gagal menampilkan data

Article

Manfaat Minum Air Putih: Bisa Turunin Berat Badan dan Detoks, Cek Faktanya!

Written by Septia Sapoetri

Air putih merupakan minuman paling sehat yang selalu ada di sekitar kita. Tetapi, masih banyak orang yang tidak peduli dan malas untuk meminumnya. Padahal, ada banyak manfaat minum air putih yang dapat membantu kita agar tetap sehat dan produktif di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

Lalu, apa saja sih manfaat minum air putih bagi kesehatan dan produktivitas seseorang? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Baca juga: Cuma 3000 Langkah! Ini 6 Manfaat Jalan Kaki yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Putih bagi Kesehatan

manfaat minum air putih
Sumber foto: Pexels

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari setidaknya 60% air yang berperan penting dalam fungsi tubuh kita, seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi darah, dan juga pengaturan suhu tubuh. So, kalau kebutuhan air kita tidak terpenuhi, pastinya akan mempengaruhi fungsi sistem tubuh dan bisa menyebabkan tubuh jadi nggak fit.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, ada juga manfaat minum air putih untuk meningkatkan kesehatan kulit. Air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kebersihan kulit, serta mengurangi risiko munculnya jerawat karena air membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui cara yang lain.

Membantu Proses Detoksifikasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada kemungkinan tubuh kita terpapar racun atau zat tidak baik dari makanan, minuman, maupun lingkungan sekitar. Tubuh memiliki sistem tersendiri untuk menyaring racun-racun tersebut melalui ginjal. Nah, inilah yang menjadi peran penting air bagi tubuh kita, yaitu membantu kerja ginjal dalam proses detoksifikasi dan mengeluarkan racun melalui urin.

Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Selanjutnya, manfaat minum air putih bagi para pejuang diet, yaitu membantu proses penurunan berat badan. Air putih tidak mengandung kalori yang dapat membantu kita untuk merasa ‘terisi’ atau kenyang tanpa harus menambah asupan kalori. 

Minum air putih sebelum makan juga bisa membantu untuk mengontrol porsi makan. Jadi, kamu nggak akan makan berlebihan lagi. Kamu sudah mencoba tips ini?

Mengurangi Risiko Penyakit

Konsumsi air yang cukup membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti batu ginjal atau infeksi saluran kemih. Air dapat melarutkan garam dan mineral yang membentuk batu ginjal. Selain itu, air juga berperan dalam menjaga kebersihan saluran kemih, sehingga bisa mencegah infeksi.

Manfaat Minum Air Putih bagi Produktivitas

manfaat minum air putih
Sumber foto: Pexels

Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Kamu pernah merasa sulit berkonsentrasi dan fokus? Bisa jadi, itu adalah tanda tubuh kamu kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan kamu sulit berkonsentrasi dan fokus karena otak kita membutuhkan cukup cairan untuk berfungsi secara optimal. Jadi, jangan lupa membawa air putih ketika beraktivitas, ya!

Meningkatkan Energi dan Performa Fisik

Dalam menjalankan aktivitas tubuh yang intens, seperti olahraga atau kegiatan sehari-hari yang melelahkan, kita memerlukan energi yang banyak. Ketika kamu lelah, sangat penting untuk mendapatkan asupan air minum agar kamu tidak mengalami dehidrasi yang dapat menurunkan energi dan performa fisik. Untuk itu, pastikan kamu terhidrasi, sehingga bisa memiliki energi tinggi sepanjang hari!

Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Banyak yang tidak menyadari manfaat minum air putih yang satu ini, yaitu memperbaiki mood dan mengurangi stres. Air putih membantu kita merasa lebih baik dan lebih rileks. Selain itu, air dapat mengatur kadar hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang mempengaruhi mood dan stres. 

Tips Memenuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh

manfaat minum air putih
Sumber foto: Pexels

Dari penjelasan di atas, terdapat banyak sekali manfaat minum air putih untuk tubuh kita. Nah, sebenarnya, berapa banyak air yang kita butuhkan agar dapat merasakan manfaat tersebut secara optimal?

Dilansir dari laman P2PTM Kemenkes RI, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, juga kondisi fisiknya. Tetapi, disarankan pada orang dewasa, setidaknya mengonsumsi 8 gelas berukuran 230 ml atau totalnya 2.8 liter per hari.

Nah, untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan tersebut, Gaby punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  • Membawa botol air minum, hal ini sangat penting dalam membantu kamu membiasakan diri untuk minum air putih.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur, tidak hanya dengan air putih, kamu juga bisa menambah asupan cairan dengan konsumsi buah dan sayur, seperti semangka.
  • Minum sebelum makan, kebiasaan ini membantu kamu untuk tidak lupa minum air putih dan tetap terhidrasi.
  • Buat infused water, jika kamu bosan atau kurang menyukai air putih biasa, kamu bisa mencoba untuk menambahkan irisan buah, seperti lemon dan stroberi, juga irisan daun mint.

Setelah tahu tentang manfaat minum air putih dan tips minum air putih, tidak ada alasan lagi untuk nggak minum air putih. Mulai saat ini, yuk biasakan minum air putih secara teratur agar tetap fit dan sehat!

Kamu mau tahu informasi terbaru terkait kesehatan? Ayo gabung ke komunitas Girls Beyond Circle dan kamu bebas untuk tanya-tanya atau sharing di sana!

Baca juga: Tak Cuma Tambah Energi, Ada 5 Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Mulai Bekerja

Sumber: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond