gagal menampilkan data

Article

Syarat TOEFL CPNS 2024 dan Daftar Instansi yang Mewajibkannya!

Written by Adila Putri Anisya

Seleksi CPNS 2024 segera dibuka pada bulan Mei mendatang. Bagi kamu yang berencana melamar ke instansi pusat dengan komunikasi internasional, penting untuk memahami syarat TOEFL CPNS mulai dari sekarang.

Sertifikat kompetensi bahasa Inggris umumnya hanya dibutuhkan pada beberapa instansi dan formasi CPNS. Untuk bisa daftar di instansi tersebut, terdapat persyaratan-persyaratan TOEFL yang wajib dipenuhi untuk meningkatkan peluang diterima.

Meskipun hingga saat ini belum ada info perilisan secara resmi, namun berdasarkan dari tahun sebelumnya kemungkinan syarat TOEFL yang diwajibkan serupa, sehingga kamu bisa mempersiapkannya  mulai dari sekarang.

Untuk lebih lengkapnya, simak syarat TOEFL CPNS berikut ini.

Baca juga: 6 Perbedaan PNS Pusat dan Daerah, Mulai dari Kebijakan hingga Gajinya!

SYARAT TOEFL CPNS 2024

Setiap instansi dan formasi CPNS menetapkan syarat TOEFL yang berbeda-beda, biasanya berdasarkan kriteria dan skor tertentu sebagai standar minimum yang harus dicapai.
Adapun beberapa syarat TOEFL untuk CPNS yang harus dipenuhi oleh pelamar, yaitu:

JENIS TOEFL

Saat mendaftar instansi atau formasi CPNS tertentu, biasanya mereka mensyaratkan tiga jenis TOEFL yang harus dipersiapkan pelamar, antara lain:

  • TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah versi tes TOEFL yang dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas dan pensil. Tes ini terdiri dari tiga bagian utama: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension dengan range skor 217 sampai 677.

  • TOEFL CBT (Computer Based Test)

TOEFL CBT adalah versi tes TOEFL yang dilakukan melalui komputer. Tes ini mencakup empat bagian: Listening, Structure and Written Expression, Reading, dan Writing dengan range skor 0 sampai 300.

  • TOEFL iBT (Internet Based Test) 

TOEFL iBT adalah versi tes TOEFL yang dilakukan secara online melalui internet. Tes ini terdiri dari empat bagian: Reading, Listening, Speaking, dan Writing dengan range skor berkisar antara 0 hingga 120. 

SKOR MINIMUM

Setiap instansi dan formasi menetapkan syarat TOEFL CPNS dengan skor minimum TOEFL yang harus dicapai oleh calon pelamar. Skor minimum ini bisa bervariasi, mulai dari 400 hingga 550 untuk skala TOEFL PBT (Paper-Based Test) dan 30  hingga 80 untuk skala TOEFL iBT (Internet Based Test).

TANGGAL BERLAKU

Syarat CPNS TOEFL hanya berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pengumuman hasil tes. Artinya, jika kamu telah lulus tes TOEFL sejak dua tahun terakhir, skor tersebut masih dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan CPNS 2024. 

Namun, jika tes TOEFL kamu telah dilakukan lebih dari dua tahun yang lalu, diperlukan mengikuti tes ulang untuk memperoleh skor baru yang sesuai dengan persyaratan terkini.

Baca juga: Info Terbaru Single Salary PNS 2024, Gaji Capai Rp11,9 Juta!

DAFTAR INSTANSI YANG MEWAJIBKAN SERTIFIKAT TOEFL 

Setelah mengetahui syarat TOEFL CPNS di atas. Berikut beberapa instansi di Indonesia yang seringkali memerlukan sertifikat TOEFL sebagai salah satu syarat pendaftaran CPNS:

  1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM): TOEFL minimal 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based Test (CBT), dan 45 pada Internet Based Test (iBT).
  2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR): TOEFL ITP: minimal 450 dan TOEFL iBT minimal 53. 
  3. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo): TOEFL iBT minimal 32, TOEFL ITP/PBT minimal 400, dan TOEFL CBT minimal 97.
  4. Kementerian BUMN: TOEFL minimal 400.
  5. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: TOEFL minimal 400.
  6. Kementerian Luar Negeri: TOEFL minimal 550.
  7. Arsip Nasional Republik Indonesia: TOEFL minimal 450.
  8. Badan Koordinasi Penanaman Modal: TOEFL minimal 450.
  9. Badan Kepegawaian Negara: TOEFL minimal 450.
  10. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: TOEFL minimal 450.
  11. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: TOEFL minimal 400.
  12. Kejaksaan Republik Indonesia: TOEFL minimal 450-500.
  13. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: TOEFL minimal 400.
  14. Kementerian Perindustrian: TOEFL minimal 475 - 500.

Catatan: 

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua formasi di instansi-instansi yang disebutkan di atas mensyaratkan sertifikat TOEFL. Hanya beberapa formasi tertentu yang mengharuskannya. 

Meskipun demikian, kebanyakan formasi di instansi tersebut memang memerlukan sertifikat TOEFL. Oleh karena itu, sebaiknya dipersiapkan dari sekarang, termasuk syarat TOEFL CPNS yang telah dijelaskan.

Tes TOEFL menjadi salah satu syarat penting dalam seleksi CPNS 2024. Calon pendaftar CPNS diharapkan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan dapat berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris.

Dengan memenuhi syarat TOEFL CPNS 2024, kamu akan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam seleksi CPNS dan mengawali karier yang cemerlang.

Jangan lewatkan informasi tentang seleksi CPNS 2024 lainnya dengan join komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Apa Perbedaan PNS dan PPPK? Proses Seleksi, Masa Kerja, hingga Jenjang Karier!

Sumber foto:

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond