gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Gak Bikin Capek! Ini 3 Pilihan Workout Saat Puasa dan Waktu yang Tepat

Written by Adila Putri Anisya

Workout saat puasa bukanlah suatu hal yang buruk asalkan dilakukan dengan benar dan pada waktu yang tepat. 

Walaupun puasa mungkin membuat tubuh terasa lelah, namun terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat dijalankan tanpa menyebabkan kelelahan yang berlebihan. 

Berikut adalah tiga pilihan olahraga yang cocok saat puasa!

Baca juga: 5 Cara Diet di Bulan Puasa yang Tepat & Aman, yang Terakhir Sulit Dilakukan!

YOGA

workout saat puasa yoga
Sumber foto: Pexels

Jenis workout saat puasa pertama adalah yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh. 

Pada saat puasa, kamu dapat melakukan berbagai gerakan yoga ringan, seperti tree pose, downward-facing dog, cat-cow, child pose, hingga mountain pose.

Kamu hanya perlu melakukan yoga ringan ini selama 12-15 menit dalam sehari. Dengan begitu, kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan, tubuh menjadi lebih fleksibel dan seimbang.

Baca juga: 5 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Mudah Dilakukan, Yuk Coba!

NAIK TURUN TANGGA

workout saat puasa naik turun tangga
Sumber foto: Pexels

Naik turun tangga termasuk jenis olahraga di saat puasa yang aman dan mudah dilakukan. Latihan fisik ini dapat membentuk otot-otot kaki, juga memangkas lemak dalam tubuh, terutama bagian pinggul, perut, dan paha.

Dilansir dari National Library of Medicine, naik turun tangga lebih memberikan dampak yang positif daripada naik tangga saja. Melakukan 15 menit aktivitas ini, dapat membakar 65 kalori tubuh.

Baca juga: Cek Fakta Olahraga Sebelum Tidur Menurut Penelitian, Baca Sampai Habis!

PILATES

workout saat puasa pilates
Sumber foto: Pexels

Pilates merupakan jenis olahraga yang berfokus memperbaiki postur tubuh, mengurangi nyeri akibat cedera, dan meningkatkan kekuatan tubuh. Gerakan-gerakan pilates cenderung ringan sehingga cocok dilakukan saat berpuasa.

Kamu dapat melakukan gerakan pilates di rumah, atau mengikuti kelas pilates yang tersedia di pusat kebugaran. Cobalah beberapa gerakan pilates yang ramah pemula, seperti chest lift, pelvic curl, back extension, hingga single leg circles.

Baca juga: 5 Gerakan Pilates untuk Pemula dan Langkah Persiapannya, Penting Dipahami Agar Tak Cedera!

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK WORKOUT SAAT PUASA?

Ada beberapa waktu yang dapat dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa. 

Pertama, adalah 30 menit menjelang waktu berbuka. Pada saat ini, tubuh kamu telah berpuasa sepanjang hari, sehingga memiliki cukup energi untuk digunakan dalam latihan menjelang berbuka.

Selain sebelum berbuka, Hello Sehat juga menyarankan untuk olahraga 1-2 jam setelah buka puasa, atau setelah salat Tarawih pada malam hari. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa kelaparan. Waktu ini juga cocok untuk kamu yang diet, karena makanan akan lebih cepat dicerna.

Baca halaman selanjutnya.

Sumber foto: Pexels