gagal menampilkan data

Article

5 Bahasa Cinta dengan Rekan Kerja, Optimalkan Hubungan! Ini Penjelasannya

Written by Rayya Adila Sakinah

Ternyata,  penerapan 5 bahasa cinta yang diajarkan oleh Dr. Gary Chapman lewat bukunya The Five Love Languages, dapat menjadi cara yang ampuh untuk memperkuat hubungan profesional yang harmonis dengan rekan kerja, lho! Selain itu, dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Keajaiban 5 bahasa cinta adalah dapat membangun atmosfer kerja yang lebih nyaman dalam menghadapi tekanan kerja dan merupakan kunci keberhasilan tim. 

Lingkungan kerja yang sehat dan nyaman akan membuat performa kerja semakin meningkat. Jadi, mulai sekarang kenali bahasa cinta rekan kerjamu di bawah ini.

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta
Sumber Foto: Pexels

Dalam dunia professional, kita perlu membangun dan mempertahankan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. 

Menggunakan konsep 5 Bahasa Cinta yang diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman, meliputi words of affirmation, quality time, receiving gifts, acts of service, dan physical touch, dapat menjadi cara yang efektif dalam membangun hubungan profesional yang suportif. Berikut adalah cara-cara mengoptimalkan hubungan dengan rekan kerja melalui 5 jenis bahasa cinta.

Words of Affirmation

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta - Words of Affirmation
Sumber Foto: Pexels

Apabila kamu menerapkan salah satu 5 bahasa cinta ini, rekan kerja akan merasa lebih dihargai dan diakui keberadaannya. Selain itu, mendengarkan kata-kata penyemangat atau pujian dapat memperbaiki mood dan meningkatkan performa kerja mereka. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Seringkali kita lupa mengucapkan magic words seperti ‘terima kasih’. Hal ini perlu kita ucapkan ketika mendapatkan bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh rekan kerja, untuk menghargai usaha dan kerjasama darinya. Contohnya, “Terima kasih sudah mau membantu menyelesaikan tugas ini.”
  • Berikan pujian yang tulus atas usaha atau prestasi yang telah mereka capai, seperti, “Keren banget presentasimu tadi, selamat ya!” 
  • Hibur dengan kata-kata penyemangat, berikan dukungan dan kata-kata positif yang membangkitkan semangat, misalnya, “Aku yakin kamu bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semangat, ya!”

Quality Time

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta -Quality Time
Sumber Foto: Pexels

Luangkan waktumu sejenak untuk menghabiskan waktu bersama rekan kerja atau tim. Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghargai kebersamaan dan kolaborasi tim. Beberapa ide untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan rekan kerja, seperti:

  • Rutin lakukan brainstorming atau diskusi bersama mengenai proyek atau campaign yang sedang dihadapi. Aktivitas ini tidak hanya memperkuat chemistry dengan rekan kerja saja, tapi juga meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  • Luangkan waktu untuk makan siang atau hangout bersama dengan percakapan yang santai tentang hal-hal di luar pekerjaan. Hal tersebut dapat membantu membangun hubungan dengan rekan kerja yang harmonis.
  • Ikuti kegiatan tim seperti outbond, workshop maupun gathering. Hal tersebut seru untuk dilakukan dan memperkuat kerja sama tim.

Receiving Gifts

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta -Receiving Gifts
Sumber Foto: Pexels

Salah satu 5 bahasa cinta yang ampuh dalam meningkatkan hubungan profesional adalah memberikan hadiah, tak perlu yang mahal tapi berikan dengan keikhlasan, karena hal tersebut menunjukkan bahwa kamu menghargai kontribusi atau kinerja mereka. Berikut beberapa ide hadiah menarik yang bisa kamu terapkan, seperti:

  • Berikan hadiah yang personal, bermakna dan berguna, seperti novel favorit atau barang-barang berkaitan dengan hobi mereka.
  • Bawakan makanan ringan atau minuman favorit mereka. Hadiah kecil ini bisa membuat mood mereka menjadi lebih baik dan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan mereka.
  • Jika memungkinkan, usulkan penghargaan formal seperti “karyawan terbaik bulan ini” atau sertifikat penghargaan lainnya untuk mengakui prestasi mereka dan mengapresiasi kerja kerasnya.

Acts of Service

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta - Acts of Service
Sumber Foto: Pexels

Kepekaan dan inisiatif yang tinggi bisa menjadi poin plus untuk kita di mata rekan kerja maupun atasan. Melakukan sesuatu yang membantu rekan kerja adalah cara yang ampuh untuk membangun hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. Beberapa acts of service yang bisa kamu terapkan:

  • Tawarkan bantuan sebelum diminta, misalnya mengambil alih tugas ketika mereka sedang cuti atau sakit. Hal ini dapat menunjukkan rasa empati dan kepedulian sebagai rekan kerja sehingga hubungan profesional bisa semakin harmonis.
  • Bantu rekan kerja dalam menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan bantuan atau ketika mereka sedang kewalahan. Misalnya, membantu rekan kerja dalam menyelesaikan laporan. Namun, kamu harus menyadari batas dalam membantu seseorang supaya kedepannya tidak dimanfaatkan oleh rekan kerja.
  • Bagikan informasi atau mengajarkan ilmu baru yang dapat membantu rekan kerja dalam menyelesaikan tugas mereka. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dan mendukung mereka untuk sukses.

Physical Touch

Mengoptimalkan Hubungan Profesional dengan 5 Bahasa Cinta - Physical Touch
Sumber Foto: Pexels

Sentuhan fisik adalah salah satu dari 5 bahasa cinta yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan disesuaikan dengan budaya setempat. Selain itu, tergantung pada kenyamanan masing-masing individu. Beberapa sentuhan fisik yang umum dilakukan, seperti:

  • Jabat tangan saat bertemu atau setelah menyelesaikan sebuah kesepakatan. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme.
  • Tepukan ringan di pundak untuk memberikan semangat, dukungan maupun ucapan selamat dapat memperkuat ikatan dengan rekan kerja dan memberikan rasa nyaman pada mereka.
  • High five setelah berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai sebuah target bersama bisa memberikan rasa semangat tim dan meningkatkan mood juga. 

Berikut 5 bahasa cinta yang bisa kamu terapkan untuk memperkuat hubungan profesional yang harmonis dengan rekan kerja. Selamat mencoba!

Baca juga: Kenali 10 Ciri-ciri Manipulatif pada Rekan Kerja dan Tips Menghadapinya

Ingin tips karier lainnya? Yuk, segera gabung ke komunitas Girls Beyond Circle, karena banyak kisah inspiratif, informasi penting, dan networking baru yang akan kamu temukan disana!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond