gagal menampilkan data

Article

Pejuang PTN Merapat! Simak Tips Belajar SNBT yang Efektif Auto 700++

Written by Adila Putri Anisya

Mendapatkan nilai SNBT di atas 700 adalah dambaan setiap calon mahasiswa yang berjuang untuk diterima di PTN impian mereka. Sayangnya, tidak semua siswa memiliki pemahaman tentang strategi yang diperlukan untuk mencapai target tersebut. Padahal, ada beberapa tips belajar SNBT yang dapat membantu kamu mencapainya!

Seperti yang kita ketahui, saat ini SNBT 2024 gelombang 2 sedang berlangsung mulai dari Selasa, 14 Mei hingga Senin, 20 Mei 2024. Semua siswa yang mengharapkan masuk ke PTN mungkin merasa cemas dalam menghadapi soal-soal SNBT. 

Nah, daripada merasa cemas, lebih baik kamu menerapkan strategi dengan mengikuti beberapa tips belajar SNBT 2024 yang akan Girls Beyond bagikan berikut ini!

Baca juga: Ikuti 4 Tips Ini Agar Lolos UTBK SNBT dengan Nilai 700+

MENGERJAKAN SOAL SNBT TAHUN SEBELUMNYA

tips belajar SNBT mengerjakan soal tahun sebelumnya
Sumber foto: Pexels

Soal SNBT 2024 diperkirakan tidak akan berbeda jauh dari materi yang diuji pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan memahami dan menguasai jenis soal yang telah diujikan sebelumnya, kamu dapat membayangkan tingkat kesulitan yang mungkin dihadapi.

Ketika kamu mampu mengatasi soal-soal yang telah diujikan pada tahun sebelumnya, kamu bisa lebih percaya diri ketika menghadapi soal SNBT nanti.

Belajar soal dari SNBT tahun sebelumnya juga membantu kamu mengidentifikasi area-area di mana kamu perlu meningkatkan pemahaman dalam menyelesaikan soal secara efisien, sehingga kamu dapat menyesuaikan strategi yang tepat di ujian yang sesungguhnya.

TIDAK PERLU BELAJAR SEMUA BAB, FOKUS KE MATERI YANG SERING KELUAR 

tips belajar SNBT fokus ke materi yang sering keluar
Sumber foto: Pexels

Bab materi SNBT itu sangat banyak, kamu tidak perlu mempelajari semuanya. Agar tidak pusing, lebih baik kamu fokus pada materi yang sering muncul dalam soal SNBT tahun sebelumnya. 

Tips belajar SNBT ini akan sangat efektif, karena soal-soal di SNBT cenderung mempertahankan pola dan jenis soal yang telah diujikan sebelumnya.

Ketika memahami dengan baik topik-topik yang sering keluar, kamu dapat membangun dasar pengetahuan yang kuat untuk menghadapi variasi pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian.

Agar tidak lupa, kamu bisa  membuat list materi-materi yang sering keluar, kemudian belajar hingga kamu merasa paham.

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

BELAJAR MATERI SECARA BERGANTIAN 

tips belajar SNBT belajar materi bergantian
Sumber foto: Pexels

Banyaknya materi yang harus dipelajari dan rangkaian ujian yang beruntun, mungkin menyebabkan peserta SNBT kebingungan dalam proses belajar. Setelah menyelesaikan satu materi, seringkali kita cenderung melupakan materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan pola belajar bergantian. Artinya, saat kamu belajar materi A, lanjutkan dengan materi B, namun jangan lupakan untuk kembali mempelajari materi A. 

Tips belajar SNBT ini terbukti efektif dalam memperkuat ingatan terhadap materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya dan sangat sesuai untuk dipraktikkan dalam persiapan ujian SNBT, yang dikenal memiliki variasi soal yang luas.

TERAPKAN METODE “DRILLING”

tips belajar SNBT metode drilling
Sumber foto: Pexels

Metode drilling merupakan tips belajar SNBT sebulan karena proses belajar ini mengharuskan siswanya mengerjakan beberapa soal (umumnya 50 soal) dalam sehari agar terbiasa mengerjakan soal saat ujian.

Cara praktiknya, pastikan siswa memiliki buku latihan soal SNBT. Kemudian kerjakan soal tersebut secara berulang-ulang untuk meningkatkan pemahaman suatu konsep. 

Metode drilling ini sangat cocok untuk soal yang berupa angka, sehingga dapat melatih pemahaman kita lebih dalam untuk mengerjakan soal seperti matematika.

Jika kamu menerapkan metode ini selama sebulan, dijamin kamu akan lebih mudah dan terbiasa ketika mengerjakan ujian yang sesungguhnya.

LAKUKAN CARA BELAJAR AKTIF

tips belajar SNBT lakukan cara belajar aktif
Sumber foto: Pexels

Salah satu tips belajar SNBT 2024 yang terbukti sangat efektif adalah menerapkan konsep belajar aktif atau yang dikenal sebagai active learning

Belajar aktif ini melibatkan siswa untuk interaktif selama proses pembelajaran, sehingga memungkinkan mereka untuk mengolah dan menyimpulkan pemahaman dari materi yang dipelajari, bukan hanya sekedar menerima informasi secara pasif.

Berbeda dengan pendekatan belajar pasif, yang melibatkan aktivitas seperti membaca buku atau menghafal rumus. Namun, belajar aktif melibatkan berbagai aktivitas yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Contohnya adalah:

  • Diskusi konsep dengan teman-teman untuk mendiskusikan dan memperdalam pemahaman bersama.
  • Melakukan tes hafalan dengan diri sendiri atau bersama teman untuk menguji pemahaman dan keingatannya terhadap materi.
  • Merangkum materi dengan menggunakan bahasa sendiri, sehingga memperkuat pemahaman dan pengingatan.
  • Mengajarkan materi kepada teman, yang tidak hanya membantu memperdalam pemahaman sendiri, tetapi juga membantu teman dalam pemahaman mereka.

Baca juga: Ingin Produktif saat Belajar? Gunakan Teknik Pomodoro, Bantu Tingkatkan Konsentrasimu!

CATATAN

Meski kamu belajar dengan keras untuk SNBT 2024, penting untuk memberikan waktu istirahat yang cukup. Jangan memaksakan diri untuk belajar terus-menerus tanpa istirahat. 

Berikan waktu tubuhmu untuk beristirahat dan memulihkan energi. Selain itu, jaga pola makanmu dan tetap aktif secara fisik. Tubuh yang sehat akan membantu otakmu dalam memproses informasi dengan lebih baik!

Semoga dengan tips belajar SNBT yang telah disampaikan, kamu dapat mengerjakan soal SNBT dengan baik. Good luck!

Bingung mau belajar SNBT bareng siapa? Yuk, cari teman di komunitas Girls Beyond Circle. Join sekarang!

Baca juga: 7+ Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar SNBT 2024

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond