gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Perjalanan Karier Byeon Woo Seok, Berawal dari Modeling dan Ditolak Casting 100 Kali!

Written by Adila Putri Anisya

Sebelum berperan di Lovely Runner, ternyata karier Byeon Woo Seok sudah sangat panjang, lho. Bahkan sebelum debutnya di dunia akting, ia pernah menjadi seorang model!

Seperti yang diketahui, Byeon Woo Seok kini merupakan aktor Korea Selatan yang tengah naik daun, terutama berkat perannya sebagai Sun Jae di Lovely Runner

Selain memiliki bakat akting yang luar biasa, ia juga dikenal karena postur tubuhnya yang tinggi, wajah tampan, dan suara yang indah, terbukti dari kontribusinya dalam soundtrack viral berjudul Sudden Shower.

Kabar lainnya, Byeon Woo Seok juga akan segera mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat untuk mengadakan fanmeeting bertajuk ‘Summer Letter’ yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2024 mendatang. 

Kalau kamu penggemar Byeon Woo Seok dan ingin tahu perjalanan kariernya dari awal hingga sukses sampai saat ini, yuk baca artikel ini sampai habis!

Baca juga: 5+ Drakor Time Travel Terbaik, Serupa dengan Lovely Runner

Memulai Karier sebagai Model di YG KPLUS Tahun 2014

Karier Byeon Woo Seok modeling
Sumber foto: Instagram.com/byeonwooseok

Fakta mengejutkan bahwa ternyata Byeon Woo Seok memulai kariernya sebagai seorang model. Ia memasuki dunia modeling di bawah naungan YG KPLUS pada tahun 2014.

Dalam sebuah wawancara dengan The Korean Times, Woo Seok pernah mengungkapkan bahwa keluarganya awalnya menentang keputusannya untuk terjun ke dunia modeling. “Orangtuaku tidak senang dengan keputusanku menekuni dunia modeling,” ujarnya.

Namun, paradoksnya, karier Byeon Woo Seok menjadi model justru menjadi batu loncatan untuk memasuki dunia akting yang lebih luas. Dilansir dari Allkpop, terungkap bahwa Byeon Woo Seok menarik perhatian Hong Suk Chun, yang mendorongnya untuk berakting.

Pada kanal YouTube milik Hong Suk Chun yang diunggah pada 16 April 2024, ia menyatakan, “Sejak Woo Seok menjadi model, saya memperhatikan wajahnya yang seperti aktor dan mendorongnya untuk menekuni dunia akting. Saya terus mendorongnya untuk belajar akting, tanpa mengetahui kapan peluang itu akan muncul,” kata Hong Suk Chun.

Pernah Mengikuti Audisi Akting dan Ditolak 100 Kali

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: Soompi

Masih dalam percakapan di kanal YouTube Hong Suk Chun, Byeon Woo Seok membagikan kisah perjuangannya untuk menjadi seorang aktor.

Dalam perbincangan tersebut, ia mengungkapkan bahwa perjalanan karier Byeon Woo Seok tidaklah mudah. Ia mengakui bahwa ia telah ditolak dalam audisi casting hingga sekitar 100 kali.

“Saya pikir saya tereliminasi sekitar 100 kali, saya terus tersingkir. Saya bahkan bertanya-tanya, ‘apakah ini benar untuk terus tersingkir?’ karena saya terus mengalami kegagalan,” kata Byeon Woo Seok.

Tidak hanya itu, ia juga pernah mendapatkan kata-kata yang tidak mengenakan, bahkan ada yang mengatakan bahwa aktingnya tidak akan pernah berkembang bahkan setelah beberapa tahun. Namun, kegigihan Woo Seok tidak pernah pudar. Sebaliknya, ia justru berkembang setelah menerima kritik tersebut. 

“Tapi sungguh, ada yang mengatakan bahwa saya tidak akan berhasil dalam empat atau lima tahun, tapi aktingku mulai meningkat setelah itu,” ujarnya.

Baca juga: 6 Drama Korea On Going dengan Rating Tertinggi Bulan Mei 2024, Yuk Tonton! 

Berteman dengan Nam Joo Hyuk dan Jang Ki Yong Sejak Jadi Model

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: Kpop Chart

Bernaung di bawah YG KPLUS, tak heran jika Byeon Woo Seok menjalin pertemanan dengan dua aktor populer, yaitu Nam Joo Hyuk dan Jang Ki Yong, di mana keduanya juga merupakan mantan model di YG KPLUS dan telah lama debut sebagai aktor.

Seorang netizen bahkan menemukan potret Byeon Woo Seok, Nam Joo Hyuk, dan Jang Ki Yong saat bersama-sama menjadi model pada tahun 2014, ketika mereka bertiga masih aktif sebagai model di YG KPLUS.

Byeon Woo Seok dan Nam Joo Hyuk juga pernah berkolaborasi dalam satu drama, yakni Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo, di mana pada saat itu Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung memerankan peran utama. 

Menariknya, Lee Sung Kyung juga merupakan mantan model YG KPLUS, yang berarti ketiganya dipertemukan kembali dalam dunia drama.

Tampil Menjadi Model di Music Video Lena Park ft Verbal Jint Berjudul “Sweet” Tahun 2014

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: Youtube.com/1theK

Sambil menjalani kariernya sebagai model fashion dan catwalk, Byeon Woo Seok juga pernah terlibat dalam pembuatan video musik (MV) untuk lagu Sweet oleh Lena Park ft. Verbal Jint.

Dalam MV tersebut ia menjadi model dan beradu akting dengan seorang perempuan. Meski aktingnya tidak intens dalam MV tersebut, namun Byeon Woo Seok telah menunjukan bahwa ia memiliki bakat akting. 

Debut Akting di Drama ‘Dear My Friends’ (2016)

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: Instagram.com/byeonwooseok

Setelah penantian panjang dan beberapa kali penolakan, akhirnya Byeon Woo Seok mendapatkan peran pertamanya melalui drama Dear My Friends di tahun 2016. 

Dalam drama ini, Woo Seok menjadi cameo dengan karakter bernama Son Jong Sik. Meskipun perannya hanya sekilas, namun kehadirannya dalam drama ini berhasil memberinya debut akting yang membanggakan.

‘Dear My Friends’ merupakan drama Korea yang mengisahkan kehidupan realistis dari sekelompok orang tua dan anak muda yang saling berbagi kisah hidup mereka.

Setelah kesuksesan ini, karier Byeon Woo Seok kian meroket, ia mulai menerima banyak tawaran peran kecil, beberapa list drama Byeon Woo Seok yang terkenal, Moon Lovers, Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo, Welcome to Waikiki 2, Search WWW, hingga Record of Youth. 

Mulai Dikenal dari Drama ‘Record of Youth’ yang Bermain Peran dengan Park Bo Gum

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: IMDb

Menurut laman The Korean Times, Byeon Woo Seok mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa karakter Park Bo Gum di drama Record of Youth sangat mencerminkan dirinya. 

Setelah membaca naskahnya, Byeon  Woo Seok merasa lebih terhubung dengan karakter Hye Jun (yang diperankan oleh Park Bo Gum) karena latar belakangnya yang mirip dengan dirinya sendiri.

Dalam drama tersebut, karakter Hye Jun digambarkan sebagai seorang aktor yang tidak terkenal dan mengalami perjalanan dari bawah hingga mencapai popularitas. Liku-liku dinamika keluarganya yang tidak mendukung sepenuhnya, membuat Byeon Woo Seok teringat akan pengalaman pribadinya.

Di sisi lain, ia juga memahami semangat dan tekad yang sama untuk meraih kesuksesan, meskipun terkadang dihadapi dengan campur tangan dari ibunya.

Baca juga: Mirip Queen Of Tears, Ini 4 Drakor Terbaru 2024 yang Vibes-Nya Serupa!

Byeon Woo Seok Mendapatkan Popularitas Luar Biasa saat Menjadi Pemeran Utama di Film 20th Century Girl (2022)

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: Netflix

Pada tahun 2022, karier Byeon Woo Seok akhirnya melonjak, untuk pertama kalinya Byeon Woo Seok memainkan peran utama dalam film berjudul 20th Century Girl, di mana ia beradu akting dengan Kim Yoo Jung. 

Selain akting dan kemistrinya bersama Kim Yoo Jung, film ini juga menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen karena alur ceritanya yang hangat, romantis, namun berakhir tragis.

Drama ini mengambil latar belakang tahun 90-an, di mana Byeon Woo Seok berperan sebagai Poong Woon Ho, yang menjalin hubungan baik dengan seorang perempuan ceria bernama Bo Ra.

Ketika keduanya mulai menunjukkan saling cinta, Woon Ho harus pergi ke luar negeri, yang membuat mereka kehilangan kontak.

Kesuksesan film 20th Century Girl membuat Byeon Woo Seok justru kaget. Saat wawancara, ia mengaku takjub melihat angka followers Instagramnya yang kian meningkat.

“Karena film ini, pengikut Instagramku naik lebih dari 400 ribu. Kadang-kadang, saya bahkan memeriksa jumlah pengikutku satu jam sekali [karena naiknya begitu cepat]. Aku merasa sangat termotivasi oleh kenyataan bahwa begitu banyak orang yang mendukungku,” ujarnya, dilansir dari Soompi 30 Oktober 2022.

Drama Korea Lovely Runner Viral di Korea dan Internasional, Awalnya Ditentang!

Karier Byeon Woo Seok
Sumber foto: tvN

Karier Byeon Woo Seok 2024 ini semakin dikenal. ‘Lovely Runner’ menjadi drama pertama Byeon Woo Seok sebagai pemeran utama bersama Kim Hye Yoon. 

Sebelum produksi dimulai, ternyata ‘Lovely Runner’ membutuhkan persiapan selama 3 tahun dan hampir gagal. 

Menurut laporan media, hal ini disebabkan banyaknya penolakan peran serta boikot dari Knetz karena mengingatkan pada almarhum Jonghyun SHINee yang meninggal akibat bunuh diri. 

Selain itu, perubahan sutradara juga mempengaruhi proses pembuatan drama ini, bahkan sebelumnya, tidak ada proses reading dan promosi yang besar-besaran untuk drama ini.

Meskipun menghadapi banyak hambatan, Lovely Runner ternyata sukses dan mendapatkan banyak penggemar di kalangan pecinta drama. 

Soundtrack yang dinyanyikan oleh Byeon Woo Seok, berjudul Sudden Shower, bahkan menjadi hits dan viral di media sosial.

Keberhasilan drama ini membawa Byeon Woo Seok menjadi idola baru di kalangan pecinta hiburan Korea. Tak heran, fanmeeting-nya di Indonesia pun akan sangat dinantikan oleh para penggemar.

Itu dia berbagai fakta perjalanan karier Byeon Woo Seok dari mulai menjajaki dunia modeling hingga menjadi aktor populer. Semoga informasi ini membantu, ya!

Mau tau fakta tentang artis Korea lainnya? Jangan lupa untuk bergabung ke Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Korea di Netflix Paling Recommended, Dari Aksi hingga Melodrama!

Sumber foto: Instagram.com/byeonwooseok