gagal menampilkan data

Article

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024

Written by Rayya Adila Sakinah

Thrifting buku di Jakarta bisa jadi alternatif yang pas untuk habiskan akhir pekan bersama teman atau pasangan. Berbagai koleksi buku-buku bekas bisa kamu temukan disana dan beberapa toko berani memberikan penawaran dengan harga yang miring. Jadi, tak perlu takut menghabiskan banyak uang untuk thrift buku.

Jika, membeli buku baru kita perlu merogoh kocek dalam-dalam, sehingga hunting buku bekas bisa menjadi sebuah alternatif yang pas untuk mendapatkan buku incaran dengan harga miring. Beberapa toko buku bekas di Jakarta menyediakan berbagai pilihan buku second hand yang dalam kondisi baik dan masih terawat.

Beberapa tempat beli buku bekas yang ada di Jakarta, ada yang tempatnya strategi dekat pusat kuliner juga, sehingga cocok untuk kamu yang mau menghabiskan akhir pekan bersama teman atau pasangan. Berikut 5 rekomendasi tempat thrifting buku terlengkap di Jakarta:

5 Rekomendasi Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 

​​

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024
Sumber Foto: Pexels

Jika kamu ingin membeli buku dengan harga murah, toko buku bekas bisa menjadi solusi yang tepat untuk menemukan buku incaran dengan harga miring. 

Walaupun sudah bekas, kondisi dan tampilan buku-buku yang dijual di tempat buku bekas masih layak, kok! Asal, kamu pintar-pintar dalam memilih buku bekasnya karena bisa saja menemukan hidden gem di sana. 

Berikut adalah beberapa tempat beli buku bekas terlengkap yang bisa kamu temukan di Jakarta.

Pasar Buku Kwitang

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024 - Pasar Buku Kwitang
Sumber foto: Antara

Tempat thrifting buku paling populer sepanjang masa adalah Pasar Buku Kwitang, apalagi ada salah satu adegan Rangga dan Cinta di film ‘Ada Apa dengan Cinta?’ di pasar buku tersebut.

Pasar buku bekas ini sudah ada sejak 1980-an. Koleksi yang ditawarkan juga beragam dan ada percetakan buku juga di sana. Harga di sini sangat ramah di kantor pelajar, sehingga kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah buku. 

Namun, hati-hati dalam memilih buku disini, karena ada beberapa penjual buku bekas yang menjual buku bajakan. Jadi lebih baik bekas tapi asli, meski kondisinya sudah sedikit lecek.

Meski penjual buku bekas murah di Kwitang tak sebanyak dulu, tetapi tetap seru belanja di sini karena dekat juga dengan pusat kuliner, seperti Sentra Kuliner Nasi Kapau Kramat Raya. 

Blok M Square

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024 - Blok M Square
Sumber Foto: Blok M Square

Jika mengunjungi Blok M Square, kamu bisa coba ke lantai dasarnya karena ada pasar buku bekas di Jakarta yang cukup populer di kalangan pecinta buku.

Bahkan beberapa penjual disana merupakan pindahan dari toko buku bekas Kwitang yang sempat direlokasi oleh pemerintah DKI Jakarta pada tahun 2007-2008.

Koleksi buku hingga majalah lamanya juga lengkap. Hunting buku langka di sini bisa menjadi pengalaman seru untukmu karena penjual bukunya ramah-ramah dan terdapat beragam pilihan kafe maupun food street disekitarnya.

Kelar hunting buku bekas, kamu juga bisa mengunjungi M Bloc maupun mencoba kuliner gulai tikungan (gultik) yang berada di dekat SMA 6 Bulungan, Jakarta. Sudah siap thrift buku akhir pekan ini?

Toko Buku Bekas Ampera

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024 - Toko Buku Bekas Ampera
Sumber Foto: Pexels

Toko buku bekas satu ini terletak di Grogol, Jakarta Barat. Tempat buku ini beroperasi sejak pukul 07.30 hingga 17.00. Beragam pilihan buku bekas dengan berbagai genre dan harga miring bisa kamu temukan di sini. 

Bagi kamu yang sedang sibuk, tenang saja! Toko buku ini juga menyediakan layanan online sehingga tak perlu datang ke toko dan buku incaranmu siap diantar kerumah. Oleh karena itu, bisa menjadi sebuah alternatif yang pas banget buat kamu thrifting buku sambil nonton drakor, nih!

Sarang Buku Bekas

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024 - Sarang Buku Bekas
Sumber Foto: Lokal Guides Connect

Sarang Buku Bekas bisa menjadi alternatif yang pas buat kamu thrifting buku di akhir pekan ini. Toko buku bekas ini berada di dalam Plaza Festival Kuningan, Jakarta. Walau tokonya cukup kecil tetapi pilihan bukunya juga beragam, lho!

Toko buku ini juga nyaman untuk tempat hunting buku bekas karena berada dalam lingkungan Plaza Festival dan penataan bukunya juga rapi jadi mudah untuk menemukan buku favorit.

Harganya juga cukup relatif, tergantung kondisi bukunya dan kelangkaannya. Cocok buat kamu yang ingin mencari buku bekas dalam kondisi terawat.

Wisata Buku Pasar Kenari

5 Pilihan Tempat Thrifting Buku Terlengkap di Jakarta 2024 - Wisata Buku Pasar Kenari
Sumber Foto: Twitter/@KKusumawardani

Pasar buku bekas di Jakarta tak semuanya berkios sempit dan panas. Wisata Buku Pasar Kenari bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu yang malas berpanas-panasan.

Lokasinya ada di lantai tiga Pasar Kenari, sejumlah pedagang sebelumnya bergadang di Kwitang dan Pasar Senen. Mereka pindah ke Pasar Kenari lantaran kios sebelumnya tidak berizin dan menjadi korban kebakaran Pasar Senen tahun 2027.

Sejak 2019, kios buku di sini tertata dengan rapi dan ber-AC, salah satunya Jakbook yang koleksi bukunya tertata layaknya toko buku modern. 

Harga-harga buku bekas disini sangat terjangkau dan tempatnya bersih serta nyaman. Jadi, bikin betah thrifting buku lama-lama disini. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat hunting buku bekas yang patut kamu kunjungi saat akhir pekan mendatang. 

Baca juga: 5+ Tips Memilih Baju Thrift Berkualitas dan Layak Pakai, Wajib Tahu!

Ingin cari tahu lebih lanjut tentang informasi seru thrifting? Yuk, buruan gabung ke Girls Beyond Circle!

Sumber Foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond