gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Bikin Merinding! Ini 7 Rekomendasi Novel Thriller 2024 dengan Plot Twist Terbaik

Written by Adila Putri Anisya

Kalau kamu lagi cari rekomendasi novel thriller dengan plot twist yang nggak ketebak, kamu wajib banget cek rekomendasinya di artikel ini. 

Novel thriller tidak hanya menghadirkan alur cerita yang menegangkan, tetapi seringkali memiliki ending plot twist yang tak terduga. 

Selama membaca, kita mungkin akan menebak-nebak siapa pelakunya, apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana kisah di balik cerita tersebut.

Jika kamu penggemar genre thriller dan suka dengan plot twist yang sulit ditebak, simak rekomendasinya di sini!

Baca juga: 7+ Rekomendasi Novel Romantis Ringan Terbaik 2024, Gen Z Wajib Baca!

REKOMENDASI NOVEL THRILLER TERBAIK PENUH PLOT TWIST

Berikut adalah rekomendasi novel misteri thriller plot twist yang patut kamu pertimbangkan!

HOLY MOTHER - AKIYOSHI RIKAKO 

rekomendasi novel thriller holy mother
Sumber foto: Gramedia

Bagi para pecinta novel Jepang, nama Akiyoshi tentu sudah tidak asing lagi. Ia selalu menghadirkan novel thriller dengan ending yang sulit ditebak. 

Salah satu rekomendasi novel thriller terbaiknya adalah ‘Holy Mother’. Novel ini mengisahkan sisi gelap seorang ibu bernama Honami yang mengidap gangguan ovarium polikistik, membuatnya kesulitan untuk hamil. Namun, mukjizat terjadi ketika ia berhasil melahirkan seorang putri yang diberi nama Kaoru.

Ketika sebuah kejadian pembunuhan mengguncang wilayahnya, Honami dilanda ketakutan dan berupaya keras untuk melindungi putrinya. Di tengah-tengah kisah ini, ia bertemu dengan Makoto, seorang anak SMA dengan kehidupan unik. 

Dalam alur ceritanya, Honami dan Makoto terlibat dalam berbagai peristiwa dengan plot yang pasti akan mengejutkan pembaca! Penasaran ada apa?

THE SILENT PATIENT - ALEX MICHAELIDES

rekomendasi novel thriller the silent patient
Sumber foto: Goodreads

Rekomendasi buku thriller selanjutnya ‘The Silent Patient’ merupakan debut karya penulis Alex Michaelides yang berhasil menghadirkan cerita dengan detail, rapi dan plot yang sulit ditebak. 

Cerita ini mengisahkan kehidupan pasangan suami istri, Alicia, seorang pelukis terkenal, dan Gabriel, seorang fotografer yang juga terkenal.

Mereka menjalani kehidupan yang harmonis dengan menempati sebuah rumah besar di salah satu daerah favorit di London. Namun, segalanya berubah ketika Gabriel mengalami kejadian tragis. Ia ditemukan tewas dalam keadaan terikat di kursi, setelah bekerja lembur.

Saat tiba di lokasi, Alicia, sang istri, tampak terpaku, dan semenjak saat itulah ia tidak lagi berbicara. Lantas, siapakah pelaku di balik kematian Gabriel? 

HIDDEN PICTURES - JASON REKULAK

rekomendasi novel thriller hidden pictures
Sumber foto: Amazon

Kalau kamu suka plot twist di akhir cerita, maka kamu harus membaca ‘Hidden Pictures’ karya Jason Rekulek. Dalam sepertiga buku terakhir, ceritanya akan mengubah semua yang kamu harapkan.

Novel ini berfokus pada Mallory, seorang pengasuh anak yang ditugaskan merawat Teddy, putra dari Ted dan Caroline yang berusia lima tahun. 

Teddy adalah anak yang lucu dan kreatif, senang menggambar berbagai hal, seperti pohon, kelinci, atau balon. Namun, keadaan menjadi tegang ketika Mallory menemukan sebuah gambar yang menyeramkan yang digambar oleh Teddy. 

Dalam gambar tersebut terlihat seorang lelaki di hutan yang menyeret tubuh perempuan yang tampak tak bernyawa. 

Keanehan semakin bertambah ketika gambar tersebut terus berkembang menjadi lebih seram dan mendetail, sulit dipercaya untuk dilakukan oleh seorang anak berusia lima tahun.

Mallory pun mulai merasa was-was dan bertanya-tanya, apa sebenarnya maksud dari gambar-gambar misterius yang digambar oleh Teddy?

ROCK PAPER SCISSORS - ALICE FEENEY

rekomendasi novel thriller Rock Paper Scissors
Sumber foto: Goodreads

Alice Feeney merupakan penulis populer yang karyanya selalu best seller. Pada bukunya yang berjudul ‘Rock Paper Scissors’, Alice menghadirkan cerita thriller psikologis yang penuh plot twist.

Rekomendasi novel psikologi thriller ini bercerita tentang Adam, seorang penulis yang menderita kebutaan dengan wajah seseorang, ia tidak mengenali wajah teman, keluarga, bahkan istrinya sendiri. 

Setiap ulang tahun, pasangan ini saling bertukar hadiah dan istrinya selalu menulis surat untuk Adam, namun tidak pernah diizinkan untuk dibaca.

Suatu hari, mereka berdua berlibur ke Skotlandia sambil memperbaiki hubungan rumah tangga mereka. Namun, ternyata ada seseorang yang sedang mengintai mereka selama di Skotlandia. 

Dalam novel ini, hadir plot twist melalui surat yang membuka kisah hubungan Adam dan istrinya selama 10 tahun menikah. 

Tak hanya plot twist-nya yang epik, namun ada beberapa adegan horor yang mungkin bikin kamu merinding!

FERRIS WHEEL AT NIGHT - MINATO KANAE

rekomendasi novel thriller
Sumber foto: Penerbit Haru

Kembali ke novel Jepang, Minato Kanae juga tak kalah dalam membuat novel dengan akhir yang mencengangkan. ‘Ferris Wheel at Night’ adalah novel yang mengusung genre thriller-misteri yang menceritakan sebuah keluarga.

Cerita dimulai dengan kematian tragis seorang kepala keluarga di sebuah perumahan elit yang kemudian membuat sang istri menyerahkan diri ke polisi sebagai pelaku. Akibatnya, anak-anak mereka harus hidup dengan stigmatisasi sebagai “anak korban pembunuh” sekaligus “anak dari pembunuh”.

Pembaca akan diajak untuk menyelidiki misteri di balik pembunuhan tersebut, sekaligus mengikuti drama yang terjadi di antara keluarga-keluarga yang tinggal di perumahan elit tersebut. 

Rekomendasi novel thriller ini juga mengangkat isu-isu penting seperti media yang seringkali melebih-lebihkan berita, perbedaan status sosial antara kaya dan miskin, serta isu pendidikan.

LENGKING KEMATIAN - MARLINA LIN

rekomendasi novel thriller lengking kematian
Sumber foto: Gramedia

Kalau kamu cari rekomendasi novel thriller versi Indonesia, kamu bisa baca ‘Lengking Kematian’ karya Marlina Lin. 

Novel ini mengisahkan tentang Laras, seorang artis yang telah kehilangan popularitasnya dan terjebak dalam utang sebesar Rp10 juta. 

Untuk melunaskan hutangnya tersebut, Laras memutuskan untuk meminjam uang dari Kayla, teman masa SMA-nya.

Namun, secara tak terduga, Kayla mengajak Laras untuk mengunjungi sebuah villa dengan janji mendapatkan uang di sana. Namun, sebuah tragedi berdarah terjadi. Arjuna, mantan pacar Laras sekaligus artis terkenal, ditemukan tewas di villa pribadinya.

Kematian Arjuna menimbulkan banyak spekulasi dan teka-teki. Laras mulai curiga terhadap Kayla dan Junaidi, teman-temannya sendiri.

Namun, banyak juga yang menduga bahwa Laras sendiri mungkin terlibat dalam kasus tersebut, mengingat hubungannya sebagai mantan pacar Arjuna.

PASIEN - NAOMI MIDORI

rekomendasi novel thriller pasien
Sumber foto: Gramedia

Novel thriller terakhir yang penuh dengan misteri adalah ‘Pasien’ karya Naomi Midori. Dalam novel ini, pembaca akan diajak untuk menebak siapa pelaku di balik kasus pembunuhan yang terjadi.

‘Pasien’ mengisahkan sebuah kasus pembunuhan sadis yang menimpa satu keluarga di sebuah kota kecil yang dikenal karena bisnis toko bangunan keluarganya. 

Dugaan jatuh pada motif perebutan warisan sebagai penyebab kematian keluarga tersebut, sehingga mengarah ke dugaan bahwa mereka saling membunuh.

Namun, cerita ini tidak sebatas itu. Naomi Midori berhasil menghadirkan plot twist yang mengejutkan, di mana terdapat indikasi bahwa keluarga tersebut mungkin menjadi korban dari campur tangan pihak ketiga yang tidak terduga. 

Dengan alur yang kompleks dan penuh kejutan, ‘Pasien’ akan membuat pembaca terus merasa penasaran dan terjebak dalam teka-teki misteri hingga halaman terakhir.

Itu dia rekomendasi novel thriller yang endingnya penuh plot twist. So, dari ke-tujuh judul novel di atas, mana yang paling menarik perhatianmu?

Cari rekomendasi novel lainnya? Gabung komunitas Girls Beyond Circle, yuk! Dapatkan banyak teman-teman dengan hobi yang sama di sana!

Baca juga: 5 Buku Self Improvement Terbaik 2024 untuk Upgrade Diri, Wajib Masuk List!

Sumber foto: Pexels