gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Cara Membaca Pikiran Orang: Pakai Teknik Nunchi, Rahasia Orang Korea!

Written by Rayya Adila Sakinah

Penggemar drama korea mungkin sering melihat karakter utama yang cerdas dan sukses. Salah satu rahasia kesuksesan mereka dengan cara membaca pikiran orang atau yang dikenal sebagai nunchi dalam bahasa korea. 

Sebagai makhluk sosial, kemampuan bersosialisasi sangatlah penting untuk kita dapat membangun relasi dan koneksi. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara membaca pikiran orang agar dapat memahami situasi dan merespons lawan bicara dengan baik. 

Keahlian ini bukan menjadikan kamu sebagai seorang yang cenayang tapi meningkatkan kepekaan dan empati kita terhadap sekitar. Jika kamu dapat mengoptimalkan nunchi layaknya orang Korea, hubunganmu dengan rekan kerja bisa semakin harmonis, terhindar dari konflik, serta semakin percaya diri dalam berkarir.

Jika sering terjebak dengan situasi canggung atau konflik dengan rekan kerja, sudah saatnya kamu mengenal konsep nunchi untuk meningkatkan hubungan interpersonal dan akselerasi karier.

Rahasia Sukses Orang Korea Lewat Nunchi

Rahasia Sukses Orang Korea Lewat Nunchi
Sumber Foto: Pexels

Sebagai makhluk sosial, relasi antara manusia harus terjalin sedemikian rupa demi membangun networking yang kuat. Begitupun dengan orang Korea yang memiliki cara tersendiri untuk membangun hidup yang harmonis.

Hal tersebut dikenal dengan nunchi, sebuah seni untuk memahami situasi, pemikiran dan perasaan orang lain agar terciptanya kepercayaan, koneksi dan harmonisasi. Melalui salah satu buku cara membaca pikiran orang karya Euny Hong yang berjudul The Power of Nunchi: Korean Secret to Happiness and Success, menjelaskan bahwa nunchi, dalam bahasa Korea berarti “tilikan mata” dan merupakan sebuah taktik memahami persepsi, kemampuan memindai situasi, serta insting untuk membaca reaksi. 

Dengan kata lain, respons yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan cara membaca pikiran orang lain lewat memahami keadaan, pikiran, dan yang dirasakan orang lain. Nunchi juga bisa menjadi salah satu solusi mempercepat karier seseorang. Ketika kamu menerapkan cara membaca pikiran orang yang tepat, komunikasi dan kolaborasi di tempat kerja dapat berjalan dengan efektif. 

Hal ini juga dapat membantu dalam membangun hubungan dengan rekan kerja dan atasan yang lebih harmonis, sehingga dapat mengurangi konflik. 

Ikuti Aturan Nunchi agar Dapat Membaca Pikiran Orang Lain

Ikuti Aturan Nunchi agar Dapat Membaca Pikiran Orang Lain
Sumber Foto: Pexels

Nunchi sering dianggap sebagai kesaktian orang Korea dalam meraih kesuksesan tanpa berhubungan dengan kegiatan supranatural. Kabar bahagianya, nunchi dapat dipelajari oleh semua orang. Begini cara membaca pikiran orang beserta aturannya ala orang Korea. 

Kosongkan Pikiran dengan Buang Prasangkamu Terhadap Lawan Bicara

Kosongkan Pikiran dengan Buang Prasangkamu Terhadap Lawan Bicara
Sumber Foto: Pexels

Buang prasangka terhadap lawan bicaramu. Prasangka dapat menghalangimu dalam memahami orang lain. Jadilah pendengar yang baik, tak usah kebanyakan berprasangka terhadap teman bicaramu, sehingga kamu bisa memahami orang lain dengan baik. Memahami apa yang diinginkan lawan bicara, kamu bisa memperhatikan ucapan dan gestur tubuhnya. 

Saat sedang banyak pikiran, usahakan menyisihkan praduga terhadap situasi yang akan terjadi, agar kamu dapat mengamati dengan tajam. Sebelum melakukan presentasi atau bertemu dengan lawan bicara, ada baiknya pejamkan mata selama kurang lebih 2 menit dan lakukan teknik pernapasan yang dapat membantumu untuk merasa lebih tenang. Pikiran yang tenang akan memperkuat kemampuan mengamati orang maupun situasi sekitar.

Adaptif dengan Lingkungan

Adaptif dengan Lingkungan
Sumber Foto: Pexels

Bersikaplah lebih waspada dan adaptif dengan apa yang terjadi di sekitar. Nunchi yang handal berarti mampu memahami situasi secepat mungkin dan terus mengasah insting karena situasi selalu berubah. Jadi sering-seringlah berhadapan dengan banyak orang di berbagai situasi untuk memperkuat insting dan kemampuan adaptif.

Lebih Baik Diam Daripada Banyak Bicara

Lebih Baik Diam Daripada Banyak Bicara
Sumber Foto: Pexels

Ternyata sabar dan diam adalah emas karena kamu jadi banyak belajar dengan menyimak daripada berbicara. Orang yang banyak bicara akan kesulitan untuk memahami perkataan dan perasaan orang lain, sehingga akan menjauhkan diri dari nunchi. Berdiam dengan menyimak adalah salah satu rahasia sukses memahami situasi. Oleh karena itu, orang pandai akan nunchi, merupakan seorang pendengar yang baik.

Pentingnya Tata Krama dalam Nunchi

Pentingnya Tata Krama dalam Nunchi
Sumber Foto: Pexels

Salah satu kunci sukses dalam membangun relasi yang baik dengan orang lain adalah menjaga tata krama. Dalam nunchi, diutamakan dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi semuanya dan bukan untuk membuat diri tampak lebih unggul. Misalnya, hindari menegurnya secara terbuka di depan umum karena hal itu bisa menciptakan suasana yang tidak nyaman di sekitar.

Amati Hal yang Tersirat dan Cepat Tanggap

Amati Hal yang Tersirat dan Cepat Tanggap
Sumber Foto: Pexels

Tidak semua orang nyaman berkomunikasi secara to the point. Jika ingin menjadi seorang yang handal dalam nunchi, kamu harus pandai dalam membaca isyarat dari lawan bicaramu. 

Ungkapan “biar lambat asal selamat” ternyata tidak berlaku dalam nunchi. Tindakan sempurna, tapi eksekusinya terlalu lama hanya akan menjadikan hal tersebut basi.

Memikirkan sesuatu secara matang itu penting, tetapi kita juga harus bisa bertindak dengan gesit dalam menghadapi situasi tersebut. Menyesuaikan diri dengan situasi, diperlukan tindakan yang cepat dan tepat. 

Kesalahan yang Tidak Disengaja Bisa Berujung Fatal

Kesalahan yang Tidak Disengaja bisa Berujung Fatal
Sumber Foto: Pexels

Kesalahan tak disengaja bisa berakibat fatal dengan rusaknya suasana. Misalnya, kamu ingin memulai pembicaraan dengan teman lamamu dan kamu tak sengaja bertanya kepadanya, “Kamu gendutan ya sekarang?” bisa terdengar menyebalkan di sebagian orang, apalagi kebanyakan wanita sensitif terhadap topik pembicaraan mengenai berat badan, sehingga hal seperti ini harus dihindari. 

Mengasah nunchi dapat mengurangi potensi menyinggung lawan bicara karena kamu sudah memahami apa yang tidak disenangi oleh lawan bicaramu. Jadi, jika ingin sukses dalam membangun relasi, jaga perkataanmu, ya!

Poin Penting dalam Nunchi

Poin Penting dalam Nunchi
Sumber Foto: Pexels

Nunchi adalah cara membaca pikiran orang dan memahami situasi sekitar secara cepat dan tepat. Kecepatan adalah salah satu rahasia sukses nunchi karena terlalu berhati-hati dapat membuat kita kehilangan banyak kesempatan. 

Mengasah nunchi, penting untuk membuang prasangka serta jangan terlalu terbuka pada orang lain, karena ada hal-hal yang harus dijaga agar situasi tetap aman dan terkendali. 

Saat bertemu teman baru, ada baiknya jangan terlalu heboh atau tertutup karena bisa saja membuat suasana sekitar menjadi kurang nyaman. Pahami dulu lawan bicaramu seseorang yang seperti apa, agar kamu bisa beradaptasi dengannya. Jaga juga ekspresi kita saat memulai pembicaraan agar orang lain tak salah paham. Jika teman mulai berbicara, jangan memotong pembicaraan dan bersabarlah sampai giliranmu.

Jika salah menanggapi lawan bicara, tidak perlu cemas berkepanjangan karena ingatlah, “makin sedikit yang dikatakan, makin mudah diperbaiki”. Jadi, kebiasaan banyak bicara ternyata bisa menjadi penghambat komunikasi yang efektif.

Jadilah gesit dengan pandai mengamati dan menyesuaikan diri terhadap situasi di lingkungan sekitar. Menguasai cara membaca pikiran orang seperti yang dibahas di buku Nunchi bisa membuat seseorang mampu mengambil keputusan secara cepat dan merespons situasi dengan tepat, membuat kamu memiliki peluang untuk akselerasi karier.

Hambatan dalam Mengembangkan Nunchi

Hambatan dalam Mengembangkan Nunchi
Sumber Foto: Pexels

Nunchi bukanlah kemampuan yang diperoleh dalam waktu singkat, tapi membutuhkan proses yang panjang dan dedikasi. Namun, jika kamu dapat menguasai cara membaca pikiran orang seperti konsep nunchi ini, bersiaplah menjadi orang yang sukses secara karier maupun kehidupan. Salah satu hambatan dalam mengoptimalkan nunchi adalah terlalu banyak berbicara dan kurang mengamati keadaan sekitar. Selain itu, overthinking dan terlalu banyak berprasangka juga bisa menghambat dirimu dalam menguasai nunchi. Jadi, jika ingin mengatasi hambatan tersebut, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Mengurangi basa-basi atau omongan yang tak penting. Perbanyak mendengar daripada berbicara.
  • Sering-seringlah mengamati keadaan sekitar agar kamu mampu beradaptasi dan cermat dalam membaca situasi.
  • Perluas networking dengan mengikuti berbagai event atau komunitas agar dapat melihat berbagai suasana dan menghadapi beragam karakter orang.
  • Perluas sudut pandang dengan perbanyak baca buku atau mendengarkan podcast yang inspiratif.

Begitu cara membaca pikiran orang ala orang Korea atau yang disebut nunchi. Semoga dapat menjadi solusi untuk sukses dalam berkarir dan bermasyarakat untuk kamu!

Baca juga: Perhatikan 6 Etika Interview Kerja Online Ini untuk Berikan First Impression yang Baik pada Rekruter!

Penasaran dengan tips sukses berkarir lainnya? Yuk, segera gabung ke komunitas Girls Beyond Circle, karena banyak kisah inspiratif, informasi penting, dan networking baru menunggumu!

Sumber Foto: Pexels