten tulisan memerlukan riset mendalam serta konsep yang menarik agar mudah dibaca oleh audiens.

Tentu tak mudah bagi mereka yang tidak hobi dalam hal ini, sehingga hobi menulis merupakan suatu aktivitas yang berharga. Hobi ini dapat digunakan ketika kamu melamar dalam bidang kepenulisan seperti copywriter, content writer, jurnalis, hingga editor.

TEKNOLOGI DAN CODING

contoh hobi coding
Sumber foto: Pexels

Di era digital saat ini, hobi yang berhubungan dengan teknologi, seperti coding, bisa menjadi nilai tambah karena menunjukkan kemampuan teknis dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi.

Contoh hobi ini memang sebaiknya harus dicantumkan bagi mereka yang melamar pada posisi IT. Namun, tak ada salahnya juga kamu memiliki hobi coding, meski bukan bidang yang relevan dengan yang kamu lamar. 

Orang yang memiliki kemampuan coding biasanya memiliki keterampilan seperti kerjasama, kemampuan belajar mandiri, pemahaman logika dan algoritma, serta kemampuan berpikir kritis yang sebagiannya memang sangat dibutuhkan dalam dunia profesional.

KEGIATAN SOSIAL

contoh hobi kegiatan sosial
Sumber foto: Pexels

Kegiatan sosial seperti volunteering atau menjadi anggota organisasi non-profit. Ini menunjukkan seseorang memiliki empati, kepedulian sosial, dan kemampuan kerjasama. Contoh hobi yang bermanfaat ini, akan menyebarkan energi positif pada banyak orang.

Orang yang peduli terhadap sesama biasanya mudah beradaptasi, dapat berkolaborasi dengan baik, serta memiliki pengetahuan yang luas tentang isu-isu sosial dan budaya yang pastinya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ketika perusahaan atau tim sedang menghadapi masalah, mereka biasanya akan memberikan solusi yang efektif, mungkin dari banyak pengetahuan ataupun pengalaman yang mereka lalui.

BERMAIN CATUR

contoh hobi bermain catur
Sumber foto: Pexels

Hobi bermain catur menunjukkan kemampuan seseorang dalam berpikir strategis, mengelola waktu, dan berkomunikasi secara efektif dalam tim. HRD melihat hobi ini sebagai bentuk kemampuan seseorang dalam mengelola stres dan meningkatkan produktivitas.

Orang yang hobi bermain catur harus pintar dalam bermain strategi dan juga konsentrasi yang penuh. Tentu, keterampilan seperti ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan untuk mencapai hasil maksimal.

Bermain catur cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan pemikiran strategis dan analisis, misalnya seperti business development.

BELAJAR BAHASA ASING

contoh hobi belajar bahasa asing
Sumber foto: Pexels

Contoh hobi lainnya adalah belajar bahasa asing. Ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki inisiatif dan motivasi untuk terus meningkatkan keterampilan mereka.

Tak hanya belajar tentang bahasa, mereka juga mungkin akan memperluas wawasannya tentang budaya, sejarah, dan tradisi dari negara yang dipelajarinya. 

Tentu, ini menunjukan bahwa orang tersebut memiliki semangat yang tinggi, karena ingin terus meningkatkan kemampuan diri. Hal ini dibutuhkan dalam dunia kerja yang cenderung dinamis.

Keterampilan memiliki kemampuan bahasa asing diperlukan oleh pekerjaan-pekerjaan seperti public relation, sekretaris, bidang hukum, maupun pendidikan.

Dalam era kerja yang semakin kompetitif ini, memiliki hobi yang menarik dan berguna bagi keahlian kerja akan sangat penting. Hobi-hobi tersebut dapat mencerminkan kepribadian serta kemampuan yang dapat diterapkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadikan contoh hobi di atas sebagai keunggulan kita dalam mencari pekerjaan yang diinginkan!

Mau tahu lebih banyak insight seputar dunia kerja? Gabung komuntias Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: 10 Cara Membangun Rasa Percaya Diri dengan Melakukan Hobi

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond