gagal menampilkan data

Article

6 Pilihan Universitas Swasta Termurah di Jakarta, Kualitas Tetap Terjamin!

Written by Adila Putri Anisya

Banyak lulusan SMA yang mungkin mencari universitas swasta termurah di Jakarta. Namun, sebagian orang juga bertanya, memangnya ada?

Ketika kita mendengar sesuatu yang berlabel “swasta” mungkin banyak yang menganggapnya mahal, karena lagi-lagi sekolah swasta memang tidak mendapatkan subsidi pemerintah dalam pembangunan maupun pengelolaannya. 

Padahal, sebenarnya ada lho kampus swasta murah di Jakarta. Meski murah, namun bukan berarti fasilitas dan pembelajaran yang didapatkan murahan, ya!

Nah, jika kamu penasaran universitas dengan biaya murah di Jakarta, berikut adalah beberapa pilihannya.

Baca juga: Segini Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di 10 Universitas Swasta Terbaik Indonesia!

UNIVERSITAS BUNG KARNO

universitas swasta termurah Universitas Bung Karno
Sumber foto: Universitas Bung Karno

Universitas Bung Karno (UBK) termasuk salah satu universitas swasta termurah di Jakarta. Terletak di jalan Pegangsaan Timur, kampus ini awalnya didirikan dengan tujuan mulia untuk melaksanakan “Nation and Character Building”.

Salah satu fokus utama UBK adalah menyampaikan ajaran-ajaran dari Bung Karno sebagai mata kuliah khusus, dengan harapan lulusan dapat memiliki keterampilan yang kuat dalam hal kebangsaan, patriotisme, dan kemanusiaan.

Universitas Bung Karno memiliki lima fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial & Politik, serta Fakultas Hukum.

Biaya pendaftaran masuk kampus ini juga relatif terjangkau, sebesar Rp250. Sementara itu, biaya kuliah per semester hanya Rp5 juta, walaupun pada awal semester mungkin sedikit lebih tinggi, sekitar Rp7 jutaan.

UNIVERSITAS NASIONAL

universitas swasta termurah Universitas Nasional (UNAS)
Sumber foto: Universitas Nasional

Universitas Nasional (UNAS) merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Jakarta didirikan pada tahun 1949. Awalnya, kampus ini dibangun untuk menampung lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang enggan melanjutkan studi di Universitas Van Indonesia milik kolonial Belanda.

Pada tahun 1959, UNAS pernah dianugerahi gelar “UNIVERSITAS PERJUANGAN” oleh Presiden Indonesia, Ir. Soekarno, sebagai pengakuan atas peran pentingnya sebagai “Benteng Terdepan” dalam perjuangan rakyat Indonesia pada masa revolusi fisik perjuangan kemerdekaan.

UNAS memiliki sekitar 10 Fakultas yang mencakup berbagai disiplin ilmu, mulai dari Ekonomi & Bisnis, Bahasa & Sastra, Hukum, hingga Ilmu Kesehatan.

Bagi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di universitas swasta termurah ini, maka biaya pendaftarannya hanya sebesar Rp300 ribu. 

Namun, terdapat juga Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) yang harus dibayarkan satu kali di awal masa perkuliahan. Sementara itu, biaya kuliah per semester bervariasi, mulai dari Rp5 juta hingga Rp8 juta, tergantung dari jurusan yang dipilih.

Baca juga: Catat! Ini 10 Universitas Swasta dan Jurusan Terfavoritnya

UNIVERSITAS JAYABAYA

universitas swasta termurah Universitas Jayabaya
Sumber foto: Kelas Karyawan

Universitas Jayabaya juga termasuk universitas swasta termurah dan tertua di Indonesia karena didirikan pada tahun 1958 oleh Yayasan Jayabaya. Kampus ini memiliki Fakultas yang cukup lengkap sekitar 9 Fakultas termasuk Psikologi, Ekonomi & Bisnis, Teknik, Hukum hingga Ilmu Komunikasi.

Kampus swasta ini memiliki biaya kuliah yang cukup murah, namun memang pada awal perkuliahan calon mahasiswa harus membayar biaya lain-lain seperti Dana Kemahasiswaan dan Dana Pra Pendidikan dan Dana Kemahasiswaan.

Sementara itu untuk per semesternya mahasiswa harus membayar Rp6,5 juta. Namun, Jayabaya secara terbuka memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa berprestasi secara akademik dan non akademik atau memiliki saudara/orang tua kandung di Jayabaya.

MERCU BUANA

universitas swasta termurah Mercu Buana
Sumber foto: Mojok.co

Mercu Buana dikenal sebagai salah satu universitas murah terakreditasi A di Jakarta yang telah meraih berbagai prestasi dan masuk pada top 10 universitas swasta terbaik.

Kampus swasta ini memiliki 7 Fakultas, mulai dari Fakultas Psikologi, Teknik, Ilmu Komputer, hingga Ekonomi dan Bisnis. Namun, terdapat beberapa jurusan yang menjadi favorit calon mahasiswa, antara lain broadcasting, manajemen, dan akuntansi.

Mercu Buana memang termasuk kategori universitas swasta termurah, hanya saja pada awal masuknya calon mahasiswa harus memiliki sekitar Rp20 juta. Namun, setelah masuk ke semester 2, biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) menurun, hanya sekitar Rp1,9 juta untuk jenjang D3 dan sekitar Rp5 jutaan untuk jenjang S1.

UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

universitas swasta termurah Bina Sarana Informatika
Sumber foto: SWA

Bina Sarana Informatika (BSI) merupakan salah satu universitas swasta yang cukup terkenal, dengan keberadaan kampusnya yang tersebar di beberapa kota, termasuk Jakarta.

Kampus ini memiliki fokus utama pada bidang ekonomi kreatif, menawarkan program pendidikan tingkat D3 dan S1 dengan tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknik & Informatika, Fakultas Komunikasi & Bahasa, dan Fakultas Ekonomi & Bisnis.

BSI menawarkan lebih dari 20 pilihan program studi yang mencakup berbagai bidang, mulai dari sastra Inggris, broadcasting, perhotelan, hingga teknik industri.

Biaya kuliah di BSI sangat murah dan bervariasi, tergantung pada jurusan, golongan, dan kelasnya (pagi/malam), namun rata-rata, biaya kuliah berkisar di sini berada di angka Rp4 juta.

Bagi calon mahasiswa yang berencana untuk mendaftar di universitas swasta termurah ini, biaya pendaftaran juga sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp250 ribu saja.

UNIVERSITAS DIAN NUSANTARA 

universitas swasta termurah Universitas Dian Nusantara
Sumber foto: Universitas Dian Nusantara

Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) merupakan universitas swasta termurah di Jakarta. Meskipun biayanya terjangkau, namun kualitas pembelajaran, tenaga pengajar, dan fasilitas yang disediakan tidak kalah dengan perguruan tinggi swasta lainnya.

UNDIRA didukung oleh Yayasan Dian Asra yang telah mendapatkan akreditasi “BAIK” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Universitas ini menawarkan sekitar 8 program studi, antara lain Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Sastra Inggris, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

Untuk biaya pendaftaran di UNDIRA, calon mahasiswa hanya perlu menyiapkan Rp200 ribu. Selain itu, terdapat uang pangkal sebesar Rp2,5 juta yang dapat dibayar secara dicicil, serta uang kemahasiswaan sebesar Rp500 ribu.

Adapun Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) Pokok hanya sebesar Rp500 ribu per semester, dan biaya per-SKS dimulai dari Rp200 ribu. Dengan demikian, perkiraan biaya per semester untuk mengambil 21 SKS adalah sekitar Rp4,2 juta saja.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di universitas swasta termurah di Jakarta, itu dia beberapa universitas yang bisa kamu daftarkan. Pastikan untuk mengecek informasi terbarunya melalui laman website masing-masing. Semoga membantu!

Mau tahu lebih banyak soal universitas swasta termurah di Indonesia? Join Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Top 7 Kampus Swasta Termahal di Indonesia 2024, Ada yang Capai 171 Juta!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

racheltj

0/2200

girl-thinking

Yuk, Jadi yang Pertama Berkomentar!

Bagikan pendapatmu!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond