gagal menampilkan data

Article

5 Cara Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem agar Tidak Mengalami Dehidrasi

Written by Rayya Adila Sakinah

Akhir-akhir ini fenomena cuaca panas ekstrem sedang melanda berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Peristiwa ini patut di waspadai karena dapat berdampak pada kesehatan dan kenyamanan. 

Temperatur udara yang tinggi dapat membuat kita kehilangan banyak cairan sehingga berisiko mengalami dehidrasi maupun heatstroke.

Lantas, bagaimana cara menghadapi cuaca panas ekstrem seperti saat ini? Yuk, simak lebih lanjut!

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh ini!

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh ini!
Sumber Foto: Pexels

Cuaca panas ekstrem seperti saat ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Berikut beberapa tips ampuh yang bisa menjadi solusi untuk menghadapi cuaca panas:

Gunakan Pakaian yang Berwarna Terang dan Berbahan Dingin 

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh - Gunakan Pakaian yang Berwarna Terang dan Berbahan Dingin
Sumber Foto: Pexels

Selama cuaca panas ekstrem seperti ini ada baiknya menggunakan pakaian yang berbahan dingin, tipis dan dapat menyerap keringat dengan baik, misalnya katun. Hindari juga pakaian yang berwarna gelap karena dapat menyerap panas, jadi pilihlah pakaian dengan warna terang seperti kuning. 

Meski sedang panas, kamu perlu menggunakan pakaian yang panjang untuk menutupi kulitmu dari jahatnya sinar matahari. Jadi, usahakan menggunakan pakaian yang longgar, tipis, dan menyerap keringat, seperti katun, polyester, dan rayon. 

Kamu juga bisa menambahkan aksesoris seperti scarf, kacamata hitam maupun topi untuk perlindungan maksimal.

Perbanyak Minum Air Putih untuk Mencegah Dehidrasi

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh - Perbanyak Minum Air Putih untuk Mencegah Dehidrasi
Sumber Foto: Pexels

Akibat cuaca panas di indonesia, kita kerap kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak. Apabila dibiarkan saja maka dapat berisiko mengalami dehidrasi. Pentingnya menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. 

Namun, tergantung kebutuhan masing-masing karena apabila kamu sering berada di luar ruang dan banyak aktivitas, kamu perlu minum air putih yang agar tak sampai kehilangan cairan.

Selain itu, kurangi minuman yang memicu rasa harus muncul, seperti kopi, minuman kemasan, maupun alkohol. Minuman-minuman ini memiliki sifat diuretik yang memicu hilangnya cairan tubuh.

Lindungi Kulitmu dengan Menggunakan Sunscreen

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh - Lindungi Kulitmu dengan Menggunakan Sunscreen
Sumber Foto: Pexels

Saat cuaca panas seperti ini, penggunaan tabir surya atau sunscreen adalah hal yang harus dilakukan demi kulit terlindungi dari bahaya sinar UV. 

Sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar, pemicu penuaan dini hingga menjadi salah satu penyebab kanker kulit.

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, lebih baik gunakan sunscreen dengan SPF 50. Touch up selalu sunscreen setiap 2 jam sekali atau sesering mungkin jika kamu sedang beraktivitas diluar ruangan yang tersinari langsung matahari.

Hindari Terpapar Langsung oleh Sinar Matahari dalam Waktu yang Lama

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh - Hindari Terpapar Langsung oleh Sinar Matahari dalam Waktu yang Lama
Sumber Foto: Pexels

Sebisa mungkin, kurangi aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas sedang melanda. Hindari keluar di jam 10 pagi hingga 2 siang karena panas matahari sedang terik-teriknya dan juga sinar UV sudah mulai mengintai di jam ini. Sering-seringlah berteduh di tempat yang sejuk, seperti di bawah pohon rindang atau di dalam ruangan yang ber-AC.

Hindari Olahraga pada Siang Hari karena Bisa Memicu Heatstroke

Hadapi Cuaca Panas dengan 5 Cara Ampuh - Hindari Olahraga pada Siang Hari karena Bisa Memicu Heatstroke
Sumber Foto: Pexels

Berolahraga adalah kebiasaan baik yang patut dilakukan setiap hari. Namun saat cuaca sedang panas seperti, ini ada baiknya batasi durasi dan kapasitas olahragamu karena dapat berisiko mengalami heatstroke, dehidrasi akut, dan gangguan kesehatan lainnya. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka ada baiknya kamu mengganti rutinitas olahraga beratmu dengan yoga atau latihan yang tidak menguras banyak keringat. Namun, jangan jadikan cuaca yang panas ini sebagai alasan untuk bisa bermalas-malasan saja, karena penting bagi kita untuk tetap produktif agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

Itulah kelima cara hadapi cuaca panas ekstrem saat ini, terapkan semua tipsnya untuk kamu bisa terhindar dari mengalami dehidrasi akut. 

Namun lebih baik lagi, jika kamu juga menjaga pola makan dan tidur agar tubuh senantiasa dalam keadaan segar dan bugar.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sepele Pemicu Penuaan Dini, Pola Hidup Sangat Berpengaruh!

Masih banyak informasi penting yang bisa kamu temukan dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buruan join!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond