gagal menampilkan data

Article

[Lengkap] Beasiswa KIP Kuliah 2024: Syarat, Besaran Dana, dan Cara Daftar

Written by Adila Putri Anisya

Saat ini, kelas 12 mungkin tengah sibuk mencari perguruan tinggi atau bahkan sudah ada yang diterima namun memiliki kendala dalam finansial. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa lho mendaftar beasiswa KIP kuliah 2024.

Seraya dengan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Dalam mendukung tujuan tersebut, pemerintah telah mengimplementasikan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang memberikan bantuan finansial, termasuk biaya kuliah dan biaya hidup.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini, kamu dapat menemukan penjelasan yang lebih rinci dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: Info Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah 2024: Kapan Dibuka, Kriteria, dan Cara Daftarnya!

APA ITU BEASISWA KIP KULIAH 2024?

Beasiswa KIP Kuliah 2024 adalah program beasiswa yang ditujukan untuk siswa-siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. 

Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan yang adil kepada semua orang untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas di perguruan tinggi yang terakreditasi di Indonesia.

Program KIP Kuliah terdiri dari beberapa tahapan seleksi yang melibatkan penilaian kriteria akademik dan ekonomi. 

Penerima beasiswa akan mendapatkan manfaat berupa biaya pendidikan, biaya hidup, dan bantuan lainnya yang diperlukan untuk menyelesaikan studi mereka.

Baca juga: [Terbaru] Yuk, Cek 5+ Beasiswa Kuliah 2024 Dalam Negeri Ini Sebelum Tutup Pendaftaran!

SYARAT KIP KULIAH 2024

Agar pemerintah tidak salah sasaran dalam memberi bantuan KIP kepada calon mahasiswa, maka siswa yang bisa mendaftar dibatasi dengan syarat-syarat tertentu. 

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, berikut adalah syarat pendaftaran beasiswa KIP kuliah 2024:

  • Penerima KIP-Kuliah merupakan siswa SMA/sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
  • Memiliki potensi akademik baik, tetapi keterbatasan dalam ekonomi (harus didukung bukti dokumen yang sah).
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk PT Akademik atau PT Vokasi baik PTN/PTS yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah terakreditasi A/B atau C (dengan pertimbangan tertentu). Secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional PT. 

Keterbatasan ekonomi calon beasiswa KIP Kuliah 2024 dibuktikan dengan :

  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial seperti: bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), atau
  • Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (PPKE), atau
  • Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  • Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 4 kriteria di atas, maka dapat mendaftar KIP asalkan memenuhi syarat tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orangtua/wali paling banyak Rp4 juta/bulan atau dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750 ribu. Jika calon penerima dalam kategori ini wajib menggugah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Baca juga: 5 Pilihan Universitas di Korea Selatan yang Berikan Beasiswa Full untuk Jenjang S1-S3

APA SAJA BIAYA YANG DIBERIKAN KIP KULIAH?

Penerima beasiswa KIP kuliah 2024 secara keseluruhan berhak mendapatkan sejumlah biaya yang telah diatur dalam ketentuan Kemendikbud.

Pertama, penerima KIP kuliah tidak dikenakan biaya pada saat mendaftar KIP, sehingga apabila ada oknum yang memungut biaya pada calon pendaftar, sebaiknya melapor pada Helpdesk KIP Kuliah. 

Kedua, penerima KIP Kuliah diberi jaminan bahwa biaya pendidikannya sudah dibayarkan langsung ke Perguruan Tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi).

Ketiga, penerima KIP Kuliah berhak mendapatkan bantuan biaya hidup per bulan yang diberikan pada mahasiswa berdasarkan 5 klaster wilayah yang mengacu pada hasil survei Badan Pusat Statistik, dengan besaran Rp800 ribu, Rp950 ribu, Rp1,1 juta, Rp1,250 juta, Rp1,4 juta.

Baca juga: Beasiswa Indonesia Maju 2024: Jadwal, Syarat, Komponen Biaya & Alasan Harus Mendaftar

CARA DAFTAR KIP KULIAH 2024

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, berikut adalah prosedur pendaftaran beasiswa KIP kuliah 2024:

  • Lakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang diunduh melalui Google Play Store.
  • Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  • Lakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  • Jika proses validasi berhasil, siswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar.
  • Setelah selesai, siswa harus memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronisasi ini akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host. 
  • Calon penerima KIP Kuliah yang telah diterima di Perguruan Tinggi dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Cek 9 Program Beasiswa S2 di Dalam Negeri dan Luar Negeri, Sudah Tahu Belum?

JADWAL PENTING KIP KULIAH 2024

Bagi kamu yang sudah mendaftar atau ingin melakukan pendaftaran beasiswa Kuliah 2024, simak jadwal pentingnya di bawah ini:

Proses Seleksi Masuk SNBP

  • Registrasi Akun SNPMB Siswa : 8 Januari – 15 Februari 2024
  • Pendaftaran SNBP : 14 – 28 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP : 26 Maret 2024

Proses Seleksi Masuk UTBK-SNBT

  • Registrasi Akun SNPMB Siswa : 8 Januari – 15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 21 Maret – 5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 30 April dan 02 – 07 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT : 13 Juni 2024
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK : 17 Juni – 31 Juli 2024

Proses KIP Kuliah Merdeka

  • Registrasi/Pendaftaran Akun KIP-K* : 12 Februari – 31 Oktober 2024
  • Seleksi KIP-K di Perguruan Tinggi : 1 Juli – 31 Oktober 2024
  • Penetapan Penerima Baru : 1 Juli – 31 Oktober 2024

Untuk panduan atau informasi lebih lanjut kamu dapat klik pdf ini, atau kunjungi Instagram official KIP Kuliah di @kipkuliah agar mendapatkan informasi lebih up-to-date!

Cari teman untuk diskusi bareng seputar beasiswa KIP Kuliah 2024? Join Girls Beyond Circle sekarang!

Baca juga: Berikut 5 Cara Membuat CV untuk Beasiswa yang Benar [Panduan & Contohnya]

Sumber foto: Detikcom

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond