gagal menampilkan data

Article

8 Tips Recharge Energi Introvert yang Sibuk Bekerja dengan Banyak Orang

Written by Adila Putri Anisya

Bagi introvert, bekerja dan bertemu dengan banyak orang dapat sangat melelahkan, seolah energi mereka “terkuras” saat melakukannya. Oleh karena itu, recharge energi introvert penting dilakukan guna memulihkan diri dari kelelahan sosial.

Dilansir dari detikHealth, menurut psikolog klinis Veronica Adesla, introvert lebih mendapatkan energi ketika menghabiskan waktu yang “intimate” dengan diri sendiri atau beberapa orang terdekat, biasanya hanya satu hingga tiga orang. Berbanding terbalik dengan ekstrovert yang mendapatkan energinya ketika bertemu banyak orang.

Sementara itu, penelitian yang dikutip dari PsychCentral menunjukkan bahwa interaksi sosial yang berlangsung lebih dari tiga jam dapat menyebabkan kelelahan, terutama bagi introvert yang mendapatkan energinya melalui waktu yang intimate.

Kelelahan sosial ini dapat ditandai dengan energi yang terkuras, merasa tidak berdaya, kesulitan tidur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Girls Beyond akan memberikan tips recharge energi untuk kamu, introvert yang sibuk bekerja dengan banyak orang. Simak sampai habis, ya!

Baca juga: 6 Ciri-ciri Introvert di Lingkungan Kerja, Wajib Perhatikan Hal Ini!

Apa itu Recharge Energi?

Sumber foto: Pexels

Recharge energi adalah istilah yang digunakan ketika seseorang berusaha untuk mengembalikan atau mengisi ulang energi fisik, mental, dan emosional mereka yang terkuras. 

Recharge energi introvert penting bagi kesejahteraan mereka yang cenderung merasa lelah setelah berinteraksi sosial atau berada dalam lingkungan yang ramai.

Hal ini melibatkan berbagai aktivitas yang membantu introvert lebih segar, rileks, dan siap untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. 

Bagi introvert, waktu sendirian bisa sangat menyegarkan dibandingkan bertemu banyak orang, yang seringkali membuat mereka merasa lelah, jengkel, dan tumpul sementara.

Sebagai seorang introvert, mempelajari cara recharge energi sangat penting untuk menjaga diri. Ini bukan sesuatu yang abnormal, melainkan sifat alamiah yang dimiliki oleh beberapa orang. 

Seorang introvert tidak bisa dinilai sebagai orang yang benci atau tidak bisa berbaur dengan banyak orang di tempat kerja. Mereka tetap bisa melakukannya, bahkan bisa tampil seolah mereka ekstrovert

Hanya saja, mereka mudah merasa lelah dan kehabisan energi, sehingga seringkali membutuhkan waktu untuk recharge energi setelah pulang ke rumah.

Baca juga: Pekerjaan Apa Saja yang Cocok untuk Introvert?

Tips Recharge Energi Introvert yang Sibuk Bekerja dengan Banyak Orang

Sebagai seorang introvert yang sering kehabisan energi di tempat kerja, berikut adalah tips recharge energi introvert yang bisa dilakukan!

Pergi ke Kafe yang Sepi dan Nyaman Sendirian

Recharge Energi Introvert pergi ke kafe
Sumber foto: Pexels

Carilah di internet mengenai kafe yang cenderung sepi dan nyaman untuk dikunjungi saat sendirian. Kafe yang sepi menawarkan suasana tenang yang ideal bagi introvert untuk beristirahat tanpa gangguan. 

Di kafe, introvert bisa melakukan berbagai aktivitas yang mereka sukai, seperti membaca buku, menulis, atau sekadar menikmati minuman favorit. 

Aktivitas recharge energi introvert ini dapat memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan, membantu mereka merasa lebih . 

Tak hanya itu, kafe juga seringkali menyediakan lingkungan yang nyaman dengan musik yang menenangkan dan desain interior yang menarik. Faktor-faktor ini dapat meningkatkan suasana hati dan membantu introvert merasa lebih baik.

Dating Yourself!

Recharge Energi Introvert dating yourself
Sumber foto: Pexels

Dating yourself, artinya menghabiskan waktu untuk “mengencani” diri sendiri. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri memungkinkan kaum introvert untuk mengelola emosi mereka dengan lebih baik.

Kamu dapat mengekspresikan diri secara bebas tanpa perlu menyesuaikan diri dengan orang lain, sehingga membantu kamu merasa lebih stabil secara emosional.

Terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan saat mengencani diri sendiri, seperti menonton film sendirian di bioskop, berjalan-jalan di alam, atau menikmati hidangan favorit di restoran yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Selain itu, recharge energi introvert seperti ini juga memberi kesempatan untuk mengeksplorasi hobi atau minat baru yang mungkin akan membawa dampak positif bagimu.

Bersembunyi di Toilet

Recharge Energi Introvert bersembunyi di toilet
Sumber foto: Pexels

Recharge energi introvert bisa juga dengan bersembunyi di toilet. Memang terdengar aneh, namun toilet salah satu tempat yang tenang karena hanya kita yang berada sendirian.

Di tempat kerja atau tempat umum lainnya, mungkin sulit bagi seseorang untuk menemukan waktu sendiri yang cukup, terutama bagi introvert yang membutuhkan waktu sendiri untuk mereset diri. 

Oleh karena itu, bersembunyi sejenak di toilet bisa menjadi kesempatan singkat untuk mendapatkan waktu sendiri untuk “bernapas” dan meredakan tekanan.

Dengan sedikit ketenangan dan kesendirian, kamu dapat merasa lebih rileks dan siap untuk menghadapi tantangan yang mungkin dihadapi berikutnya.

Namun, penting untuk memastikan bahwa toilet tersebut bersih dan nyaman. Metode ini terbukti sangat efektif terutama ketika kamu terpaksa menghabiskan waktu seharian di lingkungan yang ramai dan merasa sangat lelah.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Recharge Energi Introvert bermain dengan hewan
Sumber foto: Pexels

Hewan peliharaan seperti anjing atau kucing bisa menjadi teman yang setia dan bisa diandalkan untuk menemani introvert selagi sendirian. 

Aktivitas bersama hewan peliharaan, seperti bermain, mengelus, atau sekadar duduk bersama dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Dilansir dari Introvertdear, penelitian mengatakan ketika kita menjalin ikatan dengan hewan, maka ini dapat meningkatkan serotonin dan dopamin yang membuat kita merasa bahagia dan terhubung. 

Menurutnya, hewan itu intuitif, dan mereka (hewan) mungkin memahami bahwa ada peningkatan kecocokan dengan manusia introvert. 

Mirip dengan hewan, introvert juga memiliki sifat intuitif, setia, dan lembut. Kesamaan ini memungkinkan kita untuk menjalin ikatan dengan hewan pada tingkat yang lebih dalam.

Jika kamu tidak memiliki hewan peliharaan, berkunjung ke cat cafe atau dog cafe mungkin bisa menjadi ide yang menarik untuk recharge energi introvert.

Lakukan Meditasi secara Rutin

Recharge Energi Introvert meditasi
Sumber foto: Pexels

Jika keseharianmu melibatkan interaksi dengan banyak orang, bertemu dengan orang baru, atau sering berada di lingkungan yang ramai, seperti dalam profesi sebagai public relation, MC, sales, atau marketing communication, disarankan untuk menjadikan meditasi sebagai kebiasaan rutin.

Meditasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan pikiran melalui teknik mental dan fisik, yang bertujuan menjaga kesejahteraan secara keseluruhan. 

Melakukan meditasi secara teratur, terutama sebelum tidur, dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres yang mungkin timbul akibat kesibukan berinteraksi dengan banyak orang sepanjang hari.

Terlebih lagi, salah satu manfaat utama dari meditasi adalah meningkatkan kemampuan pikiran dan konsentrasi, sehingga dapat membuat seseorang lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Me Time Seharian di Rumah

Recharge Energi Introvert me time
Sumber foto: Pexels

Me time adalah momen penting untuk recharge energi introvert. Namun, masih banyak yang bingung dengan aktivitas “me time” ini, sehingga seringkali yang dilakukan hanyalah tidur atau menonton TV. 

Padahal, terdapat banyak aktivitas me time yang dapat dilakukan saat berada di rumah sepanjang hari. Beberapa di antaranya

  • Yoga.
  • Perawatan tubuh (masker wajah, scrub tubuh, atau gunakan minyak aromaterapi yang menyegarkan tubuh).
  • Melukis.
  • Menulis.
  • Membuat kerajinan tangan.
  • Mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Membuat jurnal untuk mencatat pikiran, perasaan, atau pengalaman.
  • Masak makanan favorit.
  • Membaca buku atau novel favorit.
  • Membersihkan kamar/menata ulang, membersihkan kebun, dan sebagainya.
  • Mengisi teka-teki silang.
  • Bermain puzzle

Refleksi di Salon Kecantikan

Recharge Energi Introvert refleksi di salon
Sumber foto: Pexels

Refleksi di salon kecantikan bisa menjadi cara yang efektif bagi introvert untuk recharge energi karena menawarkan pengalaman yang santai dan menenangkan. 

Di lingkungan salon, introvert dapat menikmati waktu untuk diri sendiri sambil menerima perawatan yang menyegarkan. Ada berbagai perawatan yang bisa dipilih, seperti pijat kepala, perawatan rambut, atau perawatan wajah. 

Tak hanya merupakan momen untuk me-recharge energi, namun refleksi diri di salon juga merupakan bentuk self-love yang dapat dilakukan untuk tubuh. Recharge energi introvert dengan refleksi seperti ini bisa meningkatkan rasa harga diri dan memberikan perasaan pencapaian yang positif.

Bertemu dengan Orang Terdekat

Recharge Energi Introvert bertemu dengan orang terdekat
Sumber foto: Pexels

Seperti yang telah dibilang sebelumnya bahwa recharge energi introvert juga dapat dilakukan dengan bertemu orang terdekatnya, yang biasanya tidak melibatkan lebih dari tiga orang.

Seorang introvert akan merasa aman dan nyaman ketika mereka bertemu dengan orang terdekatnya, ini bisa berupa sahabat atau pasangan. 

Introvert cenderung lebih memilih interaksi yang terfokus dan bermakna daripada interaksi yang luas, sehingga bertemu dengan orang-orang terdekat memungkinkan introvert berenergi dan merasa lebih bersemangat dalam menjalani keseharian. 

Berbeda dengan saat bertemu dengan orang yang baru dikenal atau tidak dekat, di hadapan orang-orang terdekat, kita mungkin merasa lebih diterima sepenuhnya tanpa perlu berpura-pura menjadi orang lain.

Itu dia beberapa tips recharge energi introvert bagi kamu yang sibuk bekerja dengan banyak orang. Temukan lebih banyak tips menarik lainnya seputar introvert di lingkungan kerja dengan berbagi di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Introvert Menurut Penelitian, Kenali Ciri-Cirinya!

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond