gagal menampilkan data

Article

11 Comfort Food Indonesia yang Cocok untuk Tingkatkan Suasana Hati!

Written by Adila Putri Anisya

Pada saat-saat suasana hati kita sedang tidak baik, terkadang yang kita butuhkan hanyalah makanan. Di Indonesia, terdapat berbagai macam hidangan yang bisa menjadi comfort food atau makanan yang dapat menenangkan. Kalau kamu ingin menyantap comfort food Indonesia, Girls Beyond akan merekomendasikannya untuk kamu!

Menurut National Library of Medicine makanan yang enak dapat menimbulkan kesenangan dan penghargaan. Di sisi lain, makanan enak juga dapat menimbulkan kecanduan, sehingga jika comfort food yang kamu konsumsi adalah makanan yang kurang baik untuk kesehatan, sebaiknya dilakukan di waktu-waktu tertentu saja.

Tanpa berlama lagi, berikut adalah 11 rekomendasi comfort food enak khas Indonesia yang harus kamu coba!

Baca juga: 10 Makanan Penghilang Stress, Bisa Tingkatkan Mood Kamu!

LAKSA

comfort food indonesia laksa
Sumber foto: Detikfood

Laksa merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Tangerang sejak berabad-abad lalu. Makanan ini terdiri dari mi tepung beras putih yang disiram oleh kuah kental dengan rempah-rempah yang kaya, memberikan kelezatan yang istimewa, terutama saat disajikan dalam keadaan hangat. 

Laksa juga kerap disajikan dengan beragam varian topping, seperti ayam, udang, atau ikan. Beberapa orang juga menambahkan jeruk nipis dan sambal untuk meningkatkan cita rasanya. Gabungan rasa pedas, gurih, asam, dan manis dalam satu mangkuk memberikan sensasi yang memuaskan dan memicu kenikmatan luar biasa.

Comfort food indonesia ini sangat cocok disantap ketika sedang hujan, saat merasa lelah, atau dalam situasi stres karena dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan saat dinikmati.

SOP IGA/BUNTUT

comfort food indonesia sop iga
Sumber foto: Detikfood

Jika kamu lebih suka kuah sop bening, maka sop iga merupakan salah satu comfort food Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini sangat tepat untuk dinikmati saat hujan turun, bisa juga dijadikan comfort food saat sakit.

Selain menyegarkan saat disantap dalam keadaan hangat, sop iga juga kaya akan gizi. Terlebih lagi, potongan daging iga yang lembut dan empuk direbus dalam kuah yang kaya rasa menciptakan perpaduan yang menghangatkan dan memuaskan bagi lidah.

Aroma harum rempah-rempah yang tercium dari kuahnya bisa membangkitkan kenangan dan memberikan rasa kenyamanan. Jika ibu kamu sering memasak sop iga yang lezat, dijamin rasanya seperti ingin cepat pulang ke rumah!

AYAM GORENG SERUNDENG

comfort food indonesia ayam goreng serundeng
Sumber foto: Detikfood

Ayam goreng serundeng menjadi olahan ayam goreng yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Ini karena taburan serundeng yang bikin menggugah selera makan, apalagi jika dicocol dengan sambal bawang/sambal ijo dan nasi hangat.

Karena kelezatannya yang khas, ayam goreng serundeng sangat cocok disantap dalam berbagai suasana, baik itu di waktu santai bersama keluarga, saat berkumpul dengan teman-teman, atau bahkan sebagai penghibur ketika sedang merasa stres atau lelah. 

Jika kamu berniat untuk memasaknya sendiri, pastikan agar serundeng tidak terlalu gosong saat dimasak bersamaan dengan ayam. Lebih baik untuk menggoreng serundeng secara terpisah dari ayam agar warnanya tetap sempurna dan kelezatannya terjaga.

BAKWAN

comfort food indonesia bakwan
Sumber foto: Detikfood

Bagi pecinta gorengan, comfort food Indonesia seperti bakwan bisa menjadi makanan yang tepat. Bakwan umumnya dapat dibuat dari berbagai bahan. Jika ingin menyantap bakwan sehat, kamu dapat membuat bakwan sayur tanpa tepung. Namun jika tidak masalah, kamu bisa menyajikan bakwan tepung dengan memasukan kol, wortel, atau jagung.

Potongan-potongan sayur yang dicampur dengan adonan tepung terigu dan bumbu-bumbu, kemudian digoreng hingga kecoklatan, menciptakan kombinasi rasa yang menggugah selera. Apalagi jika teksturnya renyah menambah kelezatan saat disantap.

Bagi yang menyukai sensasi pedas, bakwan dapat disajikan dengan tambahan saus sambal, saus kacang, atau bahkan irisan cabai hijau. Bakwan ini cocok dinikmati baik saat bersama-sama maupun sendiri.

SEBLAK

comfort food indonesia seblak
Sumber foto: Detikfood

Seblak kian meluas kepopulerannya karena memiliki rasa yang lezat meski dari bahan yang sederhana. Makanan khas Sunda ini, tepatnya Bandung, telah menjadi hidangan favorit bagi berbagai kalangan sebagai comfort food Indonesia.

Seblak pada dasarnya terdiri dari kerupuk, yang kemudian disajikan dengan rempah-rempah khas seperti kencur, dengan bumbu rempah lainnya. Awalnya, seblak dibuat tanpa kuah dan bahkan hanya dengan menggunakan kerupuk saja. Namun, seiring berjalannya waktu, variasi seblak semakin beragam, bahkan memiliki topping seperti telur, sayuran, sosis, dan lainnya.

Saking populernya, comfort food Bandung ini banyak dijual dengan kemasan instan, sehingga orang-orang dapat menyajikannya dengan mudah, tanpa harus repot mempersiapkan dan memotong-motong bahan makanan.

Baca juga: 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet, Turunnya Sehat!

SAMBAL MATAH

comfort food indonesia sambal matah
Sumber foto: Masak Apa Hari IniSumber foto: Masak Apa Hari Ini

Bagi para pecinta pedas, kehadiran sambal matah menjadi daya tarik yang sulit dilewatkan. Sambal asal Bali ini terkenal karena penyajiannya yang unik, di mana bahan-bahan seperti cabai rawit, bawang putih, sereh, dan daun jeruk disajikan tanpa diulek, kemudian disiram dengan minyak panas.

Sambal matah merupakan comfort food indonesia yang dapat disajikan dengan berbagai hidangan, seperti ayam goreng, ayam geprek, bebek goreng, ikan, dan lainnya. Akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat!

Saat disajikan, kamu pasti akan mencium aroma melekat dari bawang merah, jeruk nipis, dan cabai yang khas dan menggoda. Tentu ini dapat memberikan kebahagiaan hingga meningkatkan mood di kala keadaan tidak baik-baik saja.

SATE

comfort food indonesia sate
Sumber foto: Pexels

Sate adalah comfort food Indonesia yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan dipanggang di atas bara api. Dengan tambahan bumbu kacang yang kaya rasa, sate dapat memberikan sensasi yang luar biasa dan membuat suasana hati kita meningkatkan.

Ada beragam jenis sate yang tersedia di Indonesia, yang dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Beberapa jenis sate antara lain, sate ayam, sate kambing, sate padang, sate madura, sate maranggi, hingga sate taichan.

Tak jarang, satu porsi sate saja terasa tidak cukup untuk memuaskan selera. Rasa gurih dan manis dari bumbu yang melimpah membuatnya sulit untuk berhenti dinikmati. Untuk citra rasa yang lebih nikmat, kamu dapat menyajikannya dengan tambahan perasan jeruk nipis dan taburan bawang goreng.

MIE TEK TEK

comfort food indonesia mie tek tek
Sumber foto: Koran Gala

Makanan khas pedagang kaki lima ini memang tak ada duanya untuk dinikmati saat malam hari. Mie tek tek merupakan salah satu makanan khas Jawa yang terbuat dari mie kuning, disajikan dengan kuah khas yang memiliki tekstur nyemek, artinya tidak terlalu basah maupun terlalu kering.

Berbeda dengan mie biasa, mie tek tek seringkali dihidangkan dengan tambahan seperti potongan daging ayam, udang, sayuran, telur, acar mentimun, dan bumbu-bumbu rempah khas. Beberapa orang juga menambahkan kerupuk, sambal, dan kecap manis untuk meningkatkan cita rasanya.

Comfort food Indonesia ini sering dijual oleh pedagang keliling, dan salah satu ciri khasnya adalah suara kentongan yang berbunyi “tek, tek”. Itulah alasan mengapa makanan ini disebut mie “tek tek”, yang mana memang berasal dari bunyi kentongan yang dipakai untuk menarik perhatian pembeli.

MARTABAK MANIS

comfort food indonesia martabak manis
Sumber foto: Detikfood

Kalau sebelumnya banyak makanan kuah dan pedas, kali ini kamu harus mencoba makanan manis, seperti martabak manis yang terbuat dari adonan tepung kemudian diisi dengan berbagai macam bahan, seperti coklat, keju, susu, hingga ketan hitam.

Bagi banyak orang, comfort food Indonesia ini juga seringkali menjadi pengingat akan momen-momen bahagia di masa lalu, seperti saat merayakan acara khusus bersama keluarga atau teman-teman, sehingga cocok disajikan secara beramai-ramai pada malam hari.

Rasanya yang manis, membuat martabak sangat cocok untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk akibat stres atau hanya sekedar ingin memenuhi keinginan semata.

SOTO BETAWI

comfort food indonesia soto betawi
Sumber foto: Detikfood

Soto Betawi merupakan hidangan khas Betawi yang terdiri dari potongan daging sapi, jeroan sapi, atau daging kerbau yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Sebagai comfort food Jakarta, hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan kuah santan yang kental dengan aroma rempah yang harum, seringkali merindu ketika kita tidak berada di Jakarta.

Selain itu, comfort food Indonesia ini umumnya ditambahkan topping khas, seperti kentang, tomat, bihun, dan telur rebus menjadikan soto Betawi sebagai hidangan yang kaya akan cita rasa. 

Di Jakarta, soto Betawi umumnya disajikan dengan nasi yang ditaburi dengan bawang goreng, disertai dengan sambal dan jeruk nipis untuk memberikan sentuhan segar yang menyempurnakan makanan.

NASI LIWET

comfort food indonesia nasi liwet
Sumber foto: Detikfood

Makanan tradisional Sunda seperti nasi liwet memang telah menjadi comfort food Indonesia yang tak tertandingi kenikmatannya, terutama jika disantap bersama teman makan lainnya seperti ayam, sambal, tempe, tahu, hingga ikan asin. Tidak lupa pula lalapan yang menjadi ciri khasnya, yaitu daun pohpohan, daun kemangi, timun, atau terong.

Nasi liwet terbuat dari nasi yang dimasak bersama santan, daun salam, serai, dan bumbu-bumbu rempah. Kelezatannya terletak pada cita rasa santan yang gurih dan rempah yang meresap dalam setiap butir nasi.

Jika disajikan dalam acara ramai, nasi liwet seringkali tersaji dalam sebuah daun pisang, tetapi bisa juga disajikan dalam piring untuk di makan sendiri.

Comfort food Indonesia di atas dapat dijadikan referensi ketika kamu bingung mau pilih makanan apa untuk tingkatkan suasana hati kamu, Dari makanan yang berkuah, pedas, manis hingga gurih semuanya dijamin bikin kamu nagih!

Kamu suka kulineran? Yuk, berbagai informasi menarik lainnya seputar comfort food Indonesia dengan join Girls Beyond Circle sekarang!


Baca juga: Baca juga: 9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Viral, Ada Khas Thailand hingga Vietnam!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond