gagal menampilkan data

Article

Pejuang PTN Wajib Tahu! 5 Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024

Written by Rayya Adila Sakinah

Apabila kamu gagal pada SNBT 2024? Kamu masih bisa mengikuti ujian mandiri di perguruan tinggi nasional (PTN) pilihanmu, lho! Sebagai pejuang PTN, kamu harus memiliki strategi yang matang dengan mencoba tips ujian mandiri yang tepat dari Girls Beyond.

Tips ini dapat meningkatkan rasa percaya dirimu saat menghadapi ujian mandiri nanti. Jadi, segera persiapkan dirimu dengan mengikuti tips ujian mandiri yang ampuh di bawah ini! 

Tips Memilih Ujian Mandiri 

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 - Tips Memilih Ujian Mandiri
Sumber Foto: Pexels

Jalur seleksi mandiri PTN dapat menambah peluang kamu diterima di kampus impian tanpa melalui seleksi nasional. Namun, kamu perlu memilih kampus yang tepat. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

  • Melakukan riset terhadap kampus yang menawarkan jalur mandiri, seperti informasi seputar program studi, biaya pendidikan, fasilitas, maupun jadwal pendaftarannya.
  • Perhatikan persyaratannya apa saja dalam ujian mandiri tersebut. Biasanya, setiap PTN punya syarat dan ketentuan seleksi yang berbeda-beda.
  • Kenali sistem seleksinya, agar kamu bisa mempersiapkan strategi belajar yang tepat. Beberapa PTN memiliki mekanisme yang berbeda-beda, seperti menggunakan nilai SNBT, ujian tertulis, bahkan ada yang memberikan tes tambahan seperti tes psikometri dan tes buta warna.

Sekarang, kamu sudah mengetahui tips memilih ujian mandiri yang baik dan tepat. Namun, agar kamu bisa diterima di PTN pilihanmu, ada baiknya kamu memiliki strategi yang tepat agar bisa lolos seleksi. Simak lebih lanjut tips ujian mandiri yang ampuh di bawah ini, ya!

5 Tips untuk Lolos Ujian Mandiri 

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 - Lolos Ujian Mandiri
Sumber Foto: Pexels

Ujian mandiri di setiap universitas memiliki mekanisme yang berbeda-beda karena murni dikembangkan oleh pihak perguruan tinggi masing-masing. Namun, kamu tidak perlu merasa khawatir karena ada tips ujian mandiri yang ampuh untuk diterapkan saat tes nanti. Berikut tips untuk ujian mandiri yang bisa kamu coba.

Rutin Latihan Soal, Terlebih di Pagi Hari

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 - Rutin Latihan Soal, Terlebih di Pagi Hari
Sumber Foto: Pexels

Perbanyak belajar agar kamu bisa menguasai soal-soal yang diujikan. Jika, kamu masih bingung bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien, coba tips belajar berikut ini:

  • Persiapkan dirimu dengan perbanyak mengerjakan latihan soal agar kamu terbiasa untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. Coba berbagai tipe soal agar kamu terlatih dalam menghadapi berbagai macam bentuk soal yang tak terduga di ujian mandiri nanti.
  • Hindari sistem belajar kebut semalam karena bisa bikin kamu kewalahan. Jadi, pelajari materi ujian mandiri dari jauh-jauh hari agar kamu lebih percaya diri dan tidak mengalami stress.
  • Belajar di pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena otak dalam keadaan fresh. Kurangi belajar pada malam hari agar kamu punya waktu istirahat yang cukup.

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 - Jaga Kesehatan Mental dan Fisik
Sumber Foto: Pexels
  • Kurangi begadang untuk mempertajam daya ingat dan fokus serta agar kamu bisa fit saat menjalani tes nanti.
  • Perbanyak gerak dan olahraga karena bisa memberikan energi positif dan mengurangi rasa cemas. Olahraga juga menghasilkan zat Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) yang berfungsi membentuk sel-sel baru pada otak sehingga daya serap otak semakin tinggi dalam mengolah informasi.
  • Jaga kualitas tidur, kelebihan dan kekurangan tidur ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menurunkan daya ingat. Selain itu, keduanya juga dapat mengakibat mood-swing.
  • Jaga pola makan agar kualitas otak bisa dalam keadaan yang prima serta badan menjadi lebih segar dan bugar.
  • Jangan lupa perbanyak minum air putih. Pastikan asupan 2 liter air dalam sehari bisa tercukupi. Kurang minum air putih bisa memengaruhi ke daya konsentrasi.

Perbanyak Doa 

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 - Perbanyak Doa
Sumber Foto: Pexels

Tips ujian mandiri selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah perbanyak doa kepada yang Maha Kuasa karena hasil tergantung dengan ketetapan-Nya, tapi usaha harus tetap maksimal, ya!

Jangan lupa minta doa restu ke orang tua agar segala yang kamu usahakan bisa berjalan secara lancar dan penuh berkah. 

Secara psikologis, ternyata berdoa memiliki manfaat untuk kesehatan mental kita, seperti mengurangi rasa cemas, mengurangi stress, dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Persiapkan Dokumen dan Alat Tulis yang Dibutuhkan

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2024 -  Persiapkan Dokumen dan Alat Tulis yang Dibutuhkan
Sumber Foto: Pexels

Pastikan sudah lengkap semua dokumen yang dibutuhkan untuk tes nanti dan jangan sampai ada yang tertinggal termasuk alat tulis. Apabila ada yang tertinggal, kamu bisa terancam gagal mengikuti ujian dan rasa cemas dapat melanda. 

Lakukan Survei Tempat Ujian Sebelum Hari H

Tips Ujian Mandiri Terampuh 2023 - Lakukan Survei Tempat Ujian Sebelum Hari H
Sumber Foto: Pexels

Melakukan cek lokasi sebelum hari H merupakan tips ujian mandiri yang kerap disepelekan banyak orang. Padahal, sangat penting untuk kamu bisa meminimalisir datang terlambat saat ujian dan dapat mengurangi rasa cemas juga, sehingga kamu bisa lebih percaya diri dalam menghadapi tes. 

Saat mengecek lokasi, kita jadi tahu bahwa lokasinya di daerah yang macet atau tidak dan dapat dilewati mobil atau hanya kendaraan roda dua saja. Demi kelancaran pelaksanaan saat hari H nanti, kamu bisa melakukan cek lokasi ujian paling tidak pada H-1, apalagi jika kamu merasa asing dengan lokasi ujiannya. Lebih baik lakukan tips ujian mandiri yang satu ini agar hati kamu merasa lebih tenang dan damai.

Lakukan kelima tips ujian mandiri ini agar kamu bisa lebih percaya diri dalam mengerjakan tes nanti dan good luck!

Baca juga: 7+ Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar SNBT 2024

Dapatkan banyak kisah inspiratif dan informasi penting, hanya dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle. Menarik bukan? Yuk, join!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond