gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Intip Isi Rumah Sraddha Semesta Milik Cinta Laura, Sewakan Fasilitas untuk Pekerja Kreatif!

Written by Adila Putri Anisya

Tak sering muncul dilayar kaca, bukan berarti Cinta Laura tidak memiliki kesibukan. Artis sekaligus aktivis muda ini, ternyata memiliki sebuah perusahaan induk bernama PT Cinta Paras Semesta (CPS) yang sudah ia bangun sejak 2022.

CPS sendiri adalah perusahaan yang berfokus pada talenta dan sumber daya manusia, mereka berupaya untuk membangun ekosistem perusahaan yang berfungsi penuh dan beroperasi secara sinergi.

Perusahaan ini diibaratkan sebagai anatomi manusia yang saling bergantungan untuk menjalankan fungsionalitas yang lancar dan efektif. 

Sementara itu, anatomi “hati” mewakili inti dan kekuatan pendorong ekosistem perusahaan ini, sehingga diharapkan mampu menumbuhkan rasa kebersamaan, memberi sumber daya, serta mendukung berbagai upaya kreatif. 

Pada Kamis, (14/3) tim Girls Beyond mendapat kesempatan untuk mengunjungi Rumah Sraddha Semesta yang terletak di Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Rumah Sraddha Semesta merupakan kantor pusat dari PT Cinta Paras Semesta (CPS) yang dimiliki oleh Cinta Laura.

Selama kunjungan, tim Girls Beyond diajak berkeliling untuk menjelajahi Rumah Sraddha secara menyeluruh dan diperkenalkan dengan fasilitas yang tersedia hingga berbagai informasi tentang lini bisnis yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Cinta Laura Bagikan Pesan untuk Gen Z di Go Get It! 2023

RUMAH SRADDHA MEMILIKI LIMA GEDUNG YANG MENAWARKAN BERAGAM FASILITAS SEWA

Rumah Sraddha Semesta
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Sesampai di Rumah Sraddha, tim Girls Beyond berkenalan dengan kak Ayu Yulianti sebagai Head of Communication and PR di PT Cinta Paras Semesta untuk diajak mengelilingi bangunan seluas 3 hektar ini.

Rumah Sraddha Semesta terdiri dari lima bangunan utama yang dimanfaatkan secara produktif. Setiap bangunan di sini, memiliki nama yang berasal dari bahasa Sansekerta.

Istilah "Sraddha" sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ketulusan dan keyakinan yang tak tergoyahkan. Tempat ini merupakan pusat kreatif yang menjadi ekosistem bagi perusahaan induk.

Rumah Sraddha Semesta
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Sebelum masuk ke dalam, terlihat ada delapan lini bisnis yang dikelola oleh PT Cinta Paras Semesta, yaitu Rumah Sraddha Semesta, Revolicons, Puella ID, Lucid Studio, ABSTRKT, Eighteen Coffee, dan Treasure Hit.

Mulai dari ruang rapat, kedai kopi, studio tari, studio foto, hingga ruang podcast, berikut adalah penjelasan tentang setiap ruangan di Rumah Sraddha Semesta.

EIGHTEEN COFFEE

Rumah Sraddha Semesta Eighteen coffee
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Eighteen Coffee adalah salah satu lini bisnis PT Cinta Paras Semesta yang berfokus pada bidang F&B (Food and Beverage). Saat ini, Eighteen Coffee memiliki cabang di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta.

Eighteen Coffee menawarkan beragam pilihan makanan dan minuman dengan harga rata-rata sekitar Rp30 ribuan. Menu yang disajikan meliputi berbagai jenis kopi, minuman non-kopi, serta beragam varian teh. Sementara untuk makanan, tersedia pilihan mulai dari hidangan utama, makanan ringan, hingga dessert.

Tim Girls Beyond berkesempatan untuk mencoba salah satu kopi unggulan Eighteen Coffee, yaitu Oat Baby Latte. Menariknya, menurut Kak Ayu, nama dari menu ini terinspirasi dari lagu Cinta Laura yang berjudul "Oh Baby" yang dirilis pada tahun 2008 silam.

RUANGAN SERBA GUNA “KARMA”

Rumah Sraddha Semesta Karma
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Tepat di sebelah gedung kedai kopi terdapat sebuah bangunan yang bernama "Karma". Istilah Karma memiliki makna berbuat baik dan mengharapkan semua orang yang berada di dalamnya akan menerima kebaikan.

Ruangan ini difungsikan sebagai ruang serbaguna yang seringkali digunakan oleh para pekerja dari perusahaan mitra, Treasure Hit.

DANCE STUDIO “BRAHMA”

Sumber foto: Rumah Sraddha Semesta

Selanjutnya, tim diajak untuk melihat fasilitas dance studio yang dinamakan “Brahma”, artinya “Sang Pencipta” atau makhluk tertinggi. Ruangan ini dijadikan sebagai dance studio, tempat orang-orang berekspresi dengan tarian.

Dance studio ini menawarkan ruang yang luas dan nyaman, dilengkapi dengan tiga unit pendingin udara (AC) untuk kenyamanan. 

Selain itu, tersedia juga ruang khusus untuk berganti pakaian, serta loker untuk menyimpan barang-barang pribadi. Fasilitas dispenser juga disediakan bagi kenyamanan pengguna studio.

"Di dalam studio ini, kita juga menyediakan fasilitas lengkap seperti ruang loker dan dispenser. Karena Cinta sangat peduli terhadap lingkungan, nantinya anak-anak yang menggunakan studio ini akan dibiasakan untuk membawa tumbler mereka sendiri, bukan minuman kemasan, untuk mengurangi sampah plastik," ujar Kak Ayu.

PHOTOSHOOT STUDIO “MOKHSA”

Rumah Sraddha Semesta Mokhsa
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Rumah Sraddha juga menyewakan photoshoot studio yang diberi nama “Moksha”. Dalam bahasa Sansekerta ini, Mokhsa diartikan sebagai pembebasan dari kematian dan kelahiran kembali menjadi abadi.

Studio Moksha tidak hanya menyediakan ruang untuk pemotretan, tetapi juga dilengkapi dengan ruang makeup untuk persiapan, serta fasilitas steamer pakaian.  Hal ini menunjukkan bahwa photoshoot studio ini memperhatikan secara detail kebutuhan penyewanya.

Kak Ayu juga menambahkan bahwa dengan fasilitas yang tersedia, sepadan dengan harga yang bersaing.

“Dengan harga yang bersaing, aku sih berharap tempat ini (studio photoshoot) worth it bagi penyewa”

Beberapa artis juga seringkali photoshoot di sini, seperti Ada Band, Melany, Melly Goeslaw, dan lain-lain. 

RUANG PODCAST “ATMAN” 

Rumah Sraddha Semesta Atman
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Salah satu ruangan yang produktif digunakan Cinta Laura adalah ruangan podcast-nya yang diberi nama “Atman” yang memiliki arti batin atau jiwa seseorang.

Ruang Atman merupakan tempat di mana orang-orang merasa aman untuk berekspresi, berdiskusi, hingga berbagi cerita. 

Di dalam ruangan ini terdapat dua set, di mana satu set-nya digunakan secara khusus untuk merekam podcast "Bicara Cinta", kanal milik Cinta Laura. 

Sementara set yang lainnya disediakan untuk disewakan kepada pihak yang tertarik, dengan fasilitas sewa yang dapat digunakan selama empat jam/sewa.

RUANGAN VIP “SAMSARA”

Rumah Sraddha Semesta Samsara
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Ruangan berikutnya dinamakan “Samsara” yang artinya adalah siklus kematian dan kelahiran kembali (reinkarnasi) yang dijadikan sebagai ruangan VIP. 

Samsara menyuguhkan suasana seperti ruang tamu, lengkap dengan sofa, televisi, kulkas, dan kamar mandi di dalamnya. Ruangan ini juga terhubung dengan ruangan VIP lainnya yang dilengkapi dengan tempat tidur yang nyaman.

Biasanya, Samsara digunakan saat ada acara-acara resmi di Rumah Sraddha, beberapa tamu yang hadir biasanya ditempatkan di sini sebagai ruang tunggu atau bersantai.

Kak Ayu juga menambahkan ruangan Samsara bisa dijadikan sebagai ruangan pengantin, yang memang sedang direncanakan, Rumah Sraddha sebagai tempat sewa venue pernikahan karena ambience dan fasilitasnya yang sangat memadai.

Baca juga: 10 Rekomendasi WFC di Jakarta yang Cozy & Fasilitas Lengkap!

RUANGAN KANTOR YANG NYAMAN 

Rumah Sraddha Semesta ruangan kantor
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Sebagai kantor pusat PT Cinta Paras Semesta, tentu Cinta Laura menginginkan ruangan kantor yang nyaman, bersih, dan pastinya terawat.

Menurut kak Ayu, kantor mereka memiliki konsep interior yang serupa dengan kantor Google. Hal ini bisa dilihat dari dominasi warna-warni di setiap sudut ruangan.  

Tim Girls Beyond diberi kesempatan untuk menilik setiap ruangan kerja, termasuk ruang kantor Cinta Laura sendiri.

Rumah Sraddha Semesta
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Di setiap sudut ruangan, terdapat gambar-gambar yang sarat makna. Misalnya, saat melewati tangga, tampak majalah dengan cover Cinta Laura dari awal karirnya hingga saat ini. 

Rumah Sraddha Semesta kantor cinta laura
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Sementara, di depan ruang kantor Cinta Laura, kita disambut dengan gambar singa, yang melambangkan zodiak Cinta Laura, yaitu Leo. Ruangan tersebut dilengkapi dengan sofa, televisi, dan kursi kerja khusus Cinta Laura yang sangat nyaman. 

Sebagai seorang artis yang berbakat, Cinta Laura juga memajang berbagai piala dan piagam yang pernah diraihnya. Terdapat pula ruangan khusus untuk berganti pakaian, di mana beberapa baju dancer Cinta Laura tersusun rapi di sana. 

Kak Ayu juga menyebutkan bahwa Cinta Laura tidak menggunakan barang-barang yang terlalu banyak. Menurutnya, Cinta menerapkan konsep sustainable.

Baca juga: 5 Spot Ngabuburit di Jakarta yang Harus Didatangi Selama Ramadan

RUMAH SRADDHA DAPAT DIJADIKAN TEMPAT MULTIFUNGSI, SALAH SATUNYA UNTUK PROGRAM “ACT OF LOVE”

Rumah Sraddha Semesta
Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane

Melalui berbagai ruangan yang telah disebutkan, Rumah Sraddha menjadi sebuah tempat yang multifungsi, terutama untuk kreativitas anak muda dalam berbagai bidang seperti dance, podcast, photoshoot, dan lain-lain.

Di antara kelima bangunan tersebut, terdapat taman hijau yang dikelilingi oleh pepohonan, memberikan suasana yang segar dan nyaman di Rumah Sraddha. Bahkan di siang hari, keberadaan taman ini memberikan kesejukan, menjadikannya tempat yang cocok untuk berbagai acara, baik yang bersifat informal, semi-formal, maupun formal.

Rumah Sraddha Semesta act of love
Sumber foto: Rumah Sraddha Semesta

Rumah Sraddha Semesta juga pernah menjadi tuan rumah bagi berbagai acara, termasuk gerakan sosial "Act of Love" yang dimotori oleh Cinta, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, guna menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

"Act of Love" memiliki lima program utama, yaitu infrastruktur pendidikan, beasiswa, pendanaan bagi guru, kesehatan, dan kelas kepemimpinan. 

Salah satu contohnya, pada bulan Mei 2023 lalu, dalam kerjasama dengan Kitabisa.com, "Act of Love" berhasil menggalang dana sebesar 45 juta rupiah yang kemudian didedikasikan untuk mendukung inisiatif pendidikan di Indonesia.

Menurut kak Ayu, Rumah Sraddha Semesta juga memiliki rencana di masa yang akan datang yang masih didiskusikan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi terbaru, jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram resmi mereka di @rumah_sraddha.

Selain melakukan sewa fasilitas yang tersedia, kamu juga dapat menemukan informasi tentang program dan acara yang merupakan bagian dari "Act of Love" yang mungkin akan diumumkan di sana!

Baca juga: Digital Nomad Adalah: Kelebihan, Kekurangannya, serta Cara Mendalaminya!

Ingin punya banyak koneksi? Yuk, gabung komunitas Girls Beyond Circle, banyak event seru dan informasi menarik seputar Gen Z, lho. Klik di sini untuk join!

Sumber foto: Girls Beyond/Caroline Siane