gagal menampilkan data

Article

Gak Cuma Cari Kerja, Ada 7+ Pilihan Rencana Setelah Lulus Kuliah

Written by Adila Putri Anisya

Setelah lulus kuliah, kebanyakan dari mahasiswa merencanakan untuk mencari kerja sebagai langkah berikutnya. Ini dianggap sebagai standar yang umumnya diambil setelah menyelesaikan studi. Padahal, ada lho berbagai rencana setelah lulus selain mencari pekerjaan!

Normalnya, kita memang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita guna keberlangsungan hidup. Tetapi, bagi kamu yang memiliki rencana lain setelah lulus, tentu tidak masalah! Setiap orang berhak memilih jalannya sendiri selama itu positif dan tidak merugikan orang lain.

Nah, bagi kamu yang akan segera lulus kuliah dan berada dalam ambang kebingungan apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah, ada beberapa rencana setelah lulus kuliah yang patut dipertimbangkan!

Baca juga: Pekerjaan Paling Enak dengan Tingkat Stres Rendah dan Gaji Sepadan, Ini Daftarnya!

Traveling

Rencana Setelah Lulus Kuliah traveling
Sumber foto: Pexels

Jika kamu memiliki cukup budget untuk traveling, tidak ada salahnya mengambil rencana setelah lulus kuliah ini sebagai “hadiah” telah menyelesaikan kuliah.

Traveling dapat memberikan pengalaman baru dan pelajaran yang berharga yang mungkin tidak bisa didapatkan selama berkuliah. 

Melalui traveling, seseorang dapat belajar tentang budaya, sejarah, dan kehidupan sehari-hari di tempat-tempat yang berbeda.

Jika kamu masih bingung tentang passion atau minatmu, traveling bisa membantumu menemukan hal tersebut, lho! Ini juga bisa menjadi momen untuk recharge energi dari masa studi yang melelahkan setelah menyusun skripsi dan sidang.

Melarikan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menikmati keindahan alam atau budaya baru dapat membantu menyegarkan pikiran dan tubuh. Hal ini dapat sangat berguna bagi kamu yang berencana untuk mencari pekerjaan atau terlibat dalam kegiatan produktif lainnya.

Saat ini, sedang musim solo traveling ke berbagai negara dalam waktu beberapa bulan. Atau, jika kamu masih takut bepergian sendirian, kamu bisa merencanakannya bersama teman atau keluarga.

Baca juga: 7 Macam Pekerjaan Hobi Traveling yang Menjanjikan, Liburan Setiap Hari!

Mendalami Hobi yang Berpotensi Menjadi ‘Cuan’

Rencana Setelah Lulus Kuliah mendalami hobi
Sumber foto: Pexels

Rencana setelah lulus kuliah yang sangat menyenangkan adalah dengan mendalami hobi. Di dunia ini, terdapat banyak hobi yang bisa kamu gali, dan jika mungkin, pilihlah hobi yang berpotensi menghasilkan cuan.

Contohnya, jika kamu tertarik pada fotografi, coba eksplorasi berbagai objek menarik dengan kamera, kemudian gunakan hasil karya tersebut untuk membangun portofolio dan membuka jasa fotografi. 

Jika kamu memiliki minat dalam dunia makeup, pertimbangkan untuk mengikuti kursus makeup yang memberikan sertifikasi, atau jika kamu piawai bermain piano, pertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai guru piano.

Bekerja sesuai dengan hobi akan memberikan pengalaman yang sangat memuaskan, di mana kamu akan merasa bahwa pekerjaan itu bukanlah beban.

Sementara, banyak orang di luar sana mungkin terjebak dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat mereka. Memanfaatkan hobi untuk menghasilkan uang bisa menjadi keberuntungan yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

Gap Year Sebelum Melanjutkan Pendidikan

Rencana Setelah Lulus Kuliah gap year
Sumber foto: Pexels

Jika kamu merencanakan untuk melanjutkan pendidikan S2 setelah menyelesaikan S1, atau ingin langsung bekerja, mengambil gap year bisa menjadi opsi rencana setelah lulus kuliah yang dipertimbangkan.

Gap year, atau tahun jeda, merupakan istilah yang menggambarkan periode waktu di antara menyelesaikan satu tingkat pendidikan dan memulai tingkat berikutnya atau memasuki dunia kerja. Biasanya, gap year berlangsung selama satu tahun. 

Beberapa orang memilih untuk melakukannya sebagai kesempatan untuk mengambil jeda dari tekanan akademis, meremajakan diri, dan mengembalikan energi sebelum melanjutkan ke tahap pendidikan atau karier berikutnya. 

Selama gap year, ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan, baik istirahat, healing, hingga terlibat dalam kegiatan produktif untuk mempersiapkan diri untuk langkah berikutnya.

Melanjutkan Sekolah Pascasarjana

Rencana Setelah Lulus Kuliah lanjut pascasarjana
Sumber foto: Pexels

Melanjutkan pascasarjana (S2), memberikan kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi tambahan seperti gelar master, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan kualifikasi seseorang dalam bidang tertentu.

Memilih rencana setelah lulus dengan mengambil pascasarjana dapat membuka pintu untuk peluang karier yang lebih baik dan tanggung jawab yang lebih besar.

Program pendidikan ini umumnya lebih terfokus pada bidang tertentu, yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Hal ini dapat menjadi sebuah aset berharga dalam membangun karier di bidang yang spesifik. 

Jika memiliki rencana untuk bekerja setelah lulus S2, gelar magister ini seringkali dikaitkan dengan gaji lebih besar dan peluang karier yang lebih baik. 

Menurut banyak studi, seseorang dengan gelar pascasarjana cenderung mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya memiliki gelar sarjana.

Baca juga: 5 Keunggulan Kuliah S2 Dalam Berkarier, Bisa Tingkatkan Gaji?

Cari Kegiatan Magang

Rencana Setelah Lulus Kuliah cari magang
Sumber foto: Pexels

Magang adalah rencana setelah lulus kuliah yang seringkali dilakukan oleh fresh graduate. Salah satu tujuannya adalah menjelajahi berbagai bidang karier sebelum mereka membuat keputusan tentang karier mereka.

Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami minat dan keahlian dengan lebih baik serta menemukan jalur karier yang sesuai.

Selain itu, magang seringkali merupakan jalan masuk untuk mendapatkan pekerjaan full-time di perusahaan tempat mereka magang.

Banyak perusahaan menggunakan program magang sebagai cara untuk merekrut bakat baru dan mempekerjakan karyawan yang telah beradaptasi dengan budaya dan tuntutan perusahaan.

Dengan demikian, mencari magang setelah lulus adalah langkah yang masuk akal bagi banyak mahasiswa karena memberikan manfaat yang berharga dalam persiapan untuk karier profesional mereka.

Ikut Volunteer atau Organisasi Eksternal

Rencana Setelah Lulus Kuliah ikut volunteer
Sumber foto: Pexels

Ingin memperluas jaringan sebelum memasuki dunia kerja? Cobalah untuk bergabung dalam kegiatan volunteer atau organisasi eksternal

Terlibat dalam kegiatan positif semacam ini, dapat memberikanmu pengalaman di luar lingkup akademis yang sangat berharga.

Kegiatan volunteer seringkali melibatkan partisipasi dalam proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat, begitu juga organisasi, ini dapat membantu kamu menambah pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan.

Salah satu rencana setelah lulus kuliah ini, memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan baru, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu.

Keterampilan-keterampilan seperti itulah yang sebenarnya dicari dan dapat bermanfaat dalam dunia profesional. 

Selain itu, kegiatan ini juga memungkinkan kamu untuk dapat menemukan peluang karier yang menarik atau bahkan membangun hubungan dengan orang-orang hebat yang bisa membantumu dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Ikut Bootcamp dan Kelas Online

Rencana Setelah Lulus Kuliah bootcamp
Sumber foto: Pexels

Jika rencana setelah lulus kuliahmu adalah bekerja, namun kamu mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai, mengikuti bootcamp atau kelas online mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk mempersiapkan dirimu.

Namun, bootcamp biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga penting untuk mempersiapkan keuanganmu dengan matang sebelum mendaftar. 

Meski mengikuti bootcamp atau kelas online berbayar, hal ini sebenarnya dapat dianggap sebagai investasi yang berpotensi membuka jalan bagi kesuksesan kariermu di masa depan.

Sertifikasi dari bootcamp atau kelas online dapat meningkatkan kredibilitasmu di mata calon pemberi kerja. Ini karena peserta bootcamp umumnya telah diajarkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan profesi tertentu.

Dengan demikian, meskipun tanpa pengalaman kerja praktis sebelumnya, mereka dianggap siap untuk terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang sesuai.

Membuka Bisnis Sesuai Minat

Rencana Setelah Lulus Kuliah buka bisnis
Sumber foto: Pexels

Kamu merasa memiliki passion dalam berbisnis? Jangan biarkan keinginan tersebut hanya menjadi impian belaka. Di usia produktif ini, sangat cocok bagi kita untuk membangun bisnis sendiri.

Membangun bisnis sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja dengan fleksibel. Kapan lagi setelah lulus langsung jadi ‘bos’? Membuka bisnis sendiri, artinya kamulah seorang bosnya!

Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan minat atau sedang tren di masyarakat. Penting untuk tetap konsisten dan tidak mudah menyerah dalam mengembangkan bisnis. 

Jika ingin sukses, perluas pengetahuanmu tentang dunia bisnis melalui seminar, belajar online, atau berinteraksi dengan para profesional yang berpengalaman.

Dengan membangun bisnis secara konsisten dan terencana, hasil kerjamu akan memberikan dampak yang baik. 

Banyak contoh sukses dari orang-orang muda yang telah meraih kesuksesan dalam dunia bisnis, dan kamu pun bisa menjadi salah satunya.

Dari kedelapan rencana setelah lulus kuliah di atas, adakah yang ingin kamu tekuni? Yuk, diskusikan dengan teman-teman di Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Cara Mengenal Diri Sendiri untuk Memahami Potensimu

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond